10 Cara Asik Menghabiskan Waktu Transit Di Bandara Changi Singapore

Singapore selain sebagai tujuan umum orang Indonesia yang ingin merasakan luar negeri untuk pertama kali, juga merupakan gerbang untuk menuju berbagai belahan dunia lain. Karena negara singa ini memiliki bandara internasional yang dipakai untuk transit dari berbagai belahan dunia untuk menuju benua Asia, namanya adalah Bandara Internasional Changi. Ngiri juga sih, negara yang gedenya enggak lebih besar dari Pulau Bali ini adalah tempat populer transit burung besi dari berbagai negara.

Sebenarnya sudah dua kali saya mendarat di bandara Changi Singapore, tetapi baru ketika kuliner trip ke Singapore kemarin saya mempunyai waktu untuk mengeksplorasi hampir tiap sudut Bandara Changi. Memang niatnya jalan – jalan di dalam bandara, sekalian transit, dan menunggu pagi di bandara Changi sih!

Bahkan sampai saya belain tidur di tempat ini segala. Nah! saya akan mencoba berbagi nih, gimana cara asik menghabiskan waktu transit di Bandara Changi Singapore. Entah yang mau melanjutkan perjalanan ke benua lain, atau memang ingin sekedar ngulik tiap sudut Bandara Changi Singapore saja! Ini tipsnya!

1. Tips Transit Di Bandara Changi Singapore : Pijat Kaki Gratis Yang Harus Dicoba!

Sudah banyak bandara yang saya datangi, tetapi baru di Changi saya menemui fasilitas pijat kaki gratiss! Tapi bukan manusia lho yang mijat, tetapi mesin pijat kaki otomatis yang disediakan dibeberapa tempat. Kebetulan kemarin saya memanfaatkan fasilitas mesin pijat kaki gratis ini di terminal 1. Fasilitas ini sangat berguna buat yang habis traveling dari jauh, atau kecapekan mengeksplorasi tiap sudut bandara superbesar-nya negeri singa.

Pijat refleksi kaki di Bandara Changi Singapore, setelah capek traveling

Pijat refleksi kaki di Bandara Changi Singapore, setelah capek traveling

(Baca Juga : Get Lost in Singapore and see this!)

Ini dia si mesin pemijat kaki!

Ini dia si mesin pemijat kaki!

2. Tips Transit Di Bandara Changi Singapore : Browsing Internet!

Tidak heran lagi sebagai negara maju, Singapore memiliki internet dengan kecepatan diatas rata – rata. Dan di Bandara Changi disediakan fasilitas internet secara gratis, baik yang bisa digunakan dengan gadget kita sendiri, ataupun menggunakan beberapa fasilitas komputer dengan internet yang disediakan oleh pihak bandara changi. Lumayan untuk sekedar ngetweet atau chatting dengan teman sambil menunggu boarding!

Selain bisa memakai wifi, ada komputer yang bisa digunakan secara gratis di Bandara Changi Singapore.

Selain bisa memakai wifi, ada komputer yang bisa digunakan secara gratis di Bandara Changi Singapore.

3. Tips Transit Di Bandara Changi Singapore : Leyeh – Leyeh!

Penerbangan long haul emang bikin capek, belum lagi jika terkena jet lag karena perbedaan zona waktu. Nah, di bandara utama negeri singa ini disediakan beberapa tempat khusus untuk leyeh – leyeh , tiduran atau sekedar mengembalikan sedikit tenaga. Fasilitas ini ada di beberapa terminal (kebetulan saya menemukannya di zona transit terminal 1 dan terminal 3).

Atau mau leyeh - leyeh saja di kursi malas ini? No problemo!

Atau mau leyeh – leyeh saja di kursi malas ini? No problemo!

4. Tips Transit Di Bandara Changi Singapore : Jalan – Jalan, Traveling Di Dalam Bandara!

Percaya deh! Selain Universal Studio Singapore, Bandara Changi Singapore ini adalah tempat yang asik untuk jalan  – jalan dan menghabiskan waktu. Total ada tiga terminal yang bisa dieksplore tanpa harus keluar dari imigrasi, karena tiap terminal sudah dihubungkan dengan yang namanya sky train. Cuma, harus tetep ingat saja ya, jam boarding pesawat kamu, jangan sampai ketinggalan pesawat gara – gara keasikan jalan – jalan di Changi!

Total ada tiga terminal, siapkan kaki untuk mengeksplore tiap sudut Bandara Changi!

Total ada tiga terminal, siapkan kaki untuk mengeksplore tiap sudut Bandara Changi!

5. Tips Transit Di Bandara Changi Singapore : Nonton Film!

Kaget, Heran, Shock! Begitu melihat ada bioskop di dalam bandara. Baru kali ini ada bandara yang sebegitu niatnya memberi fasilitas untuk penumpang yang kebingungan untuk membuang waktu transitnya. Ya! di Bandara Changi Singapore terdapat sebuah bioskop yang bisa dimasuki secara gratis untuk menghabiskan waktu transit sambil melihat film. Yah, meskipun film – film yang diputar bukan film keluaran terbaru sih. Lumayan untuk sedikit menghibur ketika sudah bosan.

Waaah! Ada bioskop di dalam Bandara Changi!

Waaah! Ada bioskop di dalam Bandara Changi!

(Baca Juga : 7 Kuliner Singapore Yang Wajib Dicoba!)

6. Tips Transit Di Bandara Changi Singapore : Berkebun Di Bandara!

Maksudnya berkebun di bandara ini bukan menanam bunga atau semacamnya loh! Tetapi menikmati beberapa kebun yang memang sengaja dibuat di dalam bandara, agar terkesan lebih adem dan hijau. Bandara Changi sendiri memiliki beberapa kebun yang bertebaran di ketiga terminalnya. Seperti Butterfly Garden di terminal 3, Sun Flower and Light Garden di terminal 2 dan masih banyak lagi. Nah! mau coba berkebun sambil melihat pesawat?

Ada kebun disebelah tempat parkir pesawat! Bener - bener go green ini!

Ada kebun disebelah tempat parkir pesawat! Bener – bener go green ini!

Kebun di dalam bandara changi!

Kebun di dalam bandara changi!

7. Tips Transit Di Bandara Changi Singapore : Makan!

Memang harga makanan di bandara cenderung lebih mahal dari pada di tempat lainnya, tetapi kalau sudah kepepet dan perut sudah keroncongan tanpa bisa diajak kompromi, makan tetap harus dilakukan! Nah! Di Bandara Changi ini ada beberapa tempat makan yang buka selama 24 jam. Jadi, mau landing jam berapa saja, selalu ada tempat untuk menyelamatkan perut yang kelaparan. Siapkan saja kocek lebih, atau makan makanan cepat saji untuk harga yang sedikit miring.

Perut lapar ketika transit Tinggal makan! Jangan sampai shock dengan harga makanan di bandara ya!

Perut lapar ketika transit Tinggal makan! Jangan sampai shock dengan harga makanan di bandara ya!

8. Tips Transit Di Bandara Changi Singapore : Mencoba Bermain Be Changi Millionaire

Be Changi Millionaire adalah semacam kuis yang bukan kuis, cara ikutnya tinggal berbelanja saja di Bandara Changi Singapore dengan minimal pembelanjaan 30 SGD untuk bisa berpartisipasi di instant game dan penarikan undian bulanan. Setiap bulan orang yang beruntung akan dipilih menjadi finalis yang akan mendapatkan grand prize! Totalnya akan ada 6 finalis yang akan berkompetisi untuk mendapatkan uang tunai 1.000.000 SGD! Tertarik mau mencoba!!

Iseng - iseng berhadiah, siapa tau dapet satu juta dollar Singapore :D

Iseng – iseng berhadiah, siapa tau dapet satu juta dollar Singapore :D

(Baca Juga : Tips Backpacker Ke Singapore For Noob Seperti Saya)

9. Tips transit Di Bandara Changi Singapore : Nonton TV!

Ya! Meskipun dirumah pasti punya TV sendiri, tetapi seru juga loh nonton TV rame – rame sama penumpang lain yang sedang transit di Bandara Changi Singapore. Kebetulan kemarin saya menemukan TV super besar di area terminal 3 Changi yang sedang memutar acara National Geographic. Jadinya saya keasikan deh nonton acara itu di TV super besar!

Nonton TV di bandara juga seru ternyata :D

Nonton TV di bandara juga seru ternyata :D

10. Tips transit Di Bandara Changi Singapore : Tidur! Bobok Manis Menunggu Pagi!

Bandara Changi Singapore adalah salah satu bandara yang ramah untuk para penumpang yang perlu transit dalam jangka waktu yang lama, terutama malam hari. Disini ada tempat khusus yang namanya snooze lounge, tempat untuk tidur secara gratis bagi para penumpang transit.

Sebenarnya tempat ini juga biasa dimanfaatkan para traveler dengan tujuan Singapore yang ogah rugi sewa hostel/atau hotel karena sampai di bandara changi malam hari. *seperti saya kemarin* Tidak ada larangan tidur di snooze lounge untuk yang punya boarding pass penerbangan selanjutnya.

(Baca Juga : Tips Backpacker Ke Singapore For Noob Seperti Saya)

Sedangkan yang tidak punya boarding pass tetapi masih nekat tidur di tempat ini, siap – siap aja pasang muka melas kalau lagi ada sweeping dari petugas bandara changi. Bilang saja “umm, im waiting for the first train to city sir, *pake muka – semelas melasnya*” Kalau berhasil atau ketemu petugas yang baik anda akan dibiarkan dan diberitahu untuk segera melewati imigrasi dengan segera, setelah kereta pertama ada.

Kalau lagi sial, anda akan banyak – banyak ditanya kenapa tidur di bandara Changi, atau bahkan anda akan disuruh ke imigrasi dengan dikawal! Yah, tinggal milih yang mana, saya sih cukup sekali saja, karena memang sedang ingin mengeksplore bandara Changi Singapore. Lain kali, kalau saya tidur di bandara Changi lagi, tujuan saya selanjutnya adalah Turki, atau Australia!! :D

Ada yang namanya snooze lounge di Bandara Changi Singapore, bisa buat tidur, tapi sering di sweeping sama petugas bandara, ditanyain boarding pas =="

Ada yang namanya snooze lounge di Bandara Changi Singapore, bisa buat tidur, tapi sering di sweeping sama petugas bandara, ditanyain boarding pas ==”

11. Terakhir, Yang Paling Menyenangkan Untuk Bisa Dilakukan Ketika Transit Di Bandara Changi Singapore Adalah…

Ikut tur gratis keliling Singapura juga bisa!

Ikut tur gratis keliling Singapura juga bisa!

Untuk kalian yang sedang sedang transit di Bandara Internasional Changi dalam waktu agak lama, kalian bisa mencoba ikutan tur gratis yang diadakan oleh bandara Changi ini. Disarankan, untuk mengikuti tur gratis Bandara Internasional Changi ini paling enggak kalian punya waktu transit sekitar 5 – 7 Jam.

Meskipun gratis, tur yang disediakan oleh Bandara Changi ini cukup berkelas. Mereka menyiapkan paket tur gratis di siang dan malam hari. Tur siang hari temanya adalah Heritage Tour, sementara malam hari temanya adalah City Lights Tour.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

37 Responses

  1. mawi wijna says:

    eh, katanya juga ada Mall di Changi ya?

  2. dody says:

    gara gara berbelanja di changi setalah melewati imigrasi all hasil ketinggalan pesawat dan akhirnya tidur di bandara changi dehhh.dinginnnya ac di bandara changi sudah kaya tidur didalam kulkas brrrr

    • Rijal Fahmi Mohamadi says:

      hahaa, changi jadwalnya selalu tepat kayaknya, enggak ada ngaret atau delay, jadi mending datang beberapa jam sebelumnya, terus jalan – jalan di changi dulu deh :D

  3. Eh tau gitu kemarin eksplor bandaranya dulu ya. Ada indoor garden dan tempat pijit! Kemarin abis beer shopping langsung leyeh-leyeh aja sih karena gempor jalan seharian -_____-

  4. margaretha says:

    Hi

    Snooze lounge itu ada di terminal berapa ya?
    Kebetulan saya nanti akan tiba di terminal 2 sekitar jam 1.00
    Rencana mau numpang tidur dulu di bandara sampe nunggu mrt pertama.
    Thanks before..:)

  5. Messa says:

    Niat banget keliling Changi, mas :D btw, bioskop nya di terminal berapa ya? Penasaran :D

    • Rijal Fahmi Mohamadi says:

      emang udah lama pengen keliling changi XD itu di terminal 2 kalau gak salah, lupas sih :p ambil peta aja, changi gedeeee, kalau ga pake peta pasti nyasar.

  6. Yopie says:

    Mau tanya gan, sya juga rencana mau ke singapur 16 juni, dan mau nginap di changi semalam karena tiba disana tngah malam. Nah, sy mau tanya nih, yang aman tidur dmana ya? ktanya di luar imigrasi ya? imigrasi tuh bntuknya kayak ruangan gtu atau gmana? Cara bedain kta udah di luar imigrasi gmana ya? maklum belum pernah naek psawat..hehe.
    Thanks b4

    • Rijal Fahmi Mohamadi says:

      kalau mau nekat, ya di dalem, tapi nanti pasti ditanyain sama orang custom, mending jangan kalau gak mau kena resiko macem2. saya dulu karena penasaran, jadi keliling2 sampe malem. kalau di luar immigrasi emang gak gak ada ditanya2in, soalnya kan yang boleh tidur di dalem harus punya tiket transit/ terusan ke tujuan lain. udah di luar imigrasi kalau udah stempel pasport, berarti itu udah diluar bandara :) kira2 begitu :D

  7. indah haya says:

    pengeeen iiih, kesana,,,,, budget backpacker kira2 brp ya?

  8. Alam says:

    Berharap tips keluar bandara sih sebenarnya. Ada rencana transit panjang nih di Changi. Berharap bisa keluar bentar, foto di landmark Singapur, habis itu balik ke Bandara lagi.

    Entah, bisa atau nggak!

  9. andy says:

    Utk snozze lounge kan di terminal transit, nah klo sy pny tiket conecting berarti bole donk tidur coz sampe di changi jam11mlm. Pertanyaanya, klo mo jln2 ke seputaran bandara harus ke imigrasi dulu ato cukup masuk terimal transit (tdk melalui imigrasi) sdh bisa?

  10. unggulcenter says:

    Wa kebetulan nih mas.. mau kesana pekan depan.. ke Terminal 2 tibanya. Apa bisa ya nginep di Bandara. Aku sampe sore, tapi ngga mau nginep di hostel, karena akomodasi utk conference baru jumat malam sedangkan aku tiba di Singapore kamis sore.

    Kira-kira bakal di sweeping ngga ya tidur di Bandara? Mau tidur disana soalnya. Bawa air minum dari luar (dalam tas dari Indonesia dan snack2 roti gitu boleh ngga yak.

    • nginep tetep bisa, paling ditanyain passport nanti. Kalau gak, keluar bandara aja dulu, gak bakal ditanya2in tapi tempat buat tidur kurang nyaman. Kalau air, nggak boleh masuk pesawat kan? Mending bawa botol kosong, nanti di isi pas disana. ada tap water yang bisa langsung diminum. Kalau snack atau roti sih bisa saja :D

  11. lia says:

    nanya juga dong… di airport changi diadakan sholat idul fitri atau idul adha gak ? atau, boleh kah keluar dari bandara changi ( melewati imigrasi ) lalu masuk lagi untuk passanger yg transit ? tq ya

  12. shanti says:

    Mas, mau nanya nih. Minggu dpn sy transit di changi tujuan sydney. Untuk heritage tour gratis di terminal brp ya? Tks.

  13. chipitha says:

    mas mau tanya nih.,, klo ga ada boarding pass penerbangan selanjutnya bisa ga..? kebetulan sy rencana mw ke KL di hari berikutnya,, mw irit tanpa penginapan d Singapur nya..

  14. chipitha says:

    o0h iya mau tnya lebih jelas nya sih.. psawat sy tiba sekitaran jam 2 siang dan ada rencana untuk k KL besok pagi nya menggunakan bus. apakah tetap bisa bwt tidur d bandara walaupun ga punya boarding pass penerbangan..?

  15. Wahhh detail banget kak fahmi. aku juga dua kali bobo bobo di changi, transit emang jadi ga ngebosenin :)

  16. Said Rahman says:

    Mi, rencananya awal maret mau transit semalem di Changi. Sampe Changi jam 9 malem. Trus pesawat ke Jakarta itu jam 8 pagi besoknya.

    Kira2 bisa tidur di Snooze Lounge ga ya?
    Bawa rombongan anak smp sekitar 15 orang

  17. Terimakasih infonya gan. Udah dicobain internetnya, pijit kaki gratisnya. Bioskop belum ktm hehe. Kl cii tour g cukup transitnya cm 3 jam

  18. Arie says:

    saya bakalan sampe changi jam 21.55 n nyambung penerbangan selanjutnya besok paginya jam 08.40.. bisa nikmatin apa aja ya om fahmi brati.. ??

  19. Ridho Fahlevi says:

    Mas mau tanya dong, klo kita buat menghemat uang untuk hari pertama sampai nunggu di bandara selama kurang lebih 5jam dan tidak transit kira2 kita disana bisa leyeh2 atau sekedar nunggu selama 5jam itu terus mandi di bandara tpi saya tidak transit cuma menghemat biaya buat check in di hotel di hari pertama

  20. nataliya says:

    kira2 ada pijit kakinya itu terminal mana ya guys…aoalnya bln depan w dri hk transit singapore…yaaaa pingin ngerasain gtu..he he

  21. Musliadi says:

    Masa mau nanya nih seputar transit di changi, perjalanan saya domestik dr jakarta ke medan tp mau pilih yang transit di changi. Apakah saya boleh keluar bandara untuk jalan2 dgn tour gratis. Kan kalo perjalanan domestik ga pake paspor dan saya ada paspor juga sih. Jadi apa bisa mas untuk kasus saya ini supaya bisa keluar bandara ketika transit di changi untuk perjalanan domestik. Kalau harus pake paspor, ya berarti saya pake paspor

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

%d bloggers like this: