Liburan Ke Belitung Jangan Nanggung! Kalau Kangen Tanggung Sendiri Akibatnya!

Kayaknya sudah hampir setahun lalu, saya terakhir kali jalan jalan ke Belitung. Waktu itu kalau nggak salah, saya sedang ada tiket nganggur dari sebuah maskapai untuk dua orang. Sayang dong kalau dianggurin begitu aja? Jadilah saya menggunakannnya untuk pergi liburan ke Belitung! Sudah lama banget saya ingin pergi liburan ke Belitung!

Asiknya nih, saya bisa terbang kemana saja, asal maskapai tersebut punya rutenya. Niat awal sebenarnya saya pengen pergi ke Kupang. Namun entah kenapa, daya tarik Belitung ini jauh lebih kuat, hingga saya memutuskan untuk memilih pergi kesana. Nah buat yang juga ingin liburan ke Belitung, bisa cek disini.

Mungkin karena saya cuma bisa pergi Sabtu-Minggu, saya akhirnya lebih memilih untuk pergi ke Belitung. Percaya atau enggak, Belitung ini seperti out of the radar para traveler sebagai salah satu destinasi liburan yang weekend-only-able. Selain itu saya juga penasaran dengan Belitung, akibat gaungnya yang begitu nyaring di novel dan film Laskar Pelangi.

Belitung itu panas luar biasa! Tetapi seru buat dijelajahi~
Belitung itu panas luar biasa! Tetapi seru buat dijelajahi~

Padahal, saya nggak pernah nonton filmnya sih. Cuma tahu lagunya, baca novelnya sedikit, sama pernah denger kalau Ahok pernah jadi bupati Belitung Timur. Pun, setelah dari Belitung, saya kemudian menemukan, kalau nggak perlu banyak alasan untuk segera terbang ke Belitung.

Saya ingat, waktu itu sedang bulan puasa. Otomatis, saya traveling sambil tetap puasa. Nggak ada masalah, puasa dan traveling bisa jalan bareng kok, Asal kuat aja ya! Bulan puasa pertama saya di Sydney, saya juga tetep traveling. Yang ringan-ringan aja sih, cuma trekking 4 jam di Wentworth Pass. Nah, kalau cuma liburan weekend ke Belitung waktu puasa, nggak bakal bermasalah deh.

Entah kenapa, setelah kemarin kangen sama Jakarta, kok tiba-tiba saya terbesit pengen ke Belitung lagi. Mungkin, saya kangen sama belitung karena ini ya?

1. Saya Kangen Serunya Naik Sepeda Motor Keliling Belitung

Wake up lets ex.... puanaaas tak iye Belitung ituu! Untung kagak sampe batal puasa!
Wake up lets ex…. puanaaas tak iye Belitung ituu! Untung kagak sampe batal puasa!

Selain Indonesia bagian timur, seperti Bali dan Lombok, Belitung ini adalah salah satu pulau favorit saya untuk berkendara dengan sepeda motor. Pertama, jalannya halus bin mulus. Kedua, jalanannya sepi pake banget. Surga buat penyuka touring seperti saya deh pokoknya. Makanya saya selalu seneng traveling ke Belitung!

Saya ingat, begitu menikmati kilometer demi kilometer perjalanan menuju Museum Kata Andrea Hirata, sambil sesekali saya berhenti untuk berfoto di tengah jalan. Waktu itu, Belitung panasnya minta ampun, saya pun tak bisa minum karena sedang puasa.

Tetapi, yah, pengalaman naik sepeda motor di Belitung itu sangat menyenangkan. Sampai-sampai, saya kepengen balik lagi liburan ke Belitung, cuma buat keliling pulau naik sepeda motor. Mungkin, setelah saya menyelesaikan petualangan saya di Australia ya :)

2. Cobain Kuliner Belitung Sampai Kenyang!

Suer, Kuliner Belitung ini sebenarnya yang paling bikin kangen kesana lagi~
Suer, Kuliner Belitung ini sebenarnya yang paling bikin kangen kesana lagi~

Liburan pas puasa bukan berarti nggak bisa cobain kuliner Belitung ya. Apalagi kuliner Belitung itu enak tiada duanya. Strateginya begini, siang puasin keliling ke banyak tempat wisata di Belitung, lalu menjelang maghrib tiba harus sampai lagi di pusat kota Tanjung Pandan. Iya, soalnya banyak kuliner enak Belitung itu berada si sekitar kota Tanjung Pandan.

Sebut saja salah satu kuliner Belitung yang rasanya masih tergiang di lidah sampai sekarang, Mie Atep. Atau, Berbuka puasa dengan menu senampan di Rumah Makan Belitung Timpo Duluk. Malamnya baru deh ngopi sambil santai di Warung Kopi Ake.

Untuk sahur sih, nggak perlu bingung. Karena di hotel tempat saya menginap menyediakan sahur, dengan menu kuliner lokal~~ Kalau masalah kuliner, Belitung ini top abis deh! Duh, inget traveling di Belitung itu rasanya jadi pengen booking tiket SYD – CGK – TJQ deh :( *beliin dong*

3. Liburan Ke Belitung Itu Bisa Santai Seru Di Pantai Tanjung Kelayang

Tanjung Kelayang bikin saya melayang~ haus sih soalnya~ :p
Tanjung Kelayang bikin saya melayang~ haus sih soalnya~ :p

Waktu Liburan Ke Belitung, saya sampai datang ke Pantai Tanjung Kelayang dua kali masak! Alasannya sih, karena saya belum tahu persis lokasi pantai ini. Sementara keesokan harinya saya harus datang pagi ke pantai ini untuk island hoping. Jadinya, hari pertama ketika baru sampai di Belitung, saya langsung ke pantai ini.

Pantai Tanjung Kelayang itu pantai dengan pasir putih halus yang membentang ratusan meter. Mungkin nggak sepanjang bibir Pantai Kuta, tetapi paling enggak pantai ini bisa bikin capek kalau jalan dari ujung ke ujung. Apalagi untuk saya yang lagi puasa waktu itu. Di salah satu sudut pantai terdapat bebatuan raksasa yang memang menjadi ikon beberapa pantai yang ada di belitung.

O iya, Pantai Tanjung Kelayang ini lumayan sepi dan asik buat gelar kain pantai, lalu tiduran sambil ngabuburit. Mungkin karena orang lebih tertarik buat island hoping, daripada nyantai di Pantai Tanjung Kelayang. Jadinya, daripada bersantai menghabiskan waktu disini, lebih banyak yang memanfaatkannya sebagai tempat transit untuk berangkat Island Hoping di Belitung.

4. Liburan Ke Belitung Jangan Lewatkan Sensasi Ngopi Ala Orang Lokal Di Warung Kopi Ake

Tuh liat sendiri, asik banget kan ngopi di Belitung itu? Makanya pengen liburan ke Belitung lagi~~
Tuh liat sendiri, asik banget kan ngopi di Belitung itu? Makanya pengen liburan ke Belitung lagi~~
Cuma sempet cobain ngopi di satu tempat sajaa~ T_T
Cuma sempet cobain ngopi di satu tempat sajaa~ T_T
Segelas kopi di Belitung yang daku rindukan~
Segelas kopi di Belitung yang daku rindukan~

Ke Belitung enggak ngopi itu rugi. Pun, kalau nggak suka kopi, minimal ngerasain suasana ngopi di Belitung deh. Kemarin, saya sebenarnya berencana untuk cobain beberapa tempat ngopi asik di Belitung. Tetapi ternyata saya hanya sempat ngopi di satu tempat saja, yaitu di Warung Kopi Ake. Sedih sih, tetapi mungkin ini berarti pertanda saya harus balik lagi ke Belitung buat cobain tempat ngopi yang lain di Belitung.

5. Susur Jejak Literasi Di Museum Andrea Hirata

Saya memang kurang begitu paham dengan sastra, tetapi ngelihat deretan karya ini rasanya kok luar biasa ya?
Saya memang kurang begitu paham dengan sastra, tetapi ngelihat deretan karya ini rasanya kok luar biasa ya?

Sumpah, saya nggak pernah nonton film Laskar Pelangi. Baca novelnya pun cuma sedikit. Itu juga karena dipinjemin sama temen. Cuma, saya kok juga tetap penasaran, karena dulu sering mendengar nama Laskar Pelangi. Selain itu, yang saya tahu di Museum Andrea Hirata inilah dipertunjukkan beberapa karya Andrea Hirata.

Untuk penyuka sastra, main ke Museum Andrea Hirata itu akan menyenangkan sekali. Saya aja yang nggak begitu paham sama sastra bisa cukup menikmati. Tapi entah kenapa, museum ini tampak sepi. Apa mungkin lokasinya berada di Belitung Timur ya? Kemarin saya perlu berkendara sekitar 2 jam perjalanan terlebih dahulu, sebelum akhirnya sampai di Museum Andrea Hirata. Capek, tapi rasa penasaran saya terbayarkan!

6. Cari Foto Ala IG Di Danau Kaolin Belitung

Jadi apakah sebenarnya rahasia dari danau ini... jeng jeng! Mau tahu? Nongkrong terus di travel blog ini! *lebay*
Jadi apakah sebenarnya rahasia dari danau ini… jeng jeng! Mau tahu? Nongkrong terus di travel blog ini! *lebay*

Lokasi Danau Kaolin Belitung ini nggak begitu jauh dari hotel tempat saya menginap di Belitung. Jadi, sayang banget kalau nggak mampir. Tujuan utama main ke Danau Kaolin Belitung ini sih ya cuma buat hunting foto buat Instagram. Yes, saking instagram-geniknya, ada banyak orang yang liburan ke Belitung karna pengen foto disini!

Habis dapet foto buat instagram, ya cus pergi! Ngapain lagi coba? Panas banget soalnya disini! Mau renang di danau, mana berani! Warnanya biru aneh gitu~ Saya kemarin juga sengaja datang agak pagi biar cahayanya cukup buat hunting foto. Sayangnya saya belum sempat datang ketika menjelang sunset nih. Jadi, nanti saya pasti balik lagi ke Belitung buat datang ke Danau Kaolin ketika sore hari deh~ *niaaat!*

7. Island Hoping Ke Pulau Kecil Di Sekitar Belitung

Masih mikir... siapa sih yang iseng naroh batu disini coba?
Masih mikir… siapa sih yang iseng naroh batu disini coba?

Island Hoping di Belitung kayaknya pasti jadi itinerary wajib ketika liburan di Belitung ya? Iya sih, liburan ke Belitung itu memang terkenal di island hopingnya ini. Saya pun nggak ketinggalan ikutan Island hoping ini kemarin. Tentu saja, selfie di Pulau Lengkuas dan main-main ke Pulau Gosong yang ada disana sudah saya cek list.

Sayang, saya nggak sempat cobain serunya makan siang plus minum kelapa muda waktu island hoping. Soalnya saya kan lagi puasa ya~ Mungkin konyol, tetapi itu yang menjadi salah satu alasan kuat saya buat mengulang lagi island hoping ketika liburan ke Belitung selanjutnya! :D

***

Jadi, meskipun sebenarnya Belitung itu adalah destinasi liburan yang cocok buat mas-mas atau mbak-mbak kantoran yang cuma punya waktu libur sabtu minggu. Tetap saja loh, dua hari liburan di Belitung itu pasti kurang baget. Makanya, kalau ada kesempatan lagi, saya pengen ke Belitung lagi saya pasti mampir. Yah, paling enggak 4-5 harian deh di Belitung!

Yang Banyak Dicari

  • tips jalan jalan ke belitung
  • tips jalan ke Belitung
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!
32 Responses
  1. mawi wijna

    Sayang Belitung air terjunnya dikit. :D Tapi emang Belitung tempatnya enak. Mungkin harus 1 bulan lebih supaya puas keliling-keliling dan meresapi kehidupan warga Belitung. Walaupun ya di Belitung agak susah ke mana-mana klo nggak bisa naik sepeda motor dan nggak punya uang buat nyewa orang yang nganter-nganter, hahaha. :D Eh, kayaknya di Belitung juga nggak ada ojek ya?

  2. point satu dan tujuh itu klop banget ya bang?
    dan kayaknya.. untuk tahun depan, (setelah tahun ini harus dan wajib ke pulau banyak) saya harus planning ke sana :D
    ada tips dan trik wisata murah di sana bang?

  3. aku jg masih takjub ama jalanan di belitung yg luar biasa sepi :D.. sampe2 pas outing kantor thn lalu, bis kita bisa2nya berhenti di tengah jalan hanya supaya kita bisa foto2 di dalam bis tanpa goyang ;p… itu saking sepinya jalanana.. kalo di jkt, berhenti hny utk foto gitu mah udh dihajar massa kali ;p

    aku planningnya next mw bawa keluarga ke bangka mas.. tetangganya ;).. penasaran jg ama bangka, dan bnyk yg bilang makanannya enak2 di sana :D..

  4. Wah aku belom pernah ke Belitung! Padahal tinggalnya di Jambi, harusnya deket. Tapi kalo mau kesana agak ribet wkwkwk.

    Liburan Idul Fitri ini enak kali yaaaa. Lumayan libur seminggu.

    Btw motor disana di sewain kah? Ada tmp penyewaan recommended ga? Hehe.

      1. Soalnya jalur nya ga ada yang langsung hehe. Mesti ke palembang dulu, terus dari palembang naik kapal gitu. Atau ke jakarta dulu, terus dari sana naik pesawat. Hehehe

  5. Ceisardo

    Bang , Bikin pengen Fix in jalan ke belitung deh .. baru ada wacana tahun ini atau tahun depan backpacker kesana . Kira kira budget habis berapa akomodasi buat liburan 3 hari disana kalau dari jakarta ..

  6. edi haryanto

    Info ; dari jambi bisa ke belitung naik Garuda transit di palembang dan perjalanan dilanjutkan dengan pesawat yang sama transit di pangkal pinang kurang lebih 15 sampai 20 menit perjalanan dilanjutkan ke belitung. terimaksih semoga bermanfaat

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: