Suka Traveling? Berarti 6 Hal Penting Ini Perlu Diperhatikan Ketika Memilih Smartphone Buat Teman Traveling Kalian!

Jaman sekarang, gadget yang satu ini nggak bisa saya tinggalkan ketika traveling. Gadget ini banyak dikenal sebagai “smartphone”. Yang suka traveling sih, sebaiknya punya. Buat saya, kalaupun lagi traveling dan gak bawa kamera, ya enggak apa-apa, yang penting ada smartphone.

Karena smartphone ini menjadi salah satu barang yang sangat bermanfaat ketika di perjalanan. Apalagi buat saya yang merangkap sebagai travel blogger. Pekerjaan yang satu ini memang menuntut untuk punya sebuah smartphone yang mumpuni.

Nah, berdasarkan pengalaman saya, sebagai traveler dan blogger yang sering bergantung dengan sebuah smartphone. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika akan memilih atau membeli sebuah smartphone. Karena itu, kali ini saya mau mencoba berbagi tips bagaimana sih memilih smartphone yang pas itu. Terutama, untuk yang doyan banget jalan-jalan nih! :)

Simak baik-baik tips memilih smartphone yang cocok untuk dibawa jalan-jalan ini!

1. Kualitas Kamera

Minimal perlu kamera dengan kualitas belasan mega piksel agar traveling nyaman.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Minimal perlu kamera dengan kualitas belasan mega piksel agar traveling nyaman.

Sebagai travel blogger, saya nggak mau ngorbanin fitur utama yang satu ini! Iya, kamera, meski cuma di smartphone, adalah fitur yang paling pertama kali saya lihat. Soalnya kadang saya suka males bawa kamera. Jadinya, kalau lagi males gitu ya cuma bawa smartphone deh. Nggak berat! Beberapa foto di Instagram saya pun juga hanya saya ambil pake kamera smartphone loh!

Kualitas kamera smartphone standar saya, ya minimal belasan mega piksel deh. O Iya, ngomongin kamera smartphone dengan kamera yang kualitasnya belasan mega piksel, saya jadi inget smartphone anyar yang baru rilis, OPPO F1 Plus deh. Smartphone yang satu ini sih, emang fokus ke cameraphone ya. Bayangin aja, kamera belakangnya 13 Mega Pixel, dan kamera depannya malah 16 Mega Piksel! Jarang banget nemu smartphone yang unik kayak OPPO F1 Plus ini :D

Saya nggak salah tulis ya, kamera depan 16 MP, kamera belakang 13 MP. Jadi, buat yang doyan banget selfie ketika traveling, kayaknya pas banget kalau punya smartphone yang model gini. Dengan kualitas kamera yang seperti itu, paling nggak foto selfie dan foto di Instagram kualitasnya pasti makin oke. Buat dipasang di blog pun juga nggak kalah kece, dibandingkan dengan foto yang dari kamera DSLR atau mirrorless. Ya nggak?

2. Performa Smartphone

Sumpah! Saya paling males sama yang namanya, lambat, lemot, dan lelet. Pernah saya sebel sendiri karena smartphone yang saya pake lambatnya minta ampun. Kalau nggak inget dulu belinya pake banting tulang sana sini, pasti deh itu udah jadi bahan lempar-lemparan. Pun, pada akhirnya smartphone tadi saya pensiunkan dini, karena ganti dengan yang lebih sesuai dengan kebutuhan saya.

Sebagai travel blogger lulusan teknik elektro dan lama berkecimpung di dunia software engineer, saya tahu faktor yang bikin smartphone kenceng. Selain software yang berkualitas, processor dan ram adalah faktor utama yang bisa bikin sebuah smartphone nggak lambat kayak siput.

Syarat smartphone yang enak buat traveling itu ya nggak boleh lemot
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Syarat smartphone yang enak buat traveling itu ya nggak boleh lemot

Sekarang sih, rata-rata smartphone itu punya RAM (Random Access Memory) sekitar 2 GB. Cuma kalau ada smartphone yang RAM-nya 4 GB kayak OPPO F1 Plus, ya bikin mupeng lah. Buka banyak aplikasi di smartphone pasti nggak ada lag dong! Apalagi kalau lagi traveling saya suka buka banyak aplikasi sekaligus.

Mulai dari aplikasi peta seperti Google Maps, beberapa social media seperti Instagram, juga aplokasi untuk edit foto dan video. Sudah bisa dipastikan, smartphone lain dengan ram yang kecil bakal kewalahan untuk traveler yang aktif dengan aplikasi rakus memori seperti beberapa yang sudah saya sebutkan. Jawabannya, ya pake smartphone yang memorinya besar kayak OPPO F1 Plus deh.

3. Daya Tahan Baterai Dan Kecepatan Charging Smartphone

Ketika Traveling biasaya saya lebih sering melakukan kegiatan diluar, daripada berlama-lama di hotel. Yah, kecuali saya sedang pengen santai atau sedang menginap di hotel bintang lima sih. Kalau itu sih, lain lagi ceritanya!

Kembali ke smartphone yang ideal, tentunya smartphone yang daya tahan baterainya lama adalah smartphone yang pas banget buat diajak jalan-jalan. Atau minimal, bisa di charge cepet, jadi nggak pake lama nunggu buat smartphone yang baterainya mau abis itu bisa diajak beraksi selfie sana sini lagi.

Teknologi seperti VOOC Flash Charge di OPPO F1 Plus, yang merupakan teknologi pengisian daya cepat dengan voltase rendah ini memang perlu benget dipunyai setiap smartphone buat traveler. Mengisi daya 0%-75% dalam 30 menit, charge 5 menit bisa untuk teleponan selama 2 jam. Bakal berguna banget kalau lagi traveling, dan cuma punya waktu buat charging smartphone ketika transit. Entah transit di Bandara, terminal bus atau malah di warung kopi.

4. Fitur Selfie

Fitur Selfie Panorama OPPO F1 Plus yang bikin seru, karena bisa buat selfie bareng travel mate dengan sudut yang lebih lebar, 120 derajat
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Fitur Selfie Panorama OPPO F1 Plus yang bikin seru, karena bisa buat selfie bareng travel mate dengan sudut yang lebih lebar, 120 derajat

Nah, ini jaman sekarang kayaknya selfie pas traveling itu udah umum ya. Cuma, kalau selfie dan hasilnya burem-burem nggak jelas kan bikin bete. Apalagi kalau taunya pas pulang dari traveling. Ya masak, harus balik lagi cuma buat selfie? Nggak lucu kan?

Selfie Panorama di OPPO F1 Plus ini yang bikin pengen punya ni smartphone. Soalnya, selfie sendirian itu kadang kurang seru. Nah, fitur Selfie Panorama ini yang bikin seru, karena bisa selfie bareng travel mate dengan sudut yang lebih lebar, yaitu 120 derajat. Kayaknya, dengan sudut pandang yang lebar itu, mau selfie bareng semua member AKB48 kalau pas lagi traveling di Jepang sih, mungkin banget! Iya nggak?

5. Kapasitas Penyimpanan Internal

Biarpun sekarang ini rata-rata smartphone bisa ditambahin memory eksternal, tetapi tetep aja bikin pusing kalau kapasitas penyimpanan internal smartphone-nya imut pake banget. Soalnya, beberapa aplikasi Android itu hanya bisa di instal di penyimpanan internal. Dan, kalau kapasitas penyimpanan internalnya kecil, bakal cepet penuh gak pake lama tuh. Kalau sudah penuh, ujung-ujungnya bikin lemot deh!

Standar saya sih, minimal 16GB untuk memori internal smartphone. Sukur-sukur, punya smartphone yang kapasitas memori internal-nya sampai 64GB kayak OPPO F1 Plus. Nggak bakal bingung smartphone jadi lemot karena kebanyakan install aplikasi. Lha, memori internalnya saja segede gaban gitu. Kalau masih kurang, tinggal beli memori eksternal deh~

6. Desain Smartphone Dan Konektivitasnya

Minimal, smartphone buat traveling itu harus enak digenggam tangan.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Minimal, smartphone buat traveling itu harus enak digenggam tangan

Sebenarnya saya nggak banyak rewel kalau masalah desain smartphone. Tipe smartphone idaman saya adalah, yang nggak terlalu besar, nggak terlalu kecil pula. Ideal lah yang pasti~ Tapi definisi ideal buat tiap orang pasti beda-beda sih. Kalau menurut kalian, OPPO F1 yang berdimensi 151.9×74.3×6.6mm, beratnya cuma 145 gram, pas digenggam tangan itu ideal nggak sih?

Terus, kalau ngomongin konektivitas, sudah pasti minimal 3G atau bahkan LTE (4G) harus ada dong. Terutama untuk yang sering maen ke luar negeri, wajib banget punya smartphone yang support LTE (4G). Atau, minimal 3G biar tetap terkoneksi lancar dengan internet, dan nggak ada masalah ketika mau berbagi pengalaman travelingnya dengan teman di social media. Well,  OPPO F1 Plus ini punya kedua fitur konektivitas ini kok :D gak usah bingung!

***

Nah, kira-kira itu sih, beberapa hal penting yang harus diperhatikan ketika mau beli smartphone buat teman traveling. Jangan sampai salah pilih, karena salah pilih smartphone bisa berujung bete ketika traveling. Entah karena kehabisan baterai smartphone, atau smartphone tiba-tiba lemot ketika traveling.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

25 Responses

  1. aLdyputRa says:

    Nah, bener banget ini mas. Setuju. Kalau suka traveling, wajib punya fitur yang disebutkan :)

  2. Aku ngak suka selfie kak … Trus gimana ??? Hahaha

  3. dzulfikar says:

    siapa tuh yg g suka selfie? :p

  4. nah ya siapa tuh yang di foto selfie itu :D

  5. Foto siapa itu Mas? Siapaaaaa?! ><

    #drama *biardibeliinOppo*

  6. Liza says:

    Aku juga pakai oppo kak, fotonya emang kece

  7. Liza says:

    Kamera oppo emang kece kak. Aku juga pakai oppo

  8. Waks iya banget, ram butuh yg gede, males banget kl mau buka app aja loadingnya lama beut haha!
    Eh itu br tau yg dpn malah lbh gede dr yg blkg pixelnya :o

  9. adventuretrus says:

    thanks for your travel tips,, :)

  10. Mantap nih Oppo F1 Plus, gue juga make..

  11. Diana says:

    Bener banget ni tips, kadang saya juga tidak terlalu memeperhatikan sedetil ini, asal beli handphone aja,,

  12. waoo.. ulasan yang manjlebb mas fahmi.

    bahasa santai. apa yang disampaikan masuk kebenak pembaca untuk segera melakukan action atas yg disampaikan penulisnya..

    top banget pokoknya..

  13. Arstory says:

    Selera memang beda ya, hehe… Kalau aku lebih suka yang ada fitur anti air dan debu biar kalau lagi main ke alam enggak usah khawatir hujan atau kotor. Kalaupun kotor disiram pakai air keras… eh air bersih..

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: