Ngirit Bukan Berarti Pelit, Ini Dia Pusat Belanja Oleh – Oleh Di Bali Untuk Yang Di Rumah!

Jujur saja, saya traveler yang paling jarang bawain oleh – oleh ketika pulang dari traveling. Bukan berarti saya pelit sih, tetapi memang kapasitas tas yang saya biasa pakai ketika traveling itu kecil. Balum lagi kalau saya naik pesawat LCC yang kapasitas bagasi gratisnya hanya sampai 7 KG saja!

Kalaupun terpaksa beli oleh – oleh ketika traveling ke Bali, entah karena kena todong teman, keluarga atau memang sengaja ingin membawakan oleh – oleh khas Bali. Ada empat tempat favorit saya yang pas untuk hunting atau mencari yang namanya oleh – oleh di Bali.

Ke-empat tempat tersebut mempunyai ciri khas dan keunikannya masing – masing. Ada yang terkenal dengan murahnya, ada yang terkenal karena uniknya, dan ada juga yang terkenal karena unik dan murah. Apa sih tempatnya?

Ngirit Bukan Berarti Pelit, Ini Dia Pusat Belanja Oleh – Oleh Di Bali Untuk Yang Di Rumah!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ngirit Bukan Berarti Pelit, Ini Dia Pusat Belanja Oleh – Oleh Di Bali Untuk Yang Di Rumah!

Yak! Tidak salah lagi, ketiga tempat tersebut adalah Pasar Seni Sukawati yang terkenal murah, Poppies Lane rumah para backpacker, Joger yang terkenal dengan kaos bertuliskan kata – kata nyleneh, dan Krisna ini adalah pusat oleh – oleh Bali yang terkenal murah, unik dan… buka 24 jam penuh!.

Pasar Seni Sukawati

Pasar Sukawati tempat belanja oleh-oleh yang terkenal dari dahulu
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pasar Sukawati tempat belanja oleh-oleh yang terkenal dari dahulu

Merupakan salah satu objek wisata belanja pulau Bali yang terkenal murahnya. Kalau menurut saya sih, pasar yang menjadi surganya raja dan ratu tega menawar! Bagaimana tidak, kalau pintar menawar harga bisa jatuh menjadi setengah atau bahkan sepertiga harga aslinya.

Meskipun sebenarnya penjual sudah menaikkan harganya terlbeih dahulu sih. Jadi, gak ada salahnya ketika mau membeli dicoba menawar dengan sepertiga harga aslinya dulu, siapa tahu beruntung mendapatkan barang berkualitas dengan harga yang murah.

Pasar Sukawati sendiri adalah pasar seni yang terletak di Kabupaten Gianyar, Bali dan dapat dicapai dari Kuta dalam waktu sekitar 40 Menit. Sekilas barang yang paling banyak dijual di Pasar Sukawati adalah baju santai untuk digunakan di pantai dan baju batik.

Tetapi sebenarnya pasar ini juga menjual berbagai macam jenis kerajinan seni khas Bali seperti sandal manik-manik, tas, lukisan, patung kayu dan lain – lain. Pasar ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga pukul 18.00 WITA.

Jika ingin mendapatkan harga terbaik sebaiknya datang di waktu pagi hari, atau sesaat setelah pasar dibuka. Biasanya para penjual menganggap hasil penjualan pagi hari adalah penglaris yang akan membawa keuntungan, jadi tawaran dengan harga murah akan lebih sering berhasil di waktu Pasar Sukawati baru saja buka.

Joger Bali

Joger, salah satu tempat belanja oleh-oleh di Bali yang populer
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Joger, salah satu tempat belanja oleh-oleh di Bali yang populer

Siapa yang gak kenal Joger? Mungkin tidak ada ya, setiap orang yang datang ke Bali pasti tahu, Joger adalah satu – satunya toko unik yang menjual kaos dengan kata – kata unik dan nyleneh di Pulau Bali. Singkatnya Jogger Bali adalah pabrik kata – kata unik satu satunya di pulau Bali.

Usut punya usut ternyata nama jogger ternyata diambil dari perpaduan nama sang pemilik dan sahabat karibnya, yaitu Joseph Theodorus Wulianadi dan Mr.Gerhard Seeger. Dari gabungan keduanya kemudian disebutlah dengan nama Joger.

Ada orang yang bilang kalau Joger itu mahal, tapi sebenarnya ada beberapa tingkatan harga yang di jual di Joger. Ada barang dengan harga murah, sedang dan mahal. Tentunya tiap tingkatan harga akan sesuai dengan kualitas bahan dari barang yang dijual.

Menurut saya jogger memang tidak terlalu mahal, kecuali jika secara tidak sadar memborong semua barang unik yang dijual di Jogger. Yang namanya barang murah bisa jadi mahal juga, karena kebanyakan belinya. Hehe!

Sampai sekarang jogger hanya memiliki dua cabang, meskipun tidak dianggap sebagai cabang, tetapi TEMAN (Bukan Cabang, Tapi Sekadar Tempat Penyaman). Joger Yang paling dekat berada di Jalan Raya Kuta, Denpasar, Bali dan Cabang yang sedikit jauh berada Jalan Raya Denpasar Km 37,5, Bedugul, Bali –Indonesia.

(Baca Juga : Joger Rush Hour!)

Krisna Pusat Oleh – Oleh Bali

Krisna buka 24 jam untuk yang ingin beli oleh-oleh di Bali kapan saja
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Krisna buka 24 jam untuk yang ingin beli oleh-oleh di Bali kapan saja

Jika yang lain terkenal karena keunikan dan harga murahnya, maka Krisna Bali bisa terkenal karena keduanya. Krisna Bali menempatkan dirinya sebagai pusat oleh – oleh terbesar di Bali dengan konsep toko oleh – oleh yang buka 24 jam.

Harapannya sih setiap orang yang ingin beli oleh – oleh ketika mau keluar dari bali bisa membelinya setiap saat. Entah siang, pagi ataupun malam, karena itu jika terpaksa harus terbang malam, beli oleh – olehnya pasti di Krisna.

Sampai sekarang ada beberapa cabang pusat oleh – oleh krisna ini, beberapa ada di denpasar. Tetapi cabang yang besar dan luas ada di dua tempat, yaitu di Jalan Sunset Road Kuta – Bali, dan Jalan Raya Tuban Kuta – Bali. Krisna yang berlokasi di Jalan Raya Tuban lebih dekat ke bandara, sekitar 5 menit perjalanan saja. Karena lokasinya yang paling strategis, cabang yang terletak di dekat bandara ini selalu rame oleh pengunjung lokal atau wisatawan mancanegara.

Seperti halnya Joger dan Pasar seni sukawati, pusat oleh – oleh Krisna bali juga  menjual berbagai macam pakaian dan kerajinan tangan. Kaos unik yang bermotifkan unik, menggambarkan kehidupan sehari – hari bali juga dijual disini. Harganya tidak terlalu mahal sih, masih berkisar 20 ribuan. Jadi untuk budget traveler pun belanja di Krisna Bali tidak akan terlalu menguras kantong.

Selain pakaian dan kerajinan tangan, Krisna Bali juga menjual berbagai macam oleh – oleh yang berupa makanan. Seperti salak bali, dodol kering, pie susu, macam-macam keripik, ceker garing dan bermacam kue kering. Uniknya, saya juga menemukan beberapa makanan yang bukan khas dari Bali di jual di Krisna. Yah, mungkin karena Bali sendiri merupakan pulau yang sudah terkenal di dunia internasional, jadi sekalian promosiin makanan khas daerah lain kan?

Pasar Sukawati, Joger ataupun Krisna, semuanya menyediakan oleh – oleh khas bali dengan harga yang terjangkau, selamat berburu oleh – oleh!?

(Baca Juga : Banyak Jalan Liburan Ke Bali!)

Poppies Lane

Poppies Lane juga tempat belanja oleh-oleh di Bali yang asik
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Poppies Lane juga tempat belanja oleh-oleh di Bali yang asik

Mungkin yang namanya Poppies Lane ini jauh lebih terkenal sebagai pusatnya penginapan ala backpacker yang murah di Bali. Memang yang namanya Poppies Lane ini terdapat banyak penginapan murah untuk para backpacker. Lokasinya nggak jauh dari Pantai Kuta juga membuat tempat ini selalu ramai siang dan malam.

Nah, karena tempatnya ramai, ada banyak toko oleh-oleh yang berjualan di Poppies Lane. Mulai dari oleh-oleh seperti baju, celana pantai, hingga beberapa ukiran dan kerajinan juga bisa ditemukan disini. Namun, jika mau belanja oleh-oleh di Poppies Lane, pastikan bisa menawar harganya ya!

Karena, jika terlihat terlalu “turis banget” yang nggak ngerti harga, harga jual yang dikenakan pasti akan cukup tinggi. Pun, kualitas barang yang dijual di Poppies Lane ini cukup bagus kok! Pada tahun 2010, saya pernah beli kaos oblong yang nyaman disini sekali. Sampai sekarang ini (tahun 2015), kaos tersebut masih sering saya pakai tanpa robek, meskipun warnanya sudah sedikit pudar.

(Baca Juga : All About Poppies Lane Kuta Bali!!)

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di catperku@gmail.com. Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

35 Responses

  1. Kang Alee says:

    Belanja di Krisna puas banget

  2. Joger! I love it.
    kata katanya sih yang aku suka. mau nyari satu buatan joger yang sampe sekarang belom pernah ketemu. hih

  3. Biasanya abis dari Joger lanjut ke Krisna naik angkot :-D

  4. dani says:

    Pas ke Krisna dong saya kalap mas. Hahaha. Murah-murah sih tapi dompet jebol juga. ????????????

  5. irfanifan says:

    krisna udah paling juwara sih kalau soal belanja oleh oleh di bali

  6. Cuma Poppies Lane yang belom pernah, cuman lewat doank. Parkiran Tanah Lot kayaknya juga murah2 disana…

  7. Aku ngak suka belanja oleh2, mending duit nya buat jalan2 berikut nya aja

  8. nuzulul says:

    Poppies Lane Legian tuh surganya backpacker, karena hotel2nya sangat terjangkau kantung. Seminggu yang lalu, saya dapat hotel gratis. :D

  9. Di Krisna lumayan lengkap, waktu itu sempet belanja disini hehe

  10. Akuh belum pernah ke balii mas fahmi, pilunya hatikuuu…

  11. fav ku sukowati ama poppies lane sih.. krn bisa nawar ;p… itu suami paling tega kalo udh nawar barang, kdg aku jd malu sndiri hihihi… Yg paling aku inget pas ke poppies lane, kita tuh nyari kaos pesanan org, yg aku rada lupa sih dulu modelnya gmn.. yg pasti si penjual ngajakin kita k tempat mirip rahasia gitu, masuk2 k dlm lorong, sampe kita curiga dia org jahat.. trnyata kita dibawa ke semacam tempat tersembunyi, yg isinya feelingku sih baju2 selundupan :D… hahaha, berasa kyk dealing narkoba tau mas… si penjualnya jg takut2 gitu, mungkin dikira suamiku intel kali ;p

  12. Mending beli di pasar seni gitu daripada di krisna buat sejahtera warga lokal ~

  13. Adhi says:

    Saya sebagai orang Bali belum pernah beli di ketiga tempat belanja oleh-oleh khas bali itu…
    Nyesek jg yah :)..

  14. ihwand says:

    saya baru tau yang Popies Lane itu Mas. Di antara ketiga tempat lainnya saya prefer Pasar Seni Sukowati dan Krisna. Di Sukowati bisa dapat harga yang murah dengan kualitas yang bagus, kalo di Krisna pilihannya buanyak sampai bingung saya :D

  15. oki says:

    Untuk harga pakaian santai brapa y om, kayak baju tanpa lengan gitu sama clana pendek ?

  16. imay says:

    Alhamdulilah saya puas belanjan oleh dibali di erlanga karna smua dsna lengkap hrganya jgu murah lbih murah lgi dari krisna,,moga scpatnya bisa shoping ksna lgi xixixi,,,

  17. mangku giweng says:

    pasar seni sukawati tetap yang paling murah, apalagi bisa tawar menawar

  18. Ai zakiyah says:

    Baru punya rencana ke Bali. Tandain dulu… Pasar seni kayaknya Oke

    Kalau yanh jual sabun2 karakter itu dimananya yah mas?

  19. Mydaypack says:

    jadi pengen pie susu bali

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: