7 Kuliner Singapore Yang Wajib Dicoba!

Rate this post

Kuliner Singapore favorit kalian yang mana? Meskipun jenis makanan yang ada di Singapore tidak sebanyak Indonesia, tetapi wisata kuliner di negara singa ini tetap wajib di coba! Apalagi untuk yang sudah bosan dengan wisata belanja atau tempat wisata di Singapura yang lainnya. Yang jelas, berburu kuliner Singapura merupakan salah satu aktifitas utama ketika traveling ke negara ini.

Makanya mencoba Kuliner Singapore juga saya rekomendasikan untuk para traveler dengan budget terbatas atau traveler dengan model backpacker. Dengan mayoritas penduduk dari etnis chinese, india, dan melayu, tentunya makanan yang ada di singapore bermacam – macam dong? Nah! Inilah 7 kuliner singapore yang pernah saya coba, selama trip di Singapore.

Biar tau, apakah makanan negara tetangga itu sama enaknya dengan makanan Indonesia. Apakah kuliner khas Singapura itu juga enak kayak makanan di Indonesia. Kan kalau enggak mencobanya sendiri gak bakalan tahu ya rasanya seperti apa? Siapin aja budget khusus untuk berburu kuliner khas Singapura ya!

Yuk, cobain 7 Kuliner Singapore yang ini ^^
Yuk, cobain 7 Kuliner Singapore yang ini ^^

Mari Memanjakan Mulut Dengan Kuliner Singapore, Ketika Traveling Di Negeri Singa

Nah, siap-siap! Beberapa kuliner khas Singapura ini akan bikin air liur menetes, dan perut jadi super lapar! Sementara baru ada beberapa saja kuliner khas Singapura yang sempat saya coba. Namun kalau nanti ada kesempatan liburan ke Singapura lagi, saya pasti bakalan mencoba lebih banyak lagi makanan enak di Singapura!

Cek aja dulu yang udah ada disini ya~

1. Mi Laksa, Makanan Enak Favorit Saya Di Singapura!

Mie Laksa, kuliner Singapore yang aslinya berasal dari Malaysia
Mie Laksa, kuliner Singapore yang aslinya berasal dari Malaysia

Dengan logat Malaysia-nya, ibu yang menjual Mi Laksa di woodland center bilang kalau mi yang satu ini juga di sebut mi kuning. Makanan yang satu ini sebenarnya juga banyak terdapat di Indonesia, cuma kuliner Singapore yang memiliki nama keren Mi Laksa atau Mee Laksa ini populer di Malaysia dan Singapore.

Mi Laksa yang saya coba ini, bahan utamanya adalah Mi dengan campuran aneka seafood dan tahu goreng yang telah dicelupkan kedalam kuah kental berwarna sedikit oranye. Nah, yang paling enak dari Mi Laksa ini adalah kuah kentalnya yang begitu berbumbu. Mi Laksa yang dijual di food court Woodlands Center ini adalah pertama yang saya coba, dari sekian banyak variasinya.

(Baca Juga : 14 Kuliner Unik Penang Yang Bikin Saya Mupeng!)

2. Sup Bebola Ikan, Mirip Bakso, Tapi Dari Ikan

Sup Bebola Ikan, bakso ala Singapore
Sup Bebola Ikan, bakso ala Singapore

Sekilas bentuknya mirip dengan bakso yang dengan mudah bisa ditemukan di Indonesia, tetapi setelah saya mencoba memakannya, rasanya berbeda. Sudah jelas sih, kalau dilihat dari namanya saja, makanan yang aslinya berasal dari Malaysia ini berbahan dasar ikan, bukan daging seperti bakso. Meskipun bulatan – bulatan putih Sup Bebola Ikan ini mengingatkan saya pada bakso favorit saya yang ada di kota Malang.

(Baca Juga : Kuliner Yogyakarta Yang Enak Ini Bikin Saya Pengen Kesana Lagi! Dan… Lagi!)

3. Mi Hot Pot, Penyajiannya Unik Sih!

Mi Hot Pot, penyajiannya unik, seporsi bikin perut kenyang
Mi Hot Pot, kuliner Singapore dengan penyajiannya unik, seporsinya bisa bikin perut kenyang

Saya tertarik dengan Mi Hot Pot karena penyajiannya yang unik, dasarnya adalah mi yang mirip dengan indomie goreng (tetapi lebih enak) dan semangkuk besar kuah yang berisi aneka macam seafood, yang dibawahnya ada api kecil menyala untuk menjaga kuah Mi Hot Pot tetap panas.

Mi Hot Pot enak dimakan selagi masih panas, dan porsinya yang begitu banyak, sesuai dengan harganya yaitu 4 SGD satu porsinya. Lagi – lagi saya menemukan makanan ini di food court Woodlands Center yang berada di dekat perbatasan Singapore – Malaysia.

4. Thosai, Asalnya Dari India ni!

Thosai, si makanan unik asli India
Thosai, si makanan unik asli India

Nama aslinya adalah Dosa, entah kenapa di Singapore namanya menjadi Thosai (dari menu penjualnya). Kuliner Singapore yang satu ini aslinya berasal dari India, variasinya juga banyak sekali. Kebetulan Thosai (Dosa) yang saya coba adalah Masala Thosai (Masala Dosa). Makanan ini terdiri dari roti ala India yang penuh dengan karbohidrat, dimakan dengan kuah berbumbu, yang penuh rempah – rempah.

Saya tidak tahu apa bahan dari bumbu tadi, yang jelas rasanya enak sekali, apalagi buat yang suka dengan masakan berbumbu. Untuk Masala Thosai, didalamnya terdapat tambahan berupa Masala, yaitu kentang rebus yang sudah tercampur bumbu dan bawang. Hemm, kuliner Singapore yang satu ini memang lezat!

5. Nasi Lemak, Kuliner Singapura Asalnya Dari Negara Tetangga!

Nasi Lemak paling pas untuk sarapan pagi
Nasi Lemak paling pas untuk sarapan pagi

Aslinya berasal dari Malaysia, tetapi karena di Singapore juga terdapat banyak etnis melayu, Nasi Lemak juga menjadi kuliner Singapore yang wajib coba! Karena dapat ditemukan dengan mudah, dan harganya tergolong murah. Kalau sudah pernah makan Nasi Uduk, Nasi Lemak rasanya mirip seperti itu, hanya saja nasi ini sedikit lebih berasa dari pada Nasi Uduk. Biasanya disajikan untuk sarapan pagi dengan lauk berupa Ayam, telor dan sambal.

(Baca Juga : Get Lost in Singapore and see this!)

6. Ice Kacang, Kuliner Singapura Yang Pas Untuk Siang Hari

Ice Kacang, es serut dengan bermacam - maca topping
Ice Kacang, es serut dengan bermacam – maca topping

Makanan pencuci mulut yang satu ini aslinya dari Malaysia, tetapi banyak juga ditemukan di Singapore. Ice Kacang awalnya hanya berupa es serut yang ditaburi dengan kacang merah, tetapi pada perkembangannya campuran yang ada pada Ice Kacang semakin banyak dan rame. Rasanya kuliner Singapura ini sangat nano-nano!

Bahan campuran yang umum untuk es ini adalah kacang, buah kabung, cendol, cincau, jagung, sirup dan es krim seperti yang saya coba ketika sedang berburu kuliner Singapore kemarin. Ice kacang sangat pas untuk dinikmati ketika cuaca sedang panas – panasnya, atau setelah seharian berkeliling Singapore.

7. Ice Cream Sandwich, Kuliner Singapura Favorit Setuap Orang!

Ice Cream Sandwich ala pedagang kaki lima Singapore
Ice Cream Sandwich ala pedagang kaki lima Singapore

Ice Cream Sandwich yang satu ini bukan code name dari device android lho, tetapi es krim yang penyajiannya seperti sandwich dan banyak dijual oleh pedagang kaki lima di beberapa bagian di Singapore. Selama ini  Ice Cream Sandwich hanya dapat saya temukan di Singapore saja (raffles place, orchard, dll)  jadi mungkin juga kalau es ini bisa disebut sebagai kuliner khas Singapore.

Selain pilihan rasanya bermacam – macam, harganya juga cuma 1 SGD, saja. Ice Cream Sandwich enak untuk dimakan sambil berkeliling taman yang ada di Singapore. Apalagi suhu udara di Singapura itu sering panas banget. Seporsi es krim khas Singapura ini bakalan bisa bikin suasana lebih adem. Jalan-jalan pun makin asik!

***

Nah! Bagaimana? dari 7 Kuliner Singapore yang ada diatas, mana saja yang sudah pernah dicoba? Sebagian besar makanan yang ada diatas, bisa ditemukan di food court yang ada di Woodland Center lho! Lokasinya dekat dengan Woodlands Chekpoint, atau dekat dengan perbatasan Malaysia. Selamat berburu Kuliner Singapore!

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
18 Responses
  1. Ice Cream Sandwich mudah dicari di mana2 terutama di kawasan turis yg ramai.

    Kalo laksa yang enak n terkenal coba kunjungi kedai 328 Katong Laksa yang berada di East Coast Road. Saking terkenalnya, Gordon Ramsay aja pernah datang kemari demi belajar cara masak laksa ala Peranakan.

    Dan Nasi Lemak termurah ada di MRT station Aljunied, namanya Ananas. Palingan cuma dibandrol dengan harga sekitar $SGD2 – 3.

    1. Rijal Fahmi Mohamadi

      iya sih si ICS emang gampang ditemuin, nah kalau kedai 328 Katong Laksa ini emang pengen banget nyoba kemarin, cuma gak nemu deh lokasinya =,=. kalau nasi lemak sih emang murah ye hahaa :D

    1. Rijal Fahmi

      iya, indonesia sih udah pasti enak :D tapi lumayan kalau pengen cobain masakan yang ada di negara lain semacam masakan khas di perbatasan singapore – malaysia ini :)

    1. Rijal Fahmi

      itu semua bisa ditemuin di woodland center, dekat perbatasan singapore malaysia. tinggal naik MRT ke woodland center, terus jalan kaki sedikit sampai kok :)

  2. Manwor

    Baru nyobain yg mie laksaa ama nasi lemak aja…
    Ternyata nasi lemak rasanya ok banget…
    Pas pertama kali dengar, agak gimana gitu, “lemak”? takut badan jadi berlemak dan melar hihi..

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: