Tips Belanja Kamera Di Akihabara!

Kalian, kalau sampai di Tokyo pertama kali kira – kira apa yang akan kalian lakukan? Kalau saya sih, langsung berbelanja kamera :D. Selain bisa memilih banyak merek, biasanya ada diskon untuk turis yang sedang traveling di Jepang di Akihabara.  Sebaiknya, mulai berburu kamera mirrorles saja kalau kebetulan berada disini. Pertimbangannya kamera mirrorless akan lebih gampang dibawa ketika traveling.

Nah, senangnya di Jepang ada sebuah kota yang memang terkenal dengan toko yang menjual barang – barang elektronik, sebut saja akihabara namanya. Sebelum saya menjelajah jepang lebih jauh lagi, saya akan berburu kamera baru di kota yang jaraknya hanya 5 menit naik kereta dari stasiun Tokyo. Dari stasiun tokyo naik saja jalur Yamanote line yang ke arah Akihabara.

Untuk pergi ke Akihabara, naiklah kereta dan turun di JR Akihabara Station
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Untuk pergi ke Akihabara, naiklah kereta dan turun di JR Akihabara Station

Sebelumnya saya sudah sedikit riset terlebih dahulu harga kamera yang di jual di Akihabara ini. Dan rata – rata harga kamera yang dijual disini memang lebih murah jika dibandingkan dengan yang dijual di Indonesia. Pun ada juga beberapa yang harganya malah lebih mahal ketika saya bandingkan.

Alasan lain kenapa saya lebih memilih membeli kamera di Akihabara adalah karena kualitasnya pasti lebih bagus. Soalnya beberapa kali saya melihat barang yang dijual di Indonesia, meskipun aslinya produk jepang, ada beberapa partnya made in china.

Nah, kalau yang di jual di Akihabara ini kebanyakan adalah asli made in japan. Pun untuk produk – produk yang bukan elektronik, saya masih menemukan tag “made in china”. Sebisa mungkin, saya menghindar untuk membeli produk dari negara yang satu ini. Karena kualitasnya kadang perlu banyak dipertanyakan.

(Baca Juga : Backpacker ke Jepang Itu Mahal, Tetapi Bukan Tidak Mungkin!)

Toko berlabel duty free shop biasanya harganya lebih murah dan ada diskon untuk turis asing
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Toko berlabel duty free shop biasanya harganya lebih murah dan ada diskon untuk turis asing

Berburu kamera di Akihabara itu menyenangkan lho, karena saya tinggal bebas keluar masuk tiap toko untuk mencari harga kamera mirrorless yang paling murah! Lihat-lihat dulu tidak ada masalah, yang penting nanti nemu harga yang paling murah! Dasar orang indonesia ya :p

Setiap kamera disana sudah diberi price tag masing – masing, lengkap dengan besar diskon jika ada. Jangan malu menanyakan apakah ada diskon lagi atau enggak, untuk wisatawan asing. Karena kadang suatu produk memang tidak ada diskon, tetapi kalau coba – coba tanya nanti siapa tahu diberi bonus seperti saya yang diberi tambahan memory card 4 GB secara GRATIS!

Terus jangan terlalu senang juga jika ada kamera atau produk elektronik lainnya dengan diskon yang besar, hingga lebih dari 50 persen misalnya. Tanyakan lagi apakah produk yang di diskon tadi memiliki menu dalam bahasa inggris atau tidak.

(Baca Juga : Backpacking Ke Jepang 13 Hari, Ini Yang Saya Bawa!)

Jangan seperti saya yang terlanjur senang melihat ada kamera yang harganya setengah dari yang di Indonesia. Sudah nafsu banget pengen bungkus dan bayar waktu itu. Untungnya akal sehat saya masih sedikit bekerja, saya menanyakan apakah menu kamera yang sedang diskon tadi ada bahasa inggrisnya atau tidak.

Dan, ternyata enggak kamera tadi nggak ada menu bahasa inggrisnya! Sehingga, akhirnya saya pun dengan terpaksa harus menelan kepahitan. Saya gagal mendapatkan produk dengan harga yang lebih murah. Namun, pada akhirnya saya menemukan kamera dengan harga yang sesuai keinginan saya. Yaitu kamera Sony Nex F3 yang selalu setia menemani hingga sekarang.

Kamera mirrorless Sony Nex F3 yang selalu menemani saya sekarang
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kamera mirrorless Sony Nex F3 yang selalu menemani saya sekarang

O iya, satu lagi yang lebih penting ketika berburu kamera di Jepang, tanyakan apakah kamera yang di jual tadi bergaransi internasional. Karena tanpa garansi internasional, saya akan rugi ketika kamera bermasalah saya tidak bisa klaim menggunakan garansi.

Lalu sebagai orang asing, untuk beberapa barang biasanya kita tidak akan kena pajak ketika membeli di Akihabara. Istilahnya mungkin duty free ya? Tanyakan apakah harga yang tertera di label sudah termasuk pajak atau belum. Karena kalau harga tertera masih termasuk pajak, berarti masih bisa turun lagi setelah dikurangi pajak.

Nah, selamat berburu kamera atau barang elektronik lain di Akihabara ya ^^

Selain berbelanja kamera di Akihabara, kalian juga bisa melihat AKB 48
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Selain berbelanja kamera di Akihabara, kalian juga bisa melihat AKB 48

Jangan lupa berpose di Akihabara juga untuk kenang-kenangan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Jangan lupa berpose di Akihabara juga untuk kenang-kenangan

Ps: seharusnya tulisa ini sudah selesai dari tahun 2013, tapi karena penyakit males nerusin, jadinya baru publish sekarang deh. Dari pada nggak publish, dan tersimpan di draft mulu, sayang dong~ Semoga bermanfaat!

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

22 Responses

  1. Aku mau nya kamera di endorse aja kak, males kalo beli hahaha #kabur

  2. Mas, foto terakhir udah mirip kayak orang Jepang mas :D

    Kamera yang dibeli itu berapa beda harganya dengan yang di Indonesia Mas?

  3. Kang Alee says:

    Kebetulan tgl 29 Nov- 5 Des 2015 mau ke Jepang. Coba ah. Thx infonya Mas

  4. Tau gitu nitip aku, mas hahahhahaha. Oya mas, coba lihat foto pertama cowok yang pake kacamata, itu kok mirip sama foto terakhir ya? Apa satu orang beda jaket saja? hahahhahah

  5. Adhi says:

    Mantep tipsnya mas..
    Complete dan mendetail banget…
    Semoga bisa suatu saat pergi ke Jepang, salah satu negara yg ingin di tuju jika ada kesempatan….

    Yg trakhirnya nyesek banget, ini udah artikel usang tahun 2013.. tp baru di publish 2015..
    2 tahun yak :v.. tp gpp lah masih bermanfaat kok :)

  6. Well-noteeed… Aku belum sampai ke Jepaaang niih :).. Tapi di NYC juga ada toko langganan untuk alat-alat fotografi yang memang lengkapnyaaa minta ampun .. B&H namanyaa.. Seruuu yaaa kalau hunting perlengkapan fotografi memang :)

  7. pas ke jepang ntr itu bertepatan ama ultah suami.. aku pgn nyari jam tangan nih mas… murah jg harusnya kaan.. dia tergila2 ama jam tangan soalnya..

  8. Fery Arifian says:

    waah pasti sempet pake bahasa tubuh bolak balik tuh ya mas kalo ngomong sama mbak-mbaknya yang jagain toko haha

  9. Wahahaha. Kalau aku sih, hal pertama yg bakal aku lakukan saat tiba di Tokyo adalah: foto di persimpangan Shibuya. Pejalan mainstream banget!!!

    Oh, jadi Akihabara itu udah town sendiri ya? Aku kira masih ada dalam wilayah kota Tokyo. Terus, itu cowok jaket biru di foto kedua mirip mas Fahmi :D

    Tipsnya bemanfaat banget! Terutama yg soal menu berbahasa Inggris dan garansi internasional.

  10. Into says:

    Bushet dah..
    Makasi tipsnya mas
    Fotografer kalau ke sini berasa di surga nih,
    Hahaha

  11. Halo mas Fahmi
    Thanks artikelnya yang menarik
    Saya rencana juga mau beli kamera, tetapi sayangnya saya tidak ke Tokyo, hanya seputaran Kansai saja. Kota pertama yang saya tuju adalah Kyoto. Apa ada rekomen tempat jual kamera di Kyoto, duty free, harga murah, banyak bonus/diskon mungkin?
    Mohon infonya. Mungkin boleh dibantu website2 yang dpt saya kunjungi buat bantu research beli kamera disana nanti

    Thanks mas

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: