Withlocals, Konsep Anyar Pariwisata Berkelanjutan

Ketika akhir – akhir ini banyak terjadi masalah dengan yang namanya turisme massal yang kata sebagian besar orang bukanlah pariwisata berkelanjutan atau sustainable tourism, saya menemukan sesuatu yang unik. Sebuah website yang menawarkan konsep pariwisata berkelanjutan, mungkin bisa sangat berguna baik untuk traveler, atau masyarakat setempat yang terlibat dengan pariwisata.

Pariwisata berkelanjutan berusaha untuk meminimalkan efek kegiatan pariwisata pada lingkungan dan budaya lokal, sambil membantu untuk menghasilkan pekerjaan bagi masyarakat setempat,-

Withlocals, konsep sustainable tourism yang melibatkan para pejalan dengan orang lokal.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Withlocals, konsep sustainable tourism yang melibatkan para pejalan dengan orang lokal.

Withlocals.com, disini saya menemukan sebuah perwujudan nyata dan menarik dari sustainable tourism atau pariwisata berkelanjutan, yang tidak mengurangi pengalaman menyenangkan dari sebuah perjalanan atau kegiatan pariwisata. Bahkan konsep seperti ini sangat menarik dan baru pertamakali saya temui lho!

Dari yang saya baca, visi utama mereka diperjelas dalam 3 kategori khusus yaitu Eat Withlocals, Tours Withlocals, dan Activities Withlocals. Tentunya semua konsep tadi nantinya akan melibatkan para turis dan traveler untuk berinteraksi dengan orang lokal dalam semua aktivitas, sesuai konsep dasar dari sustainable tourism. Jadi, nanti harapannya tidak akan ada yang dirugikan dalam konsep seperti ini .

Withlocals menghubungkan para pejalan, dengan orang lokal melalui makanan dan sebuah pengalaman perjalanan.

Eat Withlocals, disini traveler akan dipandu secara langsung oleh para guide yang menawarkan pengalaman kuliner yang berbeda. Ada yang bilang, untuk mengenal suatu negara, saya harus mencoba setiap street foodnya. Nah! tentunya orang setempat dong yang paling tahu dimana tempat makan yang paling enak, paling berbeda dan paling unik? Disinilah guide yang tergabung di withlocals berperan penting untuk para traveler yang ingin mencari pengalaman unik! Mereka adalah orang yang sangat mengenal daerahnya, dan pengalaman kuliner tak terduga pun akan dengan mudah didapatkan.

Tours Withlocals, akan membantu para traveler untuk mendapatkan perjalanan yang tidak terlupakan yang akan ditemani guide setempat. Seperti saya yang sering traveling sendirian, saya pun masih perlu adanya seorang guide lho kadang – kadang. Namun, yang paling saya suka adalah ketika traveling bersama guide lokal setempat. Karena mereka sering lebih tahu tempat eksotis setempat, yang tidak mungkin bisa saya tahu tanpa bantuan mereka.

Activities Withlocals, inilah yang paling saya suka dari konsep anyar ini. Entah mencoba membuat masakan khas secara langsung dengan penduduk setempat, atau mencoba membuat sebuah kerajinan tangan. Satu yang pasti, dengan konsep Activities Withlocals, tentunya saya nanti bisa terjun langsung kedalam aktifitas sehari – hari guide setempat dari Withlocals

Tunggu…. Saya bingung, sebenarnya nanti siapa dong yang akan jadi guide dari Withlocals ini? Nah, dari yang saya baca, yang menjadi guide ini bisa siapa saja, bahkan saya pun bisa lho ikut mendaftar menjadi guide di Withlocals ini. Asal, suka berinteraksi dan lumayan punya pengalaman dengan dunia traveling ya! Enggak lucu dong udah daftar jadi guide ternyata kurang begitu berpengalaman, apalagi di Withlocals ini kalau menjadi guide dibayar loh. Asyik kan? :D Harganya juga kita yang menentukan, lumayan buat menambah penghasilan. Sukur – sukur bisa menggerakka ekonomi pariwisata setempat. Nah, ada yang mau coba?

Tiga langkah mudah menjadi host di Withlocals. Daftar, Tambahkan pengalaman menarik kamu, dapatkan traveler untuk di guide.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Tiga langkah mudah menjadi host di Withlocals. Daftar, Tambahkan pengalaman menarik kamu, dapatkan traveler untuk di guide.

Tiga langkah mudah mencari host di Withlocals. Daftar, Cari Host yang sesuai dengan minat dan rencana perjalanan, nikmati perjalanan yang tidak terlupakan.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Tiga langkah mudah mencari host di Withlocals. Daftar, Cari Host yang sesuai dengan minat dan rencana perjalanan, nikmati perjalanan yang tidak terlupakan.

Kalau menurut saya sih, konsep seperti ini lumayan bagus. Karena, selain mendapat keuntungan finansial, kita juga bisa dapat teman baru sambil belajar memperkenalkan Indonesia kepada dunia. Ya teman – teman bisa bergembira, karena Withlocals sekarang sudah ada di Indonesia juga :D. Jadi buruan daftar deh, entah menjadi host atau menjadi traveler yang mencari perjalanan seru di Indonesia! *brb daftar dah*

Untuk para traveler sendiri, selain bisa membantu meningkatkan ekonomi sang guide, para traveler tentunya akan mendapatkan pengalaman traveling yang menarik. Tidak cuma datang ke suatu destinasi, foto – foto, terus pulang tanpa mendapatkan pengalaman baru. Seru banget bukan? :D

PS : Selalu pegang teguh prinsip Ecotourism, jangan pernah merusak atau mengotori alam, Jaga Untuk Anak Cucu Kita. Belum tahu apa itu ecotourism? baca disini (Eco Traveling yaa, Bukan Ego Traveling!!!)

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

16 Responses

  1. Suka banget ama konsep web ini…pengen daftar jadi host, tapi gak ada yang datang ke Puruk cahu juga kayaknya..hehe

    • Rijal Fahmi Mohamadi says:

      daftar aja :P terus promosiin puruk cahu :D siapa tahu ada bule yang mau kesono xixixi lumayan kan. kalau jakarta kayak aku, emang ada? -,-

  2. Konsep mode travelling simbiosis mutualisme.

  3. baru blogwalking ke withloacals ini beberapa hari lalu padahal..:)

    • Rijal Fahmi Mohamadi says:

      iya, konsepnya lumayan sih, bisa traveling bareng orang setempat, harganya transparan, gak terlalu mahal juga sih :D

  4. Aku juga mau jadi host nya, ayo datang ke gresik. Kita bikin nasi krawu bersama2 :-)

  5. Pengen nyobain sih sesekali ke http://www.withlocals.com tapi jadi traveller bukan hostnya :))

    Salam

  6. Kalau perantau kayak saya yg kadang suka pindah kos/kontrakan kayaknya sulit ya utk jadi host, mending jadi pejalannya aja :)

    • Rijal Fahmi Mohamadi says:

      nah, iya itu masalahnya, yang serin nomaden emang bakal sulit jadi host, tapi kalau jadi traveler pasti asik banget itu :)

  7. jadi kepikiran untuk memanfaatkan pondokan di sawah bokap , seru kali ya di buat tempat makan terus si bule diajakin makan siang dan nanem padi bareng.

    • Rijal Fahmi Mohamadi says:

      nah, itu ide bagus mas danan :D bule paling seneng sama konsep kayak gitu, yang lokal banget, asli :D ayo – ayo dicoba, nanti saya mampir hehee

  8. Anthony Hamzah says:

    Sounds familiar, kayak Couchsurfing yah?

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: