“Wonderful Indonesia” : Indonesia.Travel Di Mata Travel Blogger Seperti Catperku

Hei – hei? bagaimana saya bisa hampir ketinggalan mengikuti games untuk mereview web Indonesia.Travel? Tema reviewnya sendiri adalah “Indonesia.Travel sebagai situs resmi informasi pariwisata Indonesia“. Oke, jadi buat yang belum tahu, Indonesia.Travel adalah website resmi untuk mendapatkan informasi tentang pariwisata Indonesia. Sebuah web yang bagus dong seharusnya.

Hemm.. kedengaran menarik! Saya mau ngebahas deh satu persatu tentang website pariwisata resmi Indonesia ini. Temukan Indonesia, mulai berpetualang dan siap – siap dengan kejutannya. Mulai dari website resmi pariwisata Indonesia Indonesia.Travel.

Discover Indonesia, Be Adventurous And Get Excited!

Nah! Mari Mulai Mereview!

Desain Website Indonesia.Travel Sudah Kece?

Bayangkan kalian membuka website Indonesia.Travel untuk pertama kali, dan kemudian melihat mozaik foto – foto kece dari Indonesia, pasti akan langsung tertarik untuk klik salah satu foto tadi kan? Yup, salah satu bagian yang saya suka dari desain website Indonesia.Travel. Begitu scrolling sedikit kebawah saya langsung bisa mendapatkan infomasi “Headline News” dan “Events” terbaru tentang pariwisata indonesia. Dengan pegitu pengunjung website akan cepat mengetahui informasi tentang seputar pariwisata indonesia.

Menurut hanya ada sedikit kekurangan dari desain website Indonesia.Travel yang sudah sangat kece ini. Yaitu penempatan link akun social media Indonesia.Travel yang terlalu di bawah. Padahal di era social media seperti sekarang ini, posisi seperti itu sangat penting untuk diketahui para pengunjung. Terutama untuk berinteraksi secara sosial dengan Indoensia.Travel. Terlepas dari itu, semuanya sudah sangat bagus untuk menebarkan misi “Wonderful Indonesia”.

Saya suka desain mozaik foto Indonesia.Travel yang ini
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Saya suka desain mozaik foto Indonesia.Travel yang ini

Bagaimana Aktivitas Social Media Si Indonesia.Travel?

Saya sering berinteraksi dengan salah satu akun social media Indonesia.Travel @indtravel. Bahkan beberapa artikel yang ditulis di travel blog catperku.com juga pernah di retweet. Jadi bisa disimpulkan kalau Indonesia.Travel enggak cuma beraksi menebar misi “Wonderful Indonesia” hanya dengan website saja. Tetapi mereka juga sangat aktif untuk megajak pengguna untuk bersama – sama mengenalkan Indonesia ke Dunia.

Kalau Informasi Konten-nya bagaimana? Sama Catperku Lengkapan Mana Dong :D?

Untuk sebuah portal pariwisata website Indonesia.Travel sudah cukup lengkap. Informasi – informasi dasar seperti :

  • Overview, yang merupakan deskripsi singkat tentang sebuah destinasi.
  • Where To Stay, mempermudah saya untuk mencari tempat menginap ketika mengunjungi sebuah destinasi.
  • What To Buy, saya memang enggak terlalu suka berbelanja, tetapi kalau ada yang unik mungkin saya akan mempertimbangkan untuk membelinya :D
  • How To Get Around, tentunya biar enggak bingung mau kemana saja ketika disana :D
  • How To Get There, Kalau yang ini untuk mencari tahu, bagaimana cara menuju suatu destinasi.
  • Tips, Tips dan trik traveling ke suatu destinasi :D
  • What To Eat, Mari makaan! Mencoba bervariasinya kuliner yang ada di Indonesia.
  • What To Do, Bisa dijadikan Panduan kalau bingung mau ngapain ketika berada di suatu destinasi wisata.

Kesemuanya sudah ada, ditambah lagi ada Peta untuk memudahkan pengunjung website menemukan lokasi dari Destinasi.

Enggak cuma itu saja, pada tiap detil destinasi juga ada foto – foto keren-nya. Apalagi kalau bukan untuk membuat para pengunjung website Indonesia.Travel ngiler pengen datang ke destinasi tersebut. Kalau saya sih, buruan cari tiket promo dan terbang deh.

Seberapa Lengkapkah Website Indonesia.Travel? Dari Sabang Sampai Merauke Ada Semua?

Dari Sabang – Sampai merauke pastinya ada ratusan bahkan ribuan destinasi di Indonesia. Sebagian besar sudah masuk ke dalam konten website resmi pariwisata Indonesia Indonesia.Travel. Mencari suatu lokasi juga mudah, karena sudah dibagi berdasarkan region – region, per provinsi. Catperku masih belum ada apa – apanya deh, kalau dibandingin sama si Indonesia.Travel :D

Destinasi di Indonesia.Travel, dari Sabang sampai Merauke :D
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Destinasi di Indonesia.Travel, dari Sabang sampai Merauke :D

Tentang Update News/Berita?

Enggak salah lagi, berita yang ditampilan di website Indonesia.Travel selalu di update ke berita terbaru. Jadi sangat berguna, terutama untuk mencari informasi tentang festival atau konser yang akan diadakan di Indonesia. Membuka halaman News dan Events, saya bisa melihat informasi mulai dari sekarang hingga beberapa yang sudah berlalu.

Seberapa Interaktifkah Website Indonesia.Travel?

Saya bisa bermain main dengan mozaik foto yang ada di halaman depan, bisa melihat – lihat foto cakep dari indonesia dengan beberapa klik. Yap, sebagai pengguna awam yang suka dengan dunia traveling, website Indonesia.Travel lumayan interaktif untuk membuat betah berlama – lama mencari informasi beberapa destinasi di Indonesia. Selain itu di website ini juga ada fitur keren yang namanya Trip Planer (http://indonesia.travel/trip/) untuk merencanakan perjalanan :D kurang menarik apalagi coba? Hanya saja trip planer yang tadi, rasanya kok lebih lambat ya. Mungkin fitur ini perlu banyak ditingkatkan. Karena setiap traveler pasti suka merencanakan setiap perjalanannya.

Ada juga forum tempat untuk berinteraksi sesama penyuka dunia traveling (http://indonesia.travel/forum/), meskipun sepertinya forum ini sedikit mati suri. Jumlah postnya juga cuma beberapa ratus. Gara – gara lebih suka nge-tweet di @indtravel ya?  Enggak tau deh hehee, atau mari kita ramaikan forumnya? :D

Quiznya Seru Atau Enggak? Banyak Yang Menang? #Eh!

Seruu! Saya sendiri sering ikut Quiz yang diadakan oleh Indonesia.Travel. Pernah menang sekali lomba menulis yang diadakan oleh Indonesia.Travel yaitu “Journey of Love” Blog Writing Competition By Kemenparekraf Indonesia. Semoga yang ini menang lagi deh ;D Dan buat yang lain, sering sering ikut Quiz dari Indonesia.Travel ini.

Kritik Dan Saran Secara Keseluruhan Untuk Indonesia.Travel

Enggak ada banyak kritik dan sarn untuk bagian desainnya, cuma ada beberapa hal yang mestinya bisa ditingkatkan di website resmi pariwisata indonesia ini seperti :

  1. Memperbagus fungsi Trip Planner (http://indonesia.travel/trip/), fitur seperti ini akan banyak dicari para penyuka traveling. Tentunya lebih difokuskan pada destinasi yang ada diindonesia akan lebih baik.
  2. Menambah foto – foto cantik destinasi di Indonesia untuk membuat lebih tertarik pengunjung.
  3. membangkitkan forum (http://indonesia.travel/forum/) dari mati suri, agar bisa menjadi wadah tempat sharing dan berbagi sesama pejalan.

Kesimpulannya?

Sebagai website resmi informasi pariwisata Indonesia seharusnya bisa lebih mempermudah para pejalan baik dari dalam negeri atau dari manca negara untuk mendapatkan informasi berbagai destinasi yang ada di Indonesia. “Mari bersama – sama menjadikan pariwisata indonesia menjadi lebih baik”

Sumber foto dari : www.Indonesia.Travel

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: