Pulau Padar Memang Cetarr!

Pulau Padar, adalah salah satu pulau di Kawasan Taman Nasional Komodo yang belakangan ini semakin ngehits. Wajar saja, belakangan ini saya tidak jarang menemuinya muncul secara di feed akun Instagram saya lengkap dengan hastag #pulaupadar. Pemandangannya yang ciamik, membuat Pulau Padar ini menjadi salah satu lansekap di Flores yang begitu Instagram-able.

Meskipun pulau ini adalah pulau terbesar ketiga yang ada di Kawasan Taman Nasional Komodo setelah Pulau Komodo dan Pulau Rinca, Pulau Padar memang agak terlambat dikenal. Dahulu, Gili Laba, Pink Beach dan beberapa destinasi di Flores lainnya jauh lebih banyak disebut-sebut.

Namun, karena sering muncul di Instagram, dan mulai banyak disebut, nama Pulau Padar sekarang ini kian naik daun. Bahkan sepertinya hampir setiap orang yang berkunjung ke Flores, pasti berkeinginan untuk mengabadikan diri di salah satu puncak bukit Pulau Padar. Saya adalah salah satunnya,  orang berkeinginan agar bisa menginjakkan kaki di pulau yang kece badai ini.

Gili Padar, Top Destinasi Indonesia!

Akhirnya sampai di salah satu puncak bukit Pulau Padar!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Akhirnya sampai di salah satu puncak bukit Pulau Padar!

Saya memang sedang beruntung, tidak begitu lama keinginan saya untuk selfie di puncak bukit Pulau Padar terwujud. Kemarin, saya diajak oleh Kementrian Pariwisata Indonesia untuk ikut meramaikan campaign #INATopBucketList, bersama beberapa Travel Blogger Indonesia dan Blogger Internasional. Campaign ini adalah dalam rangka mempromosikan beberapa top destinasi wisata di Indonesia. Flores dengan Pulau Komodo dan juga Pulau Padar tentu masuk ke dalam list top destinasi wisata Indonesia dong!

Biasanya jika ingin berkunjung ke Gili Padar harus mulai berlayar dari Labuan Bajo. Namun karena kemarin saya baru dari Pulau Komodo, saya menuju Gili Padar setelah renang-renang lucu di Pink Beach. Memang dari Pink Beach ini letak Gili Padar tidak begitu jauh lagi.

Perahu bersandar di Pulau Padar, nun jauh di bawah.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Perahu bersandar di Pulau Padar, nun jauh di bawah.

Iya, pulau yang memiliki pemandangan super kece ini letaknya tak jauh dari Pulau Rinca yang hanya dipisahkan oleh Selat Lintah. Menuju Pulau Padar dari Pink Beach dengan naik speed boat sendiri hanya akan memerlukan waktu sekitar 40 menit saja. Jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan berangkat dari Labuan Bajo yang akan memakan waktu 2-3 jam, tergantung perahu yang digunakan.

Pulau Padar ini tidak dihuni oleh sang Naga Komodo. Jadi trekking menuju puncaknya pun cukup aman. Pulau ini juga masih termasuk ke dalam Situs Warisan Dunia UNESCO bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Rinca dan Gili Motang. Wajar saja, karena memang lokasinya masih berada dalam wilayah Taman Nasional Komodo. Daya tarik utama dari Pulau Padar adalah pemandangan lansekap dari bukitnya yang begitu menawan.

Trekking ke puncak akan memerlukan banyak tenaga
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Trekking ke puncak akan memerlukan banyak tenaga.

(Baca Juga : 5 Pantai Di Sumbawa Barat Ini Bisa Banget Bikin Saya Hepi!)

Namun perlu diingat, untuk menuju puncak pulau ini memerlukan perjuangan yang tidak gampang. Dari tempat bersandar perahu, hingga menuju puncak bukit di Pulau Padar memerlukan waktu kira-kira 15-20 menit trekking dengan jalur menanjak. Beberapa jalur bahkan berupa tanjakan lebih dari 45 derajat. Untuk yang kurang berpengalaman biasanya akan memerlukan waktu lebih lama.

Apalagi tidak ada tangga atau tali pengaman di jalur menuju puncak bukit Gili Padar. Jadi sebaiknya ketika trekking menuju puncak Gili Padar harus dilakukan dengan sangat berhati-hati. Sebaiknya menggunakan sepatu khusus mendaki, karena jalur trekking cukup licin, berdebu dan bahkan berbatu. Salah memakai sepatu, kemungkinan jatuh terpeleset akan semakin besar.

Namun percaya deh, usaha yang dilakukan untuk mendaki salah satu bukit di Gili Padar akan terbayar! Dari ketinggian bukit Gili Padar akan terlihat lansekap daratan khas Flores yang berbukit-bukit, sedang dihimpit dua teluk dengan air yang begitu jernih.

Percaya deh, siapapun yang berkunjung ke Pulau Padar hatinya pasti bergetar ketika melihat keindahan alam Indonesia yang tiada duanya ini!

(Baca Juga : Cerita Tentang Senja Di Tanah Sumbawa)

Tips Berkunjung Ke Pulau Padar :

Senyum dulu biar kuat nanjak sampai puncak bukit Gili Padar :D
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Senyum dulu biar kuat nanjak sampai puncak bukit Gili Padar :D

  1. Jangan gunakan sandal! Gunakan sepatu anti selip, karena jalur menuju puncak Pulau Padar begitu licin dengan kemiringan tanjakan yang cukup ekstrim.
  2. Waktu terbaik mengunjungi Gili Padar adalah pagi hari, siang hari dan sore hari menjelang sunset. Datanglah pagi hari adalah ketika ingin berfoto dengan latar belakang laut yang begitu biru, sementara datanglah sore hari ketika ingin berfoto dengan latar belakang sunset di Pulau Padar. Saya sendiri kemarin datang ketika sore hari menjelang matahari terbenam.
  3. Membawa hiking stick akan sangat membantu kestabilan naik ke atas bukit Gili Padar. Kemarin saya memang tidak membawa, tetapi di tengah jalan saya menemukan kayu sebagai penambah kestabilan selama perjalanan naik dan turun bukit.
  4. Karena tidak ada public boat untuk menuju ke Gili Padar, sebaiknya ikut open trip ke Pulau Padar saja. Soalnya kalau bayar sendiri sudah pasti mahal, daripada jika ikutan open trip atau pakai paket tour. Pastikan saja paket tour atau travel yang diikuti memang memiliki tujuan ke Gili Padar.
  5. Bawa payung atau topi untuk menutupi kepala ketika berkunjung ke Gili Padar, karena panas matahari ketika siang hari akan begitu menyengat.
Pemandangan menjelang sunset dari atas Gili Padar.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pemandangan menjelang sunset dari atas Gili Padar.

(Baca Juga : 5 Pantai Dengan Pemandangan Sunset Terbaik Di Bali)

Perjalanan ini disponsori penuh oleh Kementerian Pariwisata Indonesia (indonesia.travel). Kalian bisa melihat foto-foto perjalanan ini di akun social media seperti Twitter @catperku dan Instagram @catperku dengan hashtag #PesonaIndonesia #SaptaNusantara #INATopBucketList

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

53 Responses

  1. Aih cakeeeepppp banget ya pas sunset. Moga kesampaian kesana secepatnya. Amin :D

  2. angkisland says:

    uwowww…. nie spott makin tenar aja ya mas hehe.,… mantap….

  3. Dian R says:

    Salah satu destinasi impian niih…

  4. Viewnya bikin merinding kakak

  5. Gara says:

    Pemandangannya cetar membahana! Tapi ya, sebagaimana hukum alam, pemandangan secetar itu pasti datang dengan kesulitan yang membahana juga ya Mas… gila, itu kalau jatuh dari ketinggian sebegitu seram juga yak. Ah tapi pemandangannya mengagumkan sekali… betul Tuhan memberi hadiah yang sepadan, sangat sepadan!

  6. Agus says:

    begh,, bener2 tempat yg keceh, semoga bsa kesana..

  7. sutiknyo says:

    Kerennnnn…pengen dong ksana kak? mahal gak kesana?

  8. Titis Ayuningsih says:

    Berenang” lucu itu kaya gimana Mas? Hahahaha. Langsung save link semoga kesampaian kesana juga

  9. Pulau padar memang keren, salah satu tempat yang pengen banget yang saya datangi.

  10. Halo Pulau Padar hehehhe, pertama dengar nama pulau ini beberapa tahun lalu waktu pulang ke Karimunjawa, ada orang cerita pengalamannya ke sini :-)

  11. Halida A. says:

    Foto2nya keren, bikin pengen ke sana!
    Hah.. butuh berapa thn utk mengelilingi keindahan Indonesia yg ga ada habisnya ini.

  12. Arie Okta says:

    Kereeeen, tapi kalau kepeleset ngeri juga ya…

  13. iwcaksono says:

    pemandangannya aduhai yaaa..
    mungkin kalau pas rumputnya lagi ijo, bisa terlihat lebih seger yaaa

  14. ara says:

    pemandangannya bagus mas yang di foto awal itu di bagian bukit atau gunung itu ya. sebelah-sebelahnya danau atau laut itu mas
    saya terkesan lihatnya keren banget

  15. Kresnoadi DH says:

    Anjirrr kayak di film-film. Ah 15-20 menit mah cups. Gue juga mau aaaah (asli ini belagu abis). :))

  16. Asik epik! Ini Indonesia.. Top Mas Fahmi. Terus berbuat seperti ini buat Indonesia, dan membuat orang ‘teracuni’ untuk melakukan perjalanan seperti yang mas Fahmi lakukan :D

  17. Lusi says:

    Suka & ngiri lihat foto2 alam yg bagus gini. Sayang, nggak bakal mau trekking, bisa anfal asmaku hehee

  18. Inggit e says:

    Pas sunset, keren! :(

  19. Alris says:

    keceh pisan nih tempat.

  20. Dimas Aditya says:

    Indah sekali. Pulau Komodo udah jadi #INATopBucketList saya dari dulu. Sayang, belum kesampaian ke sana. :((

  21. Bahhh// ini keterlaluan kerennya.. Huft!

  22. Riz Altaf says:

    Cita-citaku yg belum tercapai… hiks

  23. Rifqy Faiza Rahman says:

    Keren ya Pulau Padar, unik dan khas rupanya, dulu ndak sempat ke sini, selain karena ndak ada uang lebih, juga disuruh menginap di Komodo 4 malam :D

  24. Keren perginya diundang Kemenpar ya..kapan yah bisa bgtu..hehehe..berharap bisa ikutt :-D

  25. Akhirnya ketempat cetar ini juga *checked

    • Ricky Rosario says:

      mas bro, both of you, ada kontak yg bisa dihubungi ga? mau tanya2 nih, rencana mau one day trip sailing di sana

  26. Edward Felix says:

    Pengen kesana tpi ga tau travel nya mas…
    Mohon info nya klau tau…

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: