Pulau Sangalaki, Turtle Paradise Di Kalimantan Timur!

Pulau Sangalaki adalah salah satu pulau yang menjadi andalan di Kepulauan Derawan. Selain Pulau Kakaban dengan Ubur-Ubur lucunya yang nggak menyengat tentunya :). Memang, disekitar Pulau Sangalaki ini terkenal dengan banyak area menyelam dengan pemandangan underwater yang begitu… Aduhai!!

Yah, itu sih testimonial dari para diver yang sudah pernah menyelam disekitar Pulau Sangalaki sih. Buat yang bukan diver seperti saya, Pulau Sangalaki ini masih sangat menarik kok. Pasir pantai di sekitar pulau ini berwarna putih bersih, dan pasirnya terasa halus di kaki.

Garis pantai Pulau Sangalaki juga begitu landai, sangat nyaman untuk bermain air ataupun berenang. Snorkeling juga memungkinkan karena ketika sebelum berlabuh di pantainya, kemarin saya sempat melongok ke bawah perahu, dan terlihat karang-karang masih tertata rapi, alami dan indah lengkap dengan ikan-ikan yang berkeliaran.

Pasir pantai di sekeliling Pulau Sangalaki Kepulauan Derawan ini memang cocok untuk bertelur para penyu
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pasir pantai di sekeliling Pulau Sangalaki Kepulauan Derawan ini memang cocok untuk bertelur para penyu

(Baca Juga : Nggak Perlu Banyak Mikir! 5 Alasan Ini Bisa Meyakinkan Kalian Untuk Segera Liburan Ke Kepulauan Derawan!)

Nggak suka menyelam, kalian bisa bersantai di Pantai
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Nggak suka menyelam, kalian bisa bersantai di Pantai

Atau berang-renang lucu di dekat Dermaga Pulau Sangalaki juga bisa
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Atau berang-renang lucu di dekat Dermaga pulau ini juga bisa

Sangalaki yang luasnya hanya belasan hektar ini bisa ditempuh selama kurang lebih 1 jam naik speedboat dari Maratua Paradise Resort tempat saya menginap selama di Kepulauan Derawan. Kalau dari Pelabuhan Tanjung redeb, saya kurang tahu sih berapa lama. Pulau ini tidaklah terlalu besar, sehingga untuk berkeliling sepenuhnya, nggak akan memakan waktu lebih dari satu jam.

Sayang saya nggak berkesempatan untuk menginap di Pulau Sangalaki, pun sebenarnya di Sangalaki ini terdapat sebuah resort dengan beberapa cottage yang bisa dimanfaatkan untuk menginap. “Harganya IDR 1.250.000 per/orang,per/malam, untuk menginap di Sangalaki Manta Paradise” Kata bapak-bapak yang juga seorang staff resort. Saya memang penasaran, berapa harganya. Karena mungkin saya akan kembali berkunjung ke Pulau Sangalaki lagi.

Saya berkunjung ke Pulau Sangalaki kali ini bersama tim Daihatsu Terios 7 Wonders yang melakukan CSR di Pulau Sangalaki. Selain itu saya juga berkesempatan untuk bertemu dengan para tukik yang kebetulan akan dilepas pada malam harinya nanti. Mereka terlihat begitu lucu, namun saya selalu heran, kenapa banyak juga yang suka mengganggu para tukik super lucu itu.

Kondisi pasir pantai yang halus di Pulau Sangalaki memang tempat yang sempurna untuk tempat bertelur ibu Penyu. Karena itu status Pulau Sangalaki adalah Taman Wisata Alam, tempat wisata sekaligus tempat para penyu kembali ke darat untuk bertelur di wilayah Kepulauan Derawan.

Ini juga yang menyebabkan Daihatsu Indonesia terdorong untuk melakukan CSR, memasang beberapa papan informasi yang beberapa isinya adalah himbauan untuk melestarikan para Penyu yang ada di dunia umumnya dan di Pulau Sangalaki khususnya. Yah, biar makin banyak yang tahu ya, kalau penyu itu binatang lucu yang harus dilestarikan!

Diantara yang lainnya, Pulau Sangalaki ini memang merupakan sebuah pulau indah tak kalah dari pulau lain yang berada di Kepulauan Derawan seperti Pulau Kakaban, Pulau Maratua, Pulau Derawan, dan lain-lainnya. Selain itu, misalnya saya punya waktu lebih banyak disini, saya akan bisa juga bertemu dengan sekelompok ikan Manta yang biasanya menari-nari indah di dalam laut disekitar Pulau Sangalaki.

Sayangnya, karena saya dan Tim Terios 7 Wonders yang lain harus segera menuju Pulau Kakaban untuk berenang lucu bareng Ubur-Ubur, saya harus ikhlas meninggalkan pulau ini setelah makan siang. Sedih sih, tapi mau gimana lagi…

(Baca Juga : Danau Kakaban Di Pulau Kakaban, Sang Primadona Kepulauan Derawan!)

Kalau cerah, air lautnya pasti berwarna biru banget!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kalau cerah, air lautnya pasti berwarna biru banget!

Dear Sangalaki, suatu saat kita pasti bertemu lagi! ;)

Titik Penyelaman Yang Ada Di Pulau Sangalaki

Pulau Sangalaki dengan titik-titik penyelamannya yang terkenal :

  1. Channel Entrance
  2. Coral Gardens
  3. Turtle Town
  4. Sandy Ridge
  5. Manta Run
  6. Sherwood Forest
  7. Manta Parade
  8. Manta Avenue
  9. Eel Ridge
  10. Lighthouse dan
  11.  The Rockies.

(Baca Juga : Gua Haji Mangku, Pelipur Lara Kegagalan Berkunjung Ke Labuan Cermin)

Tips Liburan Ke Pulau Sangalaki

  1. Seperti diketahui, Sangalaki ini berada di Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Untuk itu, cara terbaik menuju kesini adalah dengan adalah naik pesawat menuju Kalimantan Timur. Biasanya dari Jakarta untuk menuju ke Berau, pesawat akan transit di Balikpapan terlebih dahulu dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 51 menit.
  2. Pilihan tempat menginap ada banyak. Kalian bisa menginap di resort yang ada di Sangalaki atau menginap di pulau lain seperti Pulau Derawan atau Pulau Maratua dengan Maratua Paradise Resortnya. Jika ingin menikmati suasana Kepulauan Derawan yang menyenangkan, bisa menginap di Maratua saja. Jika tidak ingin langsung menuju ke Sangalaki, bisa juga menghabiskan satu malam di Tanjung Redeb terlebih dahulu.
  3. Untuk menuju Sangalaki bisa dari Pelabuhan Tanjung Redeb atau Pelabuhan Tanjung Batu. Jarak tempuh paling dekat adalah dari pelabuhan Tanjung Redeb.
  4. Ambillah uang tunai ketika masih berada di kota besar, bisa di Balikpapan, di Jakarta atau setelah sampai di Berau. Karena di Kepulauan Derawan, tidak akan ditemui mesin anjungan tunai mandiri atau ATM.
  5. Sebaiknya membawa kamera yang bisa digunakan ketika snorkeling (camera underwater). Tentunya kamera underwater ini akan sangat berguna ketika sedang snorkeling atau diving di Sangalaki. Apalagi daya tarik pulau ini memang kehidupan bawah airnya yang memukau. Tentu selain penyu-penyu lucu yang bisa ditemui juga di sini.
  6. Ada beberapa etika berwisata di alam yang penting untuk diingat! Sebaiknya ketika bertemu dengan makhluk atau hewan lain seperti penyu dan yang lainnya, jangan diganggu. Biarkan saja mereka, menikmati dengan mengamatinya sudah lebih dari cukup. Tidak perlu memegang dan mengganggunya. Berhati-hati juga ketika snorkeling, usahakan untuk tidak menginjak karang yang ada.
  7. Jangan buang sampah sembarangan, karena keberadaan Pulau Sangalaki ini harus tetap terjaga agar yang lain tetap bisa menikmatinya sampai kapanpun. Tenty nggak ingin kan kalau anak cucu kita nanti hanya mendengar cerita saja, karena pulau ini rusak akibat sampah :)

Papan Informasi Di Taman Wisata Alam Pulau Sangalaki, CSR Dari Daihatsu Indonesia

Papan selamat Datang CSR dari Daihatsu Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Papan selamat Datang CSR dari Daihatsu Indonesia

(Baca Juga : 7 Kegiatan Seru Di Pulau Maratua Ala Catperku!)

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

30 Responses

  1. Rico Sinaga says:

    Seolah di bawa ke pulau Menjangan. Anyway, foto2 nya instagramable kak, hits :)

  2. wuaaahhh pengnapannya bagus bgt apa mas? Lumayan juga tuh harganya, 1.2jt per orang pula,,

  3. Pantainya bersih ya… dan warna airnya yang biru..duh saya suka…saya suka.. bagus :)

  4. Langitnya masih berkabut yah.
    padahal kalau langitnya biru, semakin keren tuh.

    Pulau Sangalaki sebagai tempat pelestarian penyu. berharap dengan banyak pengunjung yang datang tidak malah mengganggu habitatnya.

  5. Agung Rangga says:

    lho, penyu-penyunya sedang tidak ada di pulau kah? Hehe~ :))
    tapi pantainya bersih dan indah banget ya mas! :D

  6. Achmad Fazri says:

    Saya sangat suka sekali panorama pantainya… bersih sekali… untuk pecinta Snorkeling dan Diving sangat disarankan untuk mengunjungi puau sangkali karena banyak titik penyelaman… tempat penginapannya lumayan juga,

  7. iman says:

    Kalau seorang diver nih, pasti langsung kepengen mau ke sini. Tapi saya cuma penikmat alam saja, dan pemandangannya juga luar biasa. Ngomong-ngomong di Kalbar juga ada daerah yang namanya Tanjung Datuk, desa temajuk dekat perbatasan Indonesia – Malaysia, tempatnya juga keren dan ada penangkaran penyunya. Mungkin kapan-kapan coba kesana, atau jangan-jangan udah pernah?

  8. Firman says:

    Pengen deh main2 ke sana, mengenal lebih jauh tentang binatang unyu-unyu itu. Mari lestarikan penyu! :D

  9. kresnoadidh says:

    Wuiiiih emang keren. Sayang gak bisa lama-lama di sana yaa. Main sama tukik kayaknya seru. Masih pols-polos gitu. Kalo diinjek masih bisa mejret ya? Hahahaha. \:D/

  10. Kalo liat orang jalan-jalan, rasanya gatel pengen angkat kaki dari rumah, tapi masih punya banyak amanah di sini. Suatu saat deh insya Allah.

  11. Kak … dari pada ngak bisa menyelam di sangalaki, mending selami hati ku aja hahaha

  12. Kepengen kesanaaaa.. Pengen nyobain tidur didalem cottage yang diatas pasir putih itu :D

  13. Yoga Purnama says:

    pantainya emang sepi gitu ya mas suasanya, emang gak ada pengunjung lain???

  14. Bagus kak,, sayang ga ada foto tukiknya ya… Duh duh semoga pas main kesana, pas juga tukiknya muncul huihuihui

  15. Wadiyo says:

    Menarik banget baca artikel tentang jalan-jalan.
    sayangnya umur sudah paruh baya + tanggungan banyak.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: