Kuliner Yogyakarta Yang Enak Ini Bikin Saya Pengen Kesana Lagi! Dan… Lagi!

Ada banyak banget destinasi Yogyakarta yang bisa bikin saya kangen, seperti Candi Ijo dengan pemandangannya yang menakjubkan, Berseluncur di Gumuk Pasir Parangkusumo, hingga meresapi kebudayaan Jawa di Museum Ullen Sentalu. Iya, Yogyakarta ini memang kota yang ngangenin, padahal tidak berapa lama sebelumnya saya baru saja berlibur, berburu Kuliner Yogyakarta sekaligus melepas kangen dengan kota ini.

Iya, itulah faktanya, kota ini NGANGENIN!

Apalagi Kuliner Yogyakarta itu rasanya tidak ada duanya. Pun ada beberapa kuliner yang tersedia di luar Yogyakarta, tetapi rasanya akan berbeda kalau memakannya langsung sambil berlibur di kota ini. Apalagi hampir sebagian besar kuliner yang bisa ditemukan di Yogyakarta ini harganya relatif lebih murah. Atau mungkin ini juga salah satu faktor yang membuat rasanya lebih enak?

Entahlah, tetapi kalau buat saya, berlibur ke Yogyakarta tanpa berburu kuliner yang ini rasanya pastilah kurang. Buat saya, mencicipi 5 kuliner Yogyakarta ini berarti sebagian misi menjelajah Yogyakarta secara utuh sebagian sudah terpenuhi.

1. Ayam Geprek Super Pedas!

Ayam Geprek Bu Rum, pake 15 cabe!

Ayam Geprek Bu Rum, pake 15 cabe!

Saya kira cuma Kota Bandung yang banyak menu makanan kreatifnya, ternyata Yogyakarta juga tidak kalah. Ayam Goreng krispy yang biasa ditemui bisa disulap menjadi makanan enak dan unik disini. Namanya lebih dikenal dengan ayam geprek, pun wujudnya mirip dengan ayam goreng tepung pada umumnya.

Bedanya, Ayam Geprek ini adalah ayam goreng tepung yang digeprek atau ditumbuk dengan “ulekan”. Ayam goreng tepung yang baru saja digoreng dan masih panas tadi ditumbuk dengan cabe hingga dagingnya terkoyak. Ayam juga digeprek dengan cabe yang jumlahnya bisa ditentukan oleh pembeli. Pembeli yang doyan pedas seperti saya minimal harus minta cabe 15 biji, kalau mau lebih ekstrim lagi bisa lebih dari itu. Tapi ingat, kalau perut sakit tanggung sendiri.

Ayam Geprek ini membuatnya dengan diulek langsung seperti ini.

Ayam Geprek ini membuatnya dengan diulek langsung seperti ini.

Di Yogyakarta, saya mencoba Ayam Geprek yang katanya paling fenomenal dan terkenal. Namanya Ayam Geprek Bu Rum yang berlokasi di dekat UIN Sunan Kali Jaga. Kebetulan saya baru saja dari Museum Affandi, jadi sekalian karena lokasinya dekat. Meski agak bingung bagaimana prosedur pembeliannya, ternyata seharusnya saya mengambil 2 piring. Satu piring untuk nasi dan sayur, piring satunya untuk ayam yang digeprek. Jadi setelah mengambil sayur dan nasi saya harus antri ke orang yang sedang menggoreng ayam sambil menyodorkan piring.

“Kres – kres” Tidak berapa lama Ayam Geprek cabe 15 biji pesanan saya siap, dan segera bisa disantap. Ayam Geprek burum ini selalu rame dikunjungi oleh mahasiswa. Tidak heran sih, selain enak dan lokasinya dekat kampus, harganya pun ramah untuk kantong mahasiswa. Saya sendiri kemarin hanya membayar kurang dari 30 ribu untuk dua orang yang doyan makan.

Lokasi :

Ayam Geprek Bu Rum (Peta
Jalan Wulung Lor, Desa Papringan
Depok
Daerah Istimewa Yogyakarta
Jam Buka : 7:00 am – 9:00 pm

2. Jajanan Pasar Yang Menggoda

Jajanan pasar adalah salah satu Kuliner Yogyakarta yang enak dan selalu bikin kangen.

Jajanan pasar adalah salah satu Kuliner Yogyakarta yang enak dan selalu bikin kangen.

Saya suka sekali dengan yang namanya jajanan pasar karena banyak mewarnai masa kecil saya. Ketika masih kecil, saya memang suka minta dibelikan yang namanya cenil, lopis dan jenang ketika ibu atau nenek sedang ke pasar. Sekarang, ketika saya lebih banyak menghabiskan waktu di kota besar, kesempatan bertemu dengan jajanan pasar jarang ada.

Nah, Yogyakarta sebagai salah satu pusat kebudayaan Jawa, adalah tempat yang paling gampang untuk menemukan yang namanya Jajanan Pasar. Bahkan kadang sedang iseng jalan – jalan di malioboro pun saya bisa menemukannya. Namun, karena saya menginap di daerah Prawirotaman II yang ada pasar tradisionalnya, saya bisa menemukan Jajanan Pasar dengan mudah. Seperti biasa, saya langsung kalap membeli cenil, lopis yang disiram dengan gula merah cair.

Lokasi :

Jl. Gerilya (Peta)
Mergangsan
Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55153

3. Bakmi Doring Suryowijayan

Ternyata Bakmi Doring ini sesuai reputasinya, enak sekali.

Ternyata Bakmi Doring ini sesuai reputasinya, enak sekali.

“Saya heran, kenapa sampai sekarang warung bakmi yang satu ini masih dikenal dengan Bakmi Doring” Kata pak Parwoto supir yang mengantarkan saya selama liburan di Yogyakarta. Benar juga pikir saya, padahal kata “Doring” dari Bakmi Doring adalah akronim dari “Tendo Miring” atau tenda miring. Kenyataannya ketika saya berkunjung kesana, Bakmi Doring berjualan di sebuah rumah berdinding batu bata yang kokoh.

Pun untuk urusan perut, saya tidak terlalu mempermasalahkan itu asal enak saya enggak masalah! Memang banyak orang yang merekomendasikan untuk mencoba bakmi goreng Jawa khas Bakmi Doring Suryowijayan. Setelah mencobanya langsung, saya mengamininya. Memang Bakmi Doring ini adalah kuliner Yogyakarta yang enak dan wajib banget dicoba siapapun yang sedang liburan di Yogyakarta.

Untuk minumnya, jangan lupa pesan Wedang Uwuh ya!

Untuk minumnya, jangan lupa pesan Wedang Uwuh ya!

Meski harganya cukup diatas rata – rata untuk ukuran Yogyakarta, namun masih tergolong murah, masih dibawah 20 ribu per porsi. Mungkin karena pengunjung Bakmi Doring Suryowijayan ini rata-rata adalah wisatawan ya? Waktu saya mencoba makan disana kemarin juga melihat banyak pengunjung yang ber-mobil. O iya, jangan lupa juga coba wedang uwuhnya ya, enak sekali! Paduan serai, secang, jahe dan rempah lainnya lezat dan cocok untuk menghangatkan badan, memberi semangat untuk menjelajah kota Yogyakarta lebih lanjut.

Lokasi :
Jl Suryowijayan No. 348 (peta)
Gedongkiwo
Yogyakarta
Daerah Istimewa Yogyakarta

4. Gudeg Yu Djum

Sebelumnya saya tidak pernah ambil pusing kalau ingin makan gudeg di Yogyakarta. Saya percaya, dimanapun asal di Yogyakarta, gudegnya pasti enak. Bahkan saking terkenalnya kuliner Yogyakarta yang satu ini, Gudeg dijadikan salah satu nama panggilan untuk Yogyakarta.

Gudeg adalah Kuliner Yogyakarta yang enggak boleh terlewatkan kalau berkunjung kesana.

Gudeg adalah Kuliner Yogyakarta yang enggak boleh terlewatkan kalau berkunjung kesana.

Salah satu yang banyak direkomendasikan adalah Gudeg Yu Djum yang menjual gudeg kering yang disajikan dengan areh kental beserta krecek dan lauk. Lauknya sendiri bisa dipilih sesuai selera seperti telur rebus yang telah dibumbu manis, tempe, tahu, suwiran daging ayam, ati ampela hinga potongan daging ayam utuh. Harga per porsinya sediri dibawah IDR 30.000, tergantung lauk yang dipilih.

Pusatnya sendiri ada di Jalan Kaliurang KM 4 dekat Universitas Gajah Mada. Namun cabangnya ada banyak sekali, seperti yang ada di Jalan Wijilan, Adi Sucipto hingga beberapa jalan lain. Namun selain tiga jalan yang saya sebutkan tadi, saya tidak tahu apakah itu Gudeg Yu Djum yang asli atau bukan. Namun sekali lagi, dimanapun Gudeg Yogyakarta itu pasti selalu enak kok!

Lokasi :
Jl. Kaliurang Km 4.5 No.22 (peta)
Karangasem Mbarek CT III
Kec. Sleman
Daerah Istimewa Yogyakarta

5. Mangut Lele

Lele adalah salah satu sumber protein hewani yang sudah umum dan banyak dikenal masyarakat Indonesia. Varian masakannya pun bermacam – macam, mulai dari hanya sekedar digoreng, dibuat pecel lele, hingga yang menurut saya unik adalah yang dinamakan “Mangut Lele”.

Mangut lele ini enak sekali, kuah santan yang kental dan lelenya yang gurih.. hmmm!

Mangut lele ini enak sekali, kuah santan yang kental dan lelenya yang gurih.. hmmm!

Mangut Lele adalah salah satu Kuliner Yogyakarta yang enak menurut saya. Memang ketika kecil dulu saya sudah sudah sering makan lele yang dimasak dengan kuah santan yang pedas. Entah dimasakin ibu saya atau beli di warung dekat rumah. Namun, baru beberapa waktu lalu saya tahu nama masakan Lele berkuah tadi adalah Mangut Lele.

Untuk yang mau mencoba salah satu Kuliner Yogyakarta yang enak dan unik ini bisa mencarinya dengan mudah disana. Beberapa kali saya melihat warung yang menyediakan Mangut Lele dalam menunya. Entah ada dimana Mangut Lele yang paling enak, itu masih menjadi peer saya untuk mencari. Kebetulan saya kemarin mencoba makan mangut lele di Warung Heru yang ada di Prawirotaman I.

Tuh kan bener! Kuliner Yogyakarta yang enak itu ada banyak sekali! Lima yang saya tuliskan ini hanya mewakili beberapa dari sekian banyak. Makanya kalau liburan ke Yogyakarta jangan cuma satu atau dua hari. Minimal lima hari sampai seminggu! Lalu siapin beberapa hari khusus untuk berburu kuliner di Yogyakarta! Jangan lupa ajak – ajak ya kalau mau berburu kuliner disana!

Ps: Berlibur di Yogyakarta akan lebih effisien jika menginap di hotel yang berlokasi strategis, nyaman, dan pelayanannya ramah seperti di Hotel Gallery Prawirotaman. Berlokasi di derah Prawirotaman, banyak tempat menarik, kuliner enak dan pusat perbelanjaan berada dekat dengan Hotel Gallery Prawirotaman. Untuk mendapatkan diskon tambahan, pemesanan kamar bisa dilakukan disini.

***

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

56 Responses

  1. Vika says:

    Cuma ada daerah di Indonesia yang selalu bikin pengen kembali dan feel hommy: Aceh dan Yogya… :)

  2. Vika says:

    Hanya ada 2 kota yang selalu bikin pengen kembali dan selallu feel hommy.. Banda Aceh dan Yogyakarta… :)

  3. gunadi firdaus says:

    Gudeg Jogja memang enak. bukan enak ding.. UUUeeeeennaaaaakkkkkk Buaaannggeeettt..hehe. Ke Jogja ngak makan Gudeg mah ngak sah. Tapi mangut lele itu yang saya baru denger. harus dicoba kalo ke Jogja lagi. Thanks infonya mas Rijal.

  4. Ayam Geprek itu mirip Ayam Gepuk yang penah saya makan cuma bedanya gak terlalu pedas.

    Wedang uwuh itu terlihat kayak minuman tempo doeloe sekali yah, yang zamannya belum ada minuman bubu, Rasanya itu kayak apa yah?

    Bolehlah berburu kuliner seperti kalau datang lagi ke Jogja.

  5. Beby says:

    Aku kangen oseng-oseng mercoooon.. Apalagi makannya di malam minggu.. Pedesnya nampooool :’

  6. Gara says:

    Air liur saya terbit melihat ayam goreng tepung itu dikeprek dengan banyak cabe, soalnya saya suka banget dengan makanan pedas :hihi. Dan saya baru tahu juga kalau mangut itu adalah metode memasak sedemikian, Mas. Wah, ini sepertinya wangsit supaya saya tandang ke Yogya :hehe.

    • Rijal Fahmi says:

      Eh kalau mau ayam geprek ini bisa bikin sendiri loh sebenarnya, beli aja ayam krispy terus diulek sendiri pake cabe :D tapi rasanya enakan yang di yogyakarta sih~ Ayoo main – main ke Yogyakarta :D

  7. Asih Rahayu says:

    Aku suka gudeg dan oseng-oseng mercon :9 (jadi kangen Jogja kan)

  8. Membaca ini saat jam makan siang itu rasanya…. :D

  9. Beby says:

    Aaaaa.. Sayang banget, Baaang.. :(

  10. AYAM GEPREK!!!
    hahaha maaf mas kemaren gak bisa ngasih info jelas, malah gak tau kalo bisa lewat deket UIN, taunya lewat yg deket Universitas Sanata Dharma :)))

  11. Tapi emang kulinernya Jogja itu favorit saya deh, Solo juga. Ayem rasanya, nagih!

  12. Una says:

    Lebih enak tampilan blognya sekarang Mas. Jaman kecil aku suka tuh pergi ke Pasar Prawirotaman, tapi ngga pernah tertarik makan gethuk, gathot, dll. Baru pas gede penasaran, XD Mas Fahmi ternyata temen SMP-SMA nya Mbak Prima Happyani tohhh, dunia sempit sekali~~~

  13. Una says:

    Hahaha dia kakaknya temenku yang rumahnya Srengat. Baik banget orangnya suka nraktir hahaha *penting* Pas buka FBnya Mbak Prima liat ada namamu di Friendsnya hehehehe, eh ternyataaa…

  14. aLdyputRa says:

    Kalau aku, lebih ke jajanan pasarnya mas yang bikin pengen balik. Sudah harganya murah, rasanya lumayan enak. Kalau ga sadar ngemilnya, pasti langsung kekenyangan :)

  15. Dita says:

    ayam gepreknya ya Tuhaaaaan, aku laper kaaaaak T_T
    kalo ke Jogja lagi wajib banget dicari nihhh

  16. momtraveler says:

    Dan yg paling ngangenin buatku adalah mangut lele nya….
    #ngecess…

  17. iPul Gassing says:

    Jogja memang selalu bikin saya kangen buat balik lagi, tapi tidak dengan kulinernya hihihi

    sebagai orang Sulawesi saya kesulitan untuk menikmati kuliner Jawa yang cenderung manis dan gurih hihi

  18. sama dengan mas ipul gasing diatas, kurang cocok dengan kuliner di jogja, bahkan masakan rumah makan padang bisa jadi manis juga…. hehe

  19. Gery says:

    Mas Fahmi, udah coba Bakmi Mbah Mo, belum? Agak mblusuk sih, tapi menurutku tempatnya unik hehe di daerah Code, Bantul, ga begitu jauh dari GL Zoo hihi

  20. Sandy says:

    Salah adalah baca tulisan yang begini ketika pas lagi laper-lapernya. Hahahah :D
    Bikin ngiler! Yaiyalah kuliner Yogya! Enak bin murah!

  21. Irham Faridh says:

    Wih! Ayam geprek udh pernah nyoba, pedes bgt boooo!
    Ntr mau coba ah gudegnya, akhir bulan ini trip ke Yogya :D thanks reviewnya bang hehe

  22. ara says:

    tertarik sama minumannya itu sama gudeg juga.

    Karena belum makan pagi, rasanya jadi ngiler.

  23. Luciana says:

    Cobain kopi jos dan nasi kucing angkringan Lik Man dekat stasiun Tugu, Mas. Mantap kopinya.
    Jangan lupa ke House of Raminten, wedang uwuh nya porsi besar, ayam koteka nya juga bikin nagih. Biarpun suasana angkringan di balut café tapi harga ga beda jauh sama angkringan.
    Jogja mantap tenan deh kulinernya.

  24. dari ke 5 hal itu baru gudeg yu djum yg baru dirasain.jogja emang kota yg ngangenin kak!!

  25. riabuchari says:

    wuihhh jd pgn ke yogya,, keren mas blognya :)

  26. Yoggy Satya says:

    Beuuhhh kebetulan nih bang, lagi pengen piknik ke jogja :D
    Baca tulisan Ayam Geprek Super Pedas! aja udah bikin ngilerrrr haha
    cobain ahhh :D

  27. Dzulfikar says:

    Gudeg Yu jum ini padahal yang dagang ngambil lauknya pake tangan tanpa sendok. Tp tetep aja enak ya, dan gak ada pelanggan yang merasa gima gitu ahahahah… vitamin. Jangan2 itu yang bikin enak.

  28. Dikatama says:

    Angkringan ka, tmpatnya asik bener aplagi klo bareng temen2.
    klo k jogja belum makan di angkringa rasanya kaya belum k jogja pokoknya dh, mending balik lg ajah wkwk

  29. Chandra says:

    Jogja memang ngangenin, jadi pengena kesana lagi :(

  30. tejo says:

    mantap mas infonya dan sangat bermanfaat

  31. tempatrekreasi.id says:

    Yang belum pernah nyobain bakmi doring,,malah baru denger. Kalau ke jogja lagi cobain nasi merah(sego abang),,yang booming karena pak Jokowi makan di sana. :D

    Blog nya bagus banget mas,,bookmark. hehe

  32. rumahulin says:

    ayam geprek sama bakminya bikin nagih nih, jadi pengen cepet-cepet ke yogya.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: