Snorkeling Di Pulau Menjangan Yuk!

Kalau ada orang bertanya, dimanakah the best snorkeling dan diving spot di Indonesia? Mungkin kebanyakan menjawab Bunaken, Wakatobi atau bahkan Raja Ampat, sementara Pulau Menjangan pasti tidak terpikirkan. Saya pun ingin sekali snorkeling atau diving di Wakatobi atau Raja Ampat. Namun sayang sekali saya belum punya banyak duit untuk mencoba keindahan beberapa tempat snorkeling yang kata orang terbaik di Indonesia tersebut.

Untungnya saya pernah bertempat tinggal di salah satu pulau terbaik di Indonesia, Pulau Bali. Meskipun Bali sendiri bukan tempat terbaik untuk diving seperti Raja ampat, tetapi Bali memiliki spot snorkeling yang cukup wonderful. Utamanya apabila digunakan sebagai pembelajaran sebelum ber-snorkeling atau diving di the best spotnya Indonesia.

Pulau Menjangan , Underwater Heaven In Bali West National Park

Snorkeling Di Pulau Menjangan Yuk! Liat pemandangan bawah airnya yang bisa membuat setiap orang terlena.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Snorkeling Di Pulau Menjangan Yuk! Liat pemandangan bawah airnya yang bisa membuat setiap orang terlena.

(Baca Juga : Menikmati Sepi Di Tepi Barat Pulau Bali)

Sebagai pulau yang menjadi ikon pariwisata Indonesia, Bali memiliki beberapa spot snorkeling dan diving yang cukup menarik untuk dicoba. Sebut saja beberapa tempat yang pernah saya coba seperti Nusa lembongan, Amed, dan terakhir yang menurut saya terbaik pertama spot snorkeling di pulau ini, yaitu Pulau Menjangan.

Terletak di sebelah barat Pulau Bali, Pulau Menjangan menjadi salah satu bagian dari Taman Nasional Bali Barat. Pulau ini menjadi salah satu spot menarik untuk snorkeling dan diving. Seperti kebanyakan spot snorkeling lainnya, lokasi Pulau Menjangan ini cukup jauh dari jantung pariwisata Pulau Bali, Kuta. Kurang lebih memerlukan waktu sekitar 3 jam untuk mencapai titik penyeberangan ke Pulau Menjangan. Tidak disarankan untuk tidak menyetir sendiri agak tidak terlalu capek untuk ber-snorkeling atau diving nantinya.

Labuhan Lalang, Titik Penyeberangan Ke Pulau Menjangan

Semenjak datang di Labuhan Lalang sebagai titik awal penyeberangan, laut biru Pulau Menjangan sudah menggambarkan suasana menyenangkan pulau ini. Pulau yang terlihat dari kejauhan seakan memanggil untuk segera dinikmati keindahannya. Lokasinya tidak terlalu jauh dari bali, waktu yang diperlukan untuk menyeberang ke pulau ini hanya sekitar 30 menit saja.

Asiknya, titik snorkeling di Pulau Menjangan tidak hanya ada pada satu tempat saja, tetapi ada beberapa tempat sekaligus. Kebetulan saya hanya mencoba dua tempat snorkeling saja. Tempat pertama adalah didekat dermaga Pulau Menjangan, tepat di dekat pantainya. Menurut saua, tempat ini sedikit mirip ketika snorkeling di Amed.

Awalnya saya agak heran karena di tepian tidak terlihat terumbu karang, hanya terlihat beberapa ikan yang sengaja bersliweran didekat saya. Tapi semakin berenang ke tengah keindahan bawah laut Pulau Menjangan semakin terlihat. Berbagai macam terumbu karang juga  mulai terlihat, beraneka warna ikan pun mulai bersliweran, seakan mereka mengajak saya untuk bermain – main.

(Baca Juga : 5 Alasan Kenapa Harus Traveling Ke Amed, Bali Timur!)

Bermain – main dengan ikan, menikmati terumbu karang yang bermacam jenisnya di perairan Pulau Menjangan akan membuat lupa waktu. Ditambah lagi suhu perairan Pulau Menjangan tidak terlalu dingin. Jadinya meskipun berlama – lama di dalam air tidak akan menjadi masalah. Yang menjadi masalah adalah anda akan lupa dengan waktu, bahkan saya tidak sadar kalau sudah saatnya berpindah menuju tempat snorkeling kedua. Dari pada harus berenang sendiri ke tempat snorkeling kedua lebih baik saya cepat – cepat kembali ke dermaga saja.

Titik snorkeling kedua terletak tidak terlalu jauh dari spot pertama, hanya saja lokasi snorkeling berada di dekat tebing. Jadinya kapal tidak berlabuh di dermaga seperti di spot pertama. Di tempat kedua ini air terlihat lebih jernih, bahkan terumbu karang bisa terlihat sebelum menceburkan diri ke air. Seperti yang terlihat dari permukaan, pemandangan bawah airnya benar – benar menakjubkan.

Terlebih pemandangan terumbu karang ketika mendekati perbatasan dengan palung laut. Ikan-nya pun lebih berwarna warni dari pada di tempat pertama. Satu lagi yang menarik dari tempat kedua ini, kalau anda penikmat adrenaline rush  mungkin anda bisa mencoba mengapung diatas palung tanpa menggunakan pelampung, atau mencoba free dive di dekat perbatasan palung.

(Baca Juga : Tips dan Trik Backpacking ke Bali)

Pemandangan bawah laut Pulau Menjangan
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pemandangan bawah laut Pulau Menjangan

Lagi – lagi saya terlena dengan keindahan bawah laut Pulau Menjangan , sampai tidak sadar kalau lokasi kapal sudah berpindah dari perhentian awal, dan lokasi pindahnya pun cukup jauh. Karena sudah sedikit capek kembali ke perahu menjadi pilihan saya. Mengingat saya snorkeling tanpa menggunakan pelampung, bisa bahaya nanti kalo sampai kecapekan. Tapi… Baru beberapa meter berenang menuju perahu, saya dikagetkan dengan kemunculan ikan yang cukup besar. Saya tidak tahu jenis nya apa, tetapi sempat terjadi adegan kejar – kejaran dengan si ikan. *semakin capek deh*

Sayangnya manusia dianugerahi dengan dua kaki, bukan sirip jadi sudah jelas siapa pemenangnya. Heheee! Akibat kejar – kejaran tadi pun, rasa lelah semakin terasa. Kembali menuju kapal lebih cepat lebih baik, hari semakin sore, aktivitas snorkeling sebentar lagi diakhiri. Mengingat cuaca yang masih belum stabil, karena masih berada pada musim penghujan. Benar saja dalam perjalanan pulang gelombang laut semakin membesar, untungnya tidak terjadi selama snorkeling.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

17 Responses

  1. Isni says:

    Tanya budjet nyewa perahu+guide+alat dong.trus klo cma b2 ke sana ada ga budjet perahu yg paling murah?thx infony

    • byteeater says:

      hemm kayaknya paling murah 300 ribu, nungguin turis lain aja, bareng2 gitu, bisa share perahu :)

      • Dodik parulian says:

        emang bisa ya bro sharing bareng untuk sewa boat nya? saya pengen juga jajal menjangan neh biar tau kaya apa rasanya…sekarang ada di tulamben… bagus spotnya buat diving .. lumayan untuk newbie
        dari sini lanjut ke amed, lembongan baru menjangan
        di menjangan sendiri apakah banyak guest house/homestay dengan rate dibawah 100k,
        cuma seorang diri masalahnya.
        Mohon pencerahannya bro

        • byteeater says:

          harusnya bisa sih, kemaren dulu itu bareng2 temen kantor. kalau guest house yang 100K kayaknya sulit deh, kalo segitu di poppies lane masih ada sih :)

  2. Venny says:

    Hi byteeater,

    ma kasih banyak untuk tulisan di blog tentang Bali terutama mengenai Pulau Menjangan. Menolong banget selama trip saya dengan suami pertengahan November 2012 lalu.

    Kami jadi menyewa perahu dari Perkumpulan Nelayan Banyu Mandi :)

    Menurutku sampai saat ini, alam bawah laut Menjangan adalah yang terindah. Hehehehe.
    Aku juga belum pernah ke Raja Ampat sih. Paling jauh mentok ke Flores :D

    Keep writing!

    cheers,
    Venny

    • byteeater says:

      hehe, makasih udah baca, seneng kalau bisa membantu :D Kalau raja ampat sih memang mimpi setiap orang kali ya bisa ke situ. Flores, ada rencana pengen kesana, tinggal nunggu timing yang saja :p

  3. m. taufig irfan says:

    Hebat saya takjub dengan menjangan islen….gak kalah sama bunaken dan yang lainnya… apalagi pas masuk goa…..wehhhhh gak ada yang ngalahin.. top markotop

    • Rijal Fahmi Mohamadi says:

      setujuu! tempat favorit buat snorkeling ketika masih tinggal di bali nih XD dan sampai sekarang juga masih jadi terfavorit sih :D

  4. Fotodeka says:

    uwoo, asik nih mas Rijal main ke Menjangan, kalau ke Menjangan bareng marine trip boleh kok :D

    #blogwalking

  5. Yudi Randa says:

    mirip2 koral yang ada di aceh mas, di banda aceh, cukup banyak spot untuk snorkeling. :D

  6. Kadek says:

    Mo nyoba snorkeling ke pulau menjangan bali.

  1. March 2, 2012

    […] Underwater heaven, pemandangan tak terlupakan snorkling di pulau Menjangan […]

  2. March 1, 2013

    […] Underwater heaven, pemandangan tak terlupakan snorkling di pulau Menjangan […]

  3. March 5, 2013

    […] atau diving, nampaknya saya sedang beruntung waktu itu. Meskipun bukan snorkeling spot seperti Pulau Menjangan, atau Amed, ada beberapa bule yang sedang snorkeling di pantai ini.  Saya belum tahu apakah […]

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: