7 Aplikasi Android Yang Harus Dimiliki Geek Traveler Seperti Saya :D

Saya memang traveler yang memaksimalkan fungsi gadget ketika sedang traveling. Weits~ Bukan cuma buat nge-game saja, tapi buat keperluan lainnya. Malah kadang saytraveling dengan membawa kerjaan T_T. Tetapi enggak apa, yang penting dapur tetap ngebul, pembiayaan untuk jalan – jalan ada terus! Iya kan? :D.

Apalagi, di era digital seperti ini yang namanya gadget harus dimanfaatkan dengan baik untuk mendukung pekerjaan, bukan cuma untuk sekedar selfie sana sini :p. Smartphone sendiri adalah gadget yang harus banget dibawa ketika seorang geek seperti saya jalan – jalan. *sebenarnya bukan cuma geek saja yang biasa bawa sih*.

Beli smartphone juga enggak perlu yang mahal, paling penting adalah bisa memenuhi kebutuhan selama travling. FYI, smartphone saya harganya enggak lebih dari dua juta :D.  Yang penting si smartphone bisa menjalankan semua aplikasi yang saya perlukan ketika traveling. Pun, saya masih ingin smartphone idaman saya seperti Sony Experia Z1 atau Z2. Hiks…. Ada yang mau endorse saya Sony Experia Z1 atau  Sony Experia Z2? *ngarep abiss* Sudah, lupakan curcol tentang smartphone idaman saya… Ini dia 7 Aplikasi Yang Harus Dimiliki Geek Traveler Seperti Saya :D

1. Gmail (Google Mail)

Google Mail, membaca email dari mana saja :)
Google Mail, membaca email dari mana saja :)

Gmail adalah applikasi yang paling sering membuat saya bahagia. Lho? Kok bisa? Gmail kan cuma aplikasi untuk membaca email saja kan masnya? Enggak lebih dari itu. Iya, Gmail memang cuma aplikasi pembaca email dari Google yang banyak digunakan orang. Nah, yang bikin seneng itu kalau ada email masuk dengan subjek Kerjasama, Tawaran Kerjasama, Collaboration”.

Heheee, email seperti itu harus secepat kilat direspon! Yang namanya rejeki kan gak boleh ditolak. Jadi, ada yang mau ngajakin saya kerjasama? Bisa kirim langsung kirim tawaran kerjasama ke email catperku(at)gmail.com yak! Pasti saya respon secepatnya :D

2. Google Drive

Aplikasi Yang Harus Dimiliki Geek Traveler, Google Drive!
Aplikasi Yang Harus Dimiliki Geek Traveler, Google Drive!

Google Drive adalah fasilitas penyimpanan online gratis dari Google, dengan kapasitas 15 GB. Enaknya lagi, si Google Drive ini bisa diakses dari komputer juga smartphone apapun, asal ada applikasi Google Drive nya :D. Nah, apa hubungannya si Google Drive ini dengan traveling ya??

Jadi begini, saya ini orangnya parnoan sama yang namanya backup. Saya sering menggunakan yang namanya Google Drive ini untuk mem-backup dokument penting yang berkaitan dengan traveling. Seperti misalnya hasil scan passport, tiket pesawat, hingga bukti booking hotel. Semuanya tinggal saya kategorikan, dan kemudian saya gampang mencari untuk digunakan lagi nantinya.

Apalagi biasanya yang namanya tiket promo itu harus booking beberapa bulan sebelumnya kan? Harus pintar menyimpannya! Terus, memakai Google Drive juga berarti go paperless dan tidak ada lagi pertanyaan “Dimana saya menaruh tiket ke bla bla bla ya?”.

3. Maps (Google Maps)

Google Maps, aplikasi peta gratisan yang akurat dari Google
Google Maps, aplikasi peta gratisan yang akurat dari Google

Google Maps adalah applikasi anti nyasar dari google…. Untuk yang bisa baca peta ya :P :P. Kalau enggak bisa baca peta ya nasib~ Buruan cari jodoh yang bisa baca peta deh! Hehee! Menurut saya, ini adalah aplikasi peta gratisan yang paling akurat. Saya sering menggunakan applikasi ini untuk mencari rute ketika road trip. Baik ketika sedang melintasi kota, ataupun di pedesaan sekalipun.

Sayangnya, ada kelemahan besar dari aplikasi Google Maps ini. Ketika sinyal memburuk, dan koneksi data terputus… siap – siap saja bengong lalu nyasar. Karena peta yang diperlihatkan oleh aplikasi Google Maps langsung di download secara realtime dari server google.

4. Maps With Me

Maps With Me sebagai pelengkap Google Maps sangat membantu ketika sinyal menghilang...
Maps With Me sebagai pelengkap Google Maps sangat membantu ketika sinyal menghilang…

Ini sebenarnya juga aplikasi peta seperti Google Maps. Namun akurasi petanya masih jauh jika dibandingkan dengan Google Maps. Pun, Maps With Me adalah aplikasi yang melengkapi si Google Maps, dan wajib di install di smartphone. Alasan utama saya memakai aplikasi ini adalah karena peta bisa di download terlebih dahulu, untuk bisa dilihat kapanpun selama smartphone masih menyala.

Koneksi data dan sinyal yang buruk tidak berpengaruh, karena peta sudah di unduh sebelumnya. Berdasarkan pengalaman saya backpacking ke jepang selama 13 hari pada tahun 2013 lalu, aplikasi Maps With Me ini cukup bisa diandalkan untuk menemukan lokasi suatu tempat.

5. WordPress For Android

Blogging dimanapun, kapanpun dengan WordPress For Android
Blogging dimanapun, kapanpun dengan WordPress For Android

Yak! WordPress adalah applikasi wajib yang harus dimiliki travel blogger yang menggunakan platform wordpress. Baik wordpress self hosted (punya server sendiri), atau yang masih numpang di wordpress.com. Karena dengan applikasi ini saya bisa blogging live! Ngeblog langsung dari manapun saya berada! Pun, aslinya saya cuma beberapa kali pernah live blogging ketika traveling.

Alasannya sih, karena ngetik pake smartphone itu capek, dan enggak terlalu nyaman~~ Beda jauh jika dibandingkan ngetik dengan keyboard seperti biasa :D. Akhirnya, saya malah sering menggunakan aplikasi ini untuk membalas komentar di travel blog catperku. Iya, jadi siapapun yang komentar di travel blog catperku, pasti saya balas! Dimanapun, kapanpun asal masih ada sinyal dan koneksi data. Heheee! Nah, silahkan berkomentar di tulisan yang kalian suka :D

6. Hootsuite

Hootsuite, untuk pengguna twitter yang serius :)
Hootsuite, untuk pengguna twitter yang serius :)

Saya menyebutnya… “Yet another powerfull twitter client for serious twitter user”. Iya, hootsuite adalah twitter client, aplikasi untuk cuap – cuap di social media yang kalian pasti tahu semua; Twitter! Yang saya suka dari applikasi ini adalah fasilitas penjadwalan-nya, dimana saya bisa mengatur kapan tweet bisa dipublish. Soalnya kadang saya mendapat kerjaan nge-buzzer. Jadi aplikasi ini bisa mempermudah saya nge-tweet meski saya sedang traveling di area yang enggak ada sinyal dan koneksi data sekalipun :) Kasih saya kerjaan nge-buzzer lagi dong? xixixi :D

7. Google Keep

Ide cemerlang, apapun yang penting selama traveling tidak akan terlupa dengan Google Keep.
Ide cemerlang, apapun yang penting selama traveling tidak akan terlupa dengan Google Keep.

Google Keep adalah aplikasi sederhana, tapi sangat berguna. Terutama untuk geek traveler impulsif seperti saya. Dengan aplikasi ini saya bisa mencatat apapun yang saat itu muncul di kepala saya. Dengan aplikasi ini, saya bisa menyimpan banyak ide bagus untuk kemudian saya tulis di travel blog catperku :D.

Singkatnya, Google Keep berfungsi sebaga buku catatan biasa, namun dalam bentuk digital. Nah, setelah membaca tulisan ini, kira – kira aplikasi apa saja yang terinstall di smartphone kalian sekarang? Tentunya yang sering digunakan ketika kalian traveling dong! Boleh deh dibagi dengan berkomentar di tulisan ini :)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

  • aplikasi yang harus dimiliki android
  • aplikasi android untuk traveler
  • apk untuk membuat video traveling
  • aplikasi android untuk ketemu para traveler
  • aplikasi penting untuk traveling
About the author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

13 Responses
        1. Rijal Fahmi Mohamadi

          buat nyimpen foto reminder, sesuatu yang unik atau informatif dijalan hehee *males nyatet selama smartphone masih nyala*

  1. Nah kok ya bisa saya ga ad WordPress for Qndroid hehe.. install ah.. biar ga nunggu mood yang bisa jadi berminggu-minggu kemudian.. dan foto-foto pun sulit dilacak

    pengalaman banget nih :(

    mulai sekarng harus serius.. terakhir, trip ke Bangka dan mampir ke banyak pantai dan kuliner, smua difoto. Namun krn pake hardisk orng store fotonya sampe skrg lum sempat ambil. Lama-lama ingatan pudar :D :D dan belum satupun yang ke-post di blog hiks hiks..

  2. Ika mola

    Seruuuuu banget baca catper, wish ur dream come true maseee!!!
    Kalo mau backpackeran ajak2 dung maseee…biar bisa berbagi crita serunyaaaa…klo ada trip rame rame asoy geboy backpackerannnn pleaseee contact mee yeahhhhh..thanks a lotsssssa masee…

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: