Rancabuaya, Pantai Indah Nan Menawan Di Kota Garut

Banyak orang mengatakan bahwa pantai Rancabuaya merupakan pantai terindah yang pernah ditemukan di Selatan Jawa Barat. Keindahan pantai itu hanya bisa ditemukan di Bali atau tempat lain di luar Jawa. Serombongan wartawan harian Kompas yang melakukan perjalanan Lintas Timur Barat pada 2005, dan suatu ketika melintas di pantai itu, menyebut keindahan pantai di Rancabuaya sebagai “perawan yang tersembunyi”.

Istilah perawan memang cocok untuk menyebut keindahan pantai Rancabuaya. Pertama karena keelokan dan pemandangannya yang luar biasa. Kedua karena tempat itu belum banyak disentuh oleh upaya-upaya pengembangan pariwisata yang intensif, sehingga relatih terjaga keasliannya. Wisatawan yang berkunjung ke tempat ini pun, umumnya wisatawan lokal yang mengetahui keindahan tempat itu dari mulut ke mulut.

Rancabuaya sang “perawan yang tersembunyi”

Pantai Ranca Buaya
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pantai Ranca Buaya

Pantai indah tersebut bisa ditempuh dari Garut melalui jalur Cikajang – Bungbulang – Caringin, yang jaraknya kurang lebih 80 Km. Atau bisa ditempuh dari arah Pameungpeuk melalui jalan Lintas Selatan ke arah Cikelet-Caringin. tanggul untuk menyelamatkan lahan pertanian dan pekampungan dari amukan Cimanuk.

Di daerah hilirnya, seperti di Indramayu, Cimanuk juga dikenal ganas, terutama pada musim hujan. Sungai ini seringkali meluap dan menggenangi ribuan hektar lahan pesawahan. Untuk menanggulangi keganasan Cimanuk, pemerintah telah merencanakan pembuatan bendungan di wilayah Kabupaten Garut, tepatnya di daerah Copong, untuk menampung air Cimanuk supaya tidak menimbulkan banjir di hilir. Namun demikian di beberapa tempat, aliran Cimanuk justru disukai para penggiat olahraga arung jeram. Alirannnya yang deras dan dangkal, menjadi tantangan yang menarik untuk kegiatan olahraga ini.

Berikut beberapa photo dari pantai Rancabuaya :


Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

2 Responses

  1. Abie says:

    Wonderfull. Indah banget. Semoga nanti bisa wisata ke Pantai Rancabuaya dan menikmati “keperawanan” pantai :D

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: