7 Hal Asik Yang Bisa Dilakukan Di Asakusa

7 Hal Asik Yang Bisa Dilakukan Di Asakusa, Tokyo

Asakusa adalah salah satu nama tempat di Jepang yang sering saya dengar, bahkan lama sebelum saya menginjakkan kaki ke Jepang untuk pertama kali. Yang paling sering saya dengar tentang Asakusa sih Kuil Sensoji dan Gerbang Kaminarimon yang merupakan tempat paling populer.

Memang Asakusa ini salah satu tempat wisata populer di Tokyo sih. Sepertinya siapapun pasti mampir kesini kalau lagi liburan ke Jepang. Terakhir saya pegi ke Jepang karena menang lomba nulis dari H.I.S Travel, juga mampir ke Asakusa. Bahkan saya menginap di Hotel yang berada di sekitar Asakusa.

Lokasinya memang cukup strategis untuk menginap. Selain itu biasanya ada banyak turis (banyak juga dari Indonesia) yang sengaja mengunjungi Asakusa untuk berbelanja. Apalagi kemarin saya berkunjung kesini ketika musim liburan. Rame banget euy!

7 Hal Asik Yang Bisa Dilakukan Di Asakusa
7 Hal Asik Yang Bisa Dilakukan Di Asakusa

Tapi sebenarnya ada apa saja sih di Asakusa kok bisa populer gitu? Sebenarnya ada banyak, namun kalau kalian liburan ke Jepang (terutama untuk yang pertama kali) dan ingin mengunjungi Asakusa, paling tidak kalian harus mampir atau mengunjungi beberapa tempat ini.

1. Berkunjung Ke Kuil Sensoji

Ada orang yang berkunjung ke Kuil Sensoji untuk beribadah, atau memang karena penasaran ingin tahu
Ada orang yang berkunjung ke Kuil Sensoji untuk beribadah, atau memang karena penasaran ingin tahu

Ini adalah salah satu tempat wisata paling populer dan ramai di Asakusa. Kuil Sensoji (浅 草 寺, Sensōji) ini adalah sebuah kuil Budha yang juga dikenal sebagai Kuil Asakusa karena lokasinya. Biasanya ada beberapa orang berkunjung ke kuil ini untuk beribadah. Namun ada banyak juga orang yang berkunjung ke Kuil Sensoji karena penasaran atau sekedar ingin berfoto seperti saya.

Kuil ini dibangun pada abad keenam, yang membuat Kuil Sensoji menjadi salah satu kuil tertua di Tokyo. Pun begitu, bangunan kuil masih tampak kokoh, dan tak terlihat sebagai bangunan yang terlah berumur ratusan tahun. Jadi kalau kalian lagi liburan ke Tokyo, jangan sampai gak mampir kesini.

2. Belanja Di Nakamise Dori

Nakamise Dori ini selalu penuh sesak dengan orang yang berbelanja oleh-oleh
Nakamise Dori ini selalu penuh sesak dengan orang yang berbelanja oleh-oleh

Biasanya saya selalu menghindari pusat perbelanjaan yang ramai. Namun kalau lagi di Asakusa sepertinya saya tak bisa menghindarinya. Soalnya kalau mau ke Kuil Sensoji biasanya pasti melewati Nakamise Dori, atau Jalan Nakamise. Nakamise Dori ini bisa dibilang merupakan salah satu tempat berbelanja oleh-oleh di Asakusa.

Nakamise Dori ini membentang sepanjang sekitar 250 meter dari Kaminarimon hingga sampai Kuil Sensoji. Di sepanjang Nakamise Dori ini tersebar puluhan toko, yang menawarkan kuliner khas setempat dan berbagai macam souvenir seperti kimono, yukata dan pernak-pernik lainnya.

Makanya kalau mau main kesini, siapkan segepok uang YEN untuk kalian habiskan. Terakhir saya berkunjung kesini adalah musim semi, dan dengan mudah menemukan orang Indonesia disini. Memang ya, orang Indonesia itu sepertinya hobi belanja oleh-oleh, dimanapun, di negara apapun. Eh, saya juga dong, meski nggak banyak! Hehee~ :)

3. Berfoto Di depan Kaminarimon

Mendapatkan foto bagus Kaminarimon ini susah banget, karena selalu rame
Mendapatkan foto bagus Kaminarimon ini susah banget, karena selalu rame

Saking populernya, sulit untuk mendapatkan foto bagus di Kaminarimon ini. Saya sudah pernah kesini di tahun 2013, namun setelah pulang ternyata saya kurang puas dengan hasil fotonya. Tentu harus dikunjungi ulang dong biar dapat foto bagus.

Pada siang hari Kaminarimon ini ramee, dan penuh orang. Makanya lumayan susah untuk mendapatkan foto bagus. Akhirnya pada kunjungan kedua saya datang malam hari agar suasananya lebih sepi. Akhirnya, saya mendapatkan foto yang sesuai keinginan saya.

4. Piknik Di Sumida Park

Piknik di Taman Sumida ini asik lho, apalagi pas musim semi!
Piknik di Taman Sumida ini asik lho, apalagi pas musim semi!

Diantara yang lainnya, Sumida Park atau Taman Sumida inilah tempat favorit saya di Asakusa. Terutama kalau lagi musim semi, dan bunga Sakura sedang mekar, makin cakep deh taman ini! Malah bisa dibilang, kalau ingin menikmati Sakura di Tokyo, Taman Sumida ini adalah salah satu yang direkomedasikan untuk dikunjungi.

Saya beruntung bisa melihat pertunjukan Kyudo atau olahraga pahanah tradisional Jepang
Saya beruntung bisa melihat pertunjukan Kyudo atau olahraga pahanah tradisional Jepang

Terus kalau sedang beruntung, biasanya ada acara gratis yang bisa ditonton di Sumida Park. Terakhir kesini, saya beruntung bisa menikmati pertunjukan Kyudo, atau olah raga panahan tradisional Jepang. Kalaupun sedang tidak ada acara, biasanya banyak masyarakat sekitar yang memanfaatkan Taman Sumida untuk piknik.

5. Naik Jinrikisha Becak Khas Jepang

Naik Jinrikisha Becak Khas Jepang
Naik Jinrikisha Becak Khas Jepang

Kalau di Indonesia becak itu dikayuh dari belakang, namun Jinrikisha atau becak khas jepang ini berbeda. Untuk menjalankannya transportasi ini ditarik dari depan dengan tenaga manusia. Namun itulah yang menjadikan Jinrikisha ini unik dan direkomendasikan untuk dicoba ketika di Asakusa.

Tapi siapin budget yang lumayan ya, paling murah 3000-an yen untuk berkeliling selama beberapa menit di sekitar Asakusa. Jinrikisha ini cocok banget buat kalian yang males jalan kaki, tetapi ingin berkeliling Asakusa sambil menikmati beberapa lansekap utama disana seperti Tokyo Skytree dan Kuil Sensoji.

6. Mengagumi Kemegahan Skytree Tower

Mengagumi kemegahan Tokyo Skytree, paling asik melihatnya di malam hari
Mengagumi kemegahan Tokyo Skytree, paling asik melihatnya di malam hari

Selain berfoto dengan Tokyo Tower, kalian tidak boleh melewatkan untuk berfoto dengan latar Tokyo Skytree. Soalnya Tokyo Skytree ini bisa dibilang salah satu landmark penting di Tokyo. Dengan berfoto disini paling enggak bisa bilang “I was here, at Asakusa” gitu

Menara setinggi 634 meter ini pernah disebut sebagai New Tokyo Tower, pun akhirnya orang lebih mengenalnya sebagai Tokyo Skytree. Lokasinya bisa diakses dengan mudah dari Asakusa, dengan berjalan kaki. Bisa juga naik ke atas Tokyo Skytree. Untuk tiket paling murah adalah seharga 2060 YEN! Tertarik?

7. Jalan Kaki Berkeliling Asakusa!

Jalan kaki keliling Asakusa sambil berburu foto itu menyenangkan lho
Jalan kaki keliling Asakusa sambil berburu foto itu menyenangkan lho

Ketika traveling, saya memang lebih suka jalan kaki sambil menikmati suatu tempat dengan perlahan. Buat saya, Asakusa adalah salah satu tempat yang tepat untuk berkeliling dengan jalan kaki. Selain memang lebih menyenangkan untuk berburu foto, saya bisa dengan mudah untuk berhenti dan mencoba kuliner khas Jepang yang banyak di jual di Asakusa.

About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!
25 Responses
  1. Must have visit sepertinya. Mas Rijal, dari Haneda ke Asakusa any suggest naik apa? Rencana sih mau cari penginapan sekitar Asakusa aja pas di Tokyo. Satu lagi, untuk 7 days trip, do you suggest to buy JR pass? Krn rencana sih pgn ke Kyoto dan Osaka juga, plus pesawat balik juga dr Haneda. Terima kasih :)

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: