5 Kuliner Banyuwangi Favorit Versi Catperku Yang Direkomendasikan Untuk Dicoba!

Selain wisata alam, sebenarnya yang paling membuat saya bahagia bisa berkunjung ke Banyuwangi adalah ketika mencoba wisata kulinernya. Soalnya ada beberapa jenis kuliner baru dan beneran khas dari Banyuwangi bisa saya coba. Misalnya yang paling membuat saya penasaran adalah kuliner khas Banyuwangi yang bernama Rujak Soto.

Bagaimana mungkin perpaduan dua jenis masakan yang berbeda itu bisa menjadi salah satu kuliner favorit di Banyuwangi? Meski setelah mencobanya, ternyata yang namanya Rujak Soto itu memang enak! Selain itu ada juga kuliner Banyuwangi yang lain untuk dicicipi ketika sarapan pagi seperti Nasi Cawuk.

Pun sebenarnya masih ada banyak makanan enak yang belum sempat saya coba selama di Banyuwangi, paling enggak saya sudah mencoba beberapa masakan khas yang direkomendasikan ketika di Banyuwangi. Seperti misalnya beberapa dibawah ini. Yuk, kalau kebetulan lagi liburan di Banyuwangi dicobain juga kok!

1. Makan Siang Kuliner Pecel Pitik Banyuwangi

Makan Siang Kuliner Pecel Pitik Banyuwangi

Makan Siang Kuliner Pecel Pitik Banyuwangi

Pecel Pitik ini sebenarnya merupakan masakan tradisional Suku Osing di Banyuwangi. Dulu mungkin hanya bisa ditemukan dalam acara slametan. Namun sepertinya sekarang ini menjadi salah satu kuliner andalan Banyuwangi. Soalnya rasanya memang enak sih. Perpaduan ayam goreng yang dibalut bumbu pecel dan parutan kelapa. Saya nggak tau isi bumbu yang lain apa, tapi yang pasti rasanya enak. Kemarin saya sampai nambah dua kali lho! Kalau mau mencoba kuliner khas Banyuwangi yang namanya Pecel Pitik ini bisa langsung ke Pesantongan Kemangi yang berada nggak jauh dari Desa Wisata Osing Kemiren. Alamatnya di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah Banyuwangi.

2. Makan Malam Dengan Nasi Tempong

Makan Malam Dengan Nasi Tempong

Makan Malam Dengan Nasi Tempong

Untuk yang suka masakan pedas seperti saya, wajib cobain kuliner Banyuwangi yang satu ini, Nasi Tempong. Kuliner Banyuwangi yang satu ini menyajikan Nasi Panas lengkap dengan lauk yang digoreng dan tentunya sambel pedas yang bikin air liur menetes. Kalau menurut saya, paling enak kalau mencoba nasi tempong ini pas makan malam karena porsinya lumayan banyak. Menemukan kuliner Nasi Tempong di Banyuwangi ni lumayan gampang. Cukup dengan mengetikkan kata kunci “nasi tempong banyuwangi”, google maps akan dengan senang hati memberikan informasi.

3. Sarapan Pagi Nasi Cawuk, Makanan Khas Banyuwangi

Sarapan Nasi Cawuk

Sarapan Nasi Cawuk

Sarapan pagi di Banyuwangi? Usahakan untuk mencoba kuliner Nasi Cawuk khas Banyuwangi yang memang pas untuk disantap pagi hari. Nasi Cawuk ini adalah nasi putih dengan topping bermacam-macam. Nano-nano tetapi enak dan saling melengkapi.

Yang saya beli kemarin toppingnya ada telor, sayur daun semanggi, ikan teri, belimbing wuluh, pindang tuna, dan nggak ketinggalan sambel serehnya yang endeus! Di Nasi Cawuk-nya juga terdapat gula merah, juga disiram kuah pindah dan kuah terancam yang menambah rasa segar pada Nasi Cawuk. Nggak heran kalau setelah dicampur rasanya cenderung segar, gurih, dan manis. Jadi kuliner Banyuwangi yang ini memang menjadi makanan yang pas untuk pembuka hari.

Warung Nasi Cawuk Ibu Sri Banyuwangi. Ibu sri ini sudah puluhan tahun menjual Nasi Cawuk khas Banyuwangi

Warung Nasi Cawuk Ibu Sri Banyuwangi. Ibu sri ini sudah puluhan tahun menjual Nasi Cawuk khas Banyuwangi

Menemukan penjual Nasi Cawuk di Banyuwangi ini sebenarnya lumayan mudah. Namun kemarin saya membeli di Warung Nasi Cawuk Ibu Sri Banyuwangi yang berada gak jauh dari Taman Sritanjung. Penjualnya sendiri sudah berjualan nasi ini selama lebih dari 20 tahun. Jadi rasa khasnya nggak perlu diragukan lagi. Oiya, warung ini hanya buka jam 7-9 pagi, dan harga per porsinya nya IDR 7000-8000 tergantung lauknya.

4. Menghilangkan Rasa Penasaran Dengan Masakan Khas Banyuwangi Rujak Soto

Menghilangkan Rasa Penasaran Dengan Masakan Khas Banyuwangi Rujak Soto

Menghilangkan Rasa Penasaran Dengan Masakan Khas Banyuwangi Rujak Soto

Kemarin begitu sampai di Banyuwangi, saya langsung melakukan survey lewat twitter, apa sih kuliner Banyuwangi yang wajib banget dicoba itu? Dan sebagian besar netizen yang follow saya di akun twitter @catperku merekomendasikan untuk mencoba Rujak Soto. Meski makanan Rujak dan Soto itu gampang ditemukan dalam sehari-hari, tetapi Rujak Soto ini tampaknya menjadi salah satu kuliner unik di Banyuwangi.

Eh, beneran Rujak Soto? Rujak dicampur soto gitu? Rasanya bakal seperti apa ya? Nah, ternyata setelah saya cobain kemarin perpaduan dari dua jenis makanan yang sudah ada ini ternyata enak loh. Rujak yang identik dengan pedas manis, dengan soto bercita rasa gurih ternyata adalah perpaduan yang pas. Nggak ada tabrakan rasa. Yang ada malah saling melengkapi! Kalau saja kemarin nggak mengejar pesawat ke Surabaya, pasti saya akan nambah lagi!

5. Gak Bisa Ketinggalan Cobain Pecel Rawon!

Gak Bisa Ketinggalan Cobain Pecel Rawon!

Gak Bisa Ketinggalan Cobain Pecel Rawon!

Sebenarnya saya mencoba Pecel Rawon pertama kali di Surabaya. Namun ternyata saya baru tahu kalau Pecel Rawon ini juga populer di Banyuwangi. Dari hasil pencarian informasi malah banyak menyebutkan kalau Pecel Rawon ini termasuk salah satu makanan khas dari Banyuwangi. benarkah seperti itu? Saya masih perlu informasi lebih untuk klarifikasi.

Namun memang saya sudah nggak begitu asing dengan kedua masakan yang dipadu tersebut. Sebagai orang yang aslinya dari Blitar, saya sudah familiar dengan yang namanya pecel. Bahkan kalau lagi pulang kampung, saya selalu minta untuk dibuatkan nasi pecel sebagai sarapan pagi. Sementara rawon juga merupakan makanan khas Jawa Timur yang menjadi favorit saya. Kuah berwarna hitamnya yang gurih, ditambah lauk daging sapi lengkap dengan sambel untuk menyempurnakannya selalu sukses membuat saya nambah.

Kombinasinya, si Pecel Rawon ini sukses untuk membuat saya bahagia. Setelah memakannya, saya merasa menemukan cita rasa baru dari dua masakan yang sudah ada. Entah kenapa perpaduan dua masakan dengan rasanya berbeda ini malah melengkapi satu sama lain. Pecel yang cenderung pedas manis, melengkapi rawon yang gurih. Terus jangan lupa untuk memakannya dengan kerupuk agar lebih nikmat!

***

Gimana? Semuanya beberapa kuliner Banyuwangi di atas kelihatan enak bukan? Kemarin saya bahkan sempet nambah untuk beberapa kuliner Banyuwangi diatas. Satu kurang, perut lagi lapar, gimana lagi, ya nambah~ Apalagi setelah cobain Pecel Pitik dan Nasi Cawuk yang enak itu! Sukses dah bakal bikin kangen sama Banyuwangi kalau begini! Terus, kalau kuliner favorit di Banyuwangi buat kalian apa sih?

Yang Banyak Dicari

20 Responses

  1. Dzulfikar says:

    Pitiknya kok kecil amat yak. Yang paling bikin penasaran sih emg Rujak Soto. blm pernah nyobain soalnya.

  2. raunround says:

    sakses bikin laper nih.

    Btw, penasaran sama rujak soto, isiannya daging apa buah?

  3. Ransel Usang says:

    ah rujak soto bikin kangen bener sama banyuwangi.apalagi kalau di nikmati nostalgia di pantai di daerah watudodol duh jadi pengen balik ke banyuwangi ni

  4. wahaha pecel pitiknya menggodaaa. rujak soto sama nasi tempong yang is a must wkwk

  5. Yudi says:

    itu artinya kalau ke sana saya harus siap2 sama obat diare hahahaha

  6. @nurulrahma says:

    Aku kemaren cobain nasi tempong dan engga kuat ama sambelnyaaaa
    pedaaassssssshhh

  7. vazdriz says:

    Wah, jadi penasaran untuk nyobain makanan khas Banyuwangi nih, apalagi pecel rawonnya.. Kira-kira sama ngak ya dengan pecel yang laen…

  8. bunda aisyah says:

    habis baca jadi penasaran aku bagaimana rasa dari makanan khas rujak soto… sepertinya menarik untuk dikunjugi jika ada waktu…hihi

  9. abahadil says:

    abis baca artikel ini jadi kepengen cicip kuliner banyuwangi

  10. Abdul Malik says:

    Kuliner di banyuwangi ini merupakan kuliner terfavorit saya dan keluarga saya mas, sangat menggoda selera sekali makanan makanan yang di hidangkannya

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: