WHV bisa berarti Working Hard Visa, Tetapi Selalu ada Waktu Buat Berlibur dan Menikmati Pantai Di Sydney! Dan.. Ini Dia Pantai Favorit Saya Untuk Menghabiskan Liburan Di Sydney

Meraup dollar di Australia sepertinya menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian pemegang visa WHV dari Indonesia. Tak jarang beberapa dari mereka, para pejuang WHV yang sengaja menghabiskan sebagian waktunya di Australia dengan bekerja sekeras mungkin dari pada berlibur sebanyak mungkin.

Harapannya… Mengumpulkan uang sebanyak – banyaknya, untuk kemudian mewujudkan mimpinya masing-masing. Saya pun sebenarnya juga begitu, bersemangat untuk meraup dollar, demi jalan-jalan lebih lama tahun depan. Tak lupa untuk upgrade beberapa gadget pendukung pekerjaan saya sebagai travel blogger.

Namun buat saya, namanya Working Holiday Visa itu ya harus tetap ada porsi liburanya dong! Meski hanya sejumput saja. Yah, minimal saya masih bisa menikmati beberapa tempat liburan yang tersebar di Sydney dan sekitarnya. Apalagi, sebagai kota pelabuhan, tentunya banyak pantai menarik yang bisa saya kunjungi di pesisir sekitar Kota Sydney.

Iya, pantai itu memang selalu menjadi tempat liburan favorit saya dari sejak tinggal di Bali beberapa tahun lalu. Pantai di Sydney juga ada banyak yang asik buat liburan. Udaranya segar, dan menjangkaunya nggak perlu menghabiskan banyak tenaga dan biaya. Apalagi pada akhir pekan saya sudah bisa menikmati kereta dan bus gratis untuk liburan keliling Sydney!

Kerjaan saya di Sydney cuma ngejar burung camar di Manly beach saja? Eh, enggak juga deh :D
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kerjaan saya di Sydney cuma ngejar burung camar di Manly beach saja? Eh, enggak juga deh :D

Nggak perlu lagi deh, keluar biaya transportasi untuk meikmati pantai di Sydney yang keren-keren itu di akhir pekan. Rasa penat dan capek bekerja selama weekday juga bisa langsung hilang kalau liburan ke pantai-pantai yang ada di sekitar Sydney. Entah sekedar melihat burung camar terbang bebas di pantai, atau… melirik mbak-mbak bule yang asik berjemur dengan bikini.

Well, anyway, ini dia beberapa pantai favorit saya untuk menghabiskan liburan di Sydney. Sampai masa berlaku visa saya habis, daftar pantai ini kemungkinan masih akan bertambah ya :) Jadi stay tune selalu di catperku!

1. Palm Beach

Palm Beach ini adalah salah satu pantai di Sydney yang mengingatkan saya dengan Kota Hakodate
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Palm Beach ini adalah salah satu pantai di Sydney yang mengingatkan saya dengan Kota Hakodate

Palm Beach ini adalah salah satu pantai di Sydney yang bentuk lansekapnya mengingatkan saya dengan Kota Hakodate yang ada di Pulau Hokkaido. Posisinya yang berada di semenanjung, di ujung Barrenjoey road ini sedikit mirip dengan kota Hakodate yang ada di Jepang.

Pun, Palm Beach ini tidak dikepung dengan rumah dan gedung seperti pantai yang saya temui di Hakodate. Palm Beach ini adalah sebuah pantai berpasir putih, garis pantainya membentang kira-kira sepanjang 2 km dengan ombak yang relatif tenang. Ketika saya berkunjun ke pantai ini, saya sempat melihat beberapa surfer yang sedang mengasah kemampuannya disini.

Yang saya sukai dari Palm Beach ini nggak cuma pantainya saja yang asik untuk bersantai. Namun disini juga ada sebuah bukit dengan pemandangan ciamik, lengkap dengan sebuah bangunan mercusuar diatasnya. Mercusuar tadi dikenal dengan nama Barrenjoey Lighthouse, yang selesai dibangun pada tahun 1881. Jadi umur mercusuar ini berapa tahun ya sekarang?

Menyenangkannya, dengan bayar 5 AUD saja, saya bisa masuk ke dalam mercusuar tadi, dengan ditemani oleh seorang guide lokal. *sekalian latihan listening bahasa inggris ceritanya*. Nggak cuma itu saja, dari bukit tempat mercusuar ini berada, saya bisa melihat landsekap Palm Beach di kejauhan yang bisa menyejukkan mata pengunjungnya, termasuk saya.

Barrenjoey Lighthouse, salah satu daya tarik Palm Beach selain pantai
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Barrenjoey Lighthouse, salah satu daya tarik Palm Beach selain pantai

Untuk sebuah pantai dengan beberapa daya tarik, pantai ini bisa didatangi tanpa perlu bersusah payah.  Palm Beach ini bisa dicapai dengan naik Bus L90 yang berhenti di Stand B dekat stasiun Wynyard. Lama perjalanan akan memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan saja. Nggak terlalu lama kan?

2. Bondi Beach

Kalau boleh saya bilang, kalian belum bisa dibilang liburan ke Sydney, sebelum berkunjung ke Bondi Beach. Pantai yang pertamakali saya kenal lewat sebuah acara TV berjudul “Bondi Rescue” ini memang selalu membuat saya penasaran sejak dulu.

Karena itu, pantai ini adalah yang nggak bisa saya lewatkan ketika kedua kaki saya sudah menyentuh negara benua ini. Bondi Beach ini mungkin adalah pantai terpadat ketika musim panas tiba. Ketika musim panas, sudah bisa dipastikan kalau sepanjang mata memandang, yang terlihat hanya tubuh manusia yang haus akan terik sinar matahari.

Mungkin karena lokasinya nggak terlalu jauh, cuma sekitar 30 menit dari pusat kota, makanya Bondi Beach ini selalu dipenuhi lautan manusia. Manusia dari berbagai bangsa dan ras sepertinya nggak mau dibilang “belum ke Sydney” karena belum mampir ke Bondi.

Buat para penyuka surfing, ini adalah pantai yang tepat untuk berkunjung dikala liburan musim panas tiba. Buat yang suka bermain skateboard dengan hembusan udara pantai, Bondi Beach juga merupakan pilihan. Karena tak jauh dari pantai terdapat sebuah arena bermain Skateboard untuk para penggemarnya.

Selain asik buat piknik, Bondi Beach ini adalah tempat favorit para skateboarder!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Selain asik buat piknik, Bondi Beach ini adalah tempat favorit para skateboarder!

Kalau saya, lebih suka datang ke Bondi Beach dan menghabiskan waktu dengan piknik. Soalnya, piknik ke pantai ini adalah sesuatu yang jarang saya lakukan ketika masih di Bali dulu. Udara yang tidak terlalu lembab, membuat saya betah berlama-lama disini.

Untuk menuju ke Bondi Beach, caranya adalah naik kereta dari Central Station menuju Bondi Junction Station, dan melanjutkan dengan naik bus dari Bondi Junction Interchange Stand A3. Jangan khawatir salah turun, karena akan ada banyak orang turun di dekat pantainya nanti.

3. Manly Beach

Manly Beach, bisa main ke pantai sekaligus bersantai di cafe
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Manly Beach, bisa main ke pantai sekaligus bersantai di cafe

Kalau lagi pengen ke pantai, tapi juga lagi pengen ngerasain keramaian kota, saya pasti mampir ke Manly Beach ini. Manly Beach ini adalah salah satu pantai di Sydney asik buat “ngafe” sekaligus memandang laut lepas yang menyegarkan.

Manly Beach sendiri adalah pantai di Sydney yang berpasir putih, dibalut dengan deburan ombak yang seksi, lengkap dengan cafe-cafe bertebaran di pasir pantai. Jadi kalau liburan kesini, kalian bebas untuk bersantai seharian di cafe-cafe, atau sesekali iseng browsing gadis pantai berbikini yang lagi bersantai.

Selain bikini, burung-burung ini yang suka saya amati di Manly~ #eh
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Selain bikini, burung-burung ini yang suka saya amati di Manly~ #eh

Buat saya, Manly Beach ini adalah tempat favorit untuk berinteraksi dengan puluhan burung camar yang nggak mau kalah dengan wanita-wanita seksi disini. Mereka selalu bergerombol, menarik perhatian dengan gerak-geriknya yang lucu.

Manly Beach ini bisa didatangi dengan naik kapal ferry dari Circular Quay Wharf 3. Jadi nggak begitu susah untuk menghabiskan akhir pekan di pantai ini. Dari Circular Quay, hanya perlu menyeberangi teluk selama sekitar 30 menit saja.

4. Cronulla Beach

Cronulla Beach, pantai yang garis pantainya panjang pake banget!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Cronulla Beach, pantai yang garis pantainya panjang pake banget!

Pertama kali saya berkunjung ke Cronulla Beach ini, saya langsung teringat pada gugusan Pantai Kuta, Pantai Legian, Dan Pantai Seminyak digabung menjadi satu. Iya, Cronulla Beach panjang garis pantainya kira-kira membentang sepanjang itu. Pun saya belum mengukur dengan tepat sih.

Tetapi, sejauh mata memandang sepertinya hanya pasir putih Cronulla Beach yang terlihat. Karena itu, meski pantai ini nyaman untuk akfititas air seperti berenang, sepertinya menyusuri garis pantainya akan lebih menyenangkan. Mungkin pada kunjungan selanjutnya, saya akan menjelajah Cronulla Beach dari ujung ke ujung.

Lagi-lagi saya selalu senang dengan jalur kereta api Sydney yang sudah cukup bagus, meski kadang banyak yang bilang lebih bagus jalur kereta di Melbourne. Yah, untuk menuju ke Cronulla Beach, saya hanya tinggal naik kereta dari Central Station Platform 25 ke Cronulla Station. Cronulla Beach ini hanya beberapa menit jalan kaki dari Cronulla Station. Gampang kan?

***

Nah, selama hampir 3 bulan tinggal di Sydney, saya baru main ke pantai-pantai tersebut. Masih ada banyak pantai yang belum saya datangi, dan tentunya saya tempat menarik lainnya untuk liburan di Sydney. Misalnya, main ke Blue Mountain atau sekedar berburu kuliner di Sydney. Subscribe dan follow travel blog catperku ini, jika kalian ingin mendapatkan inspirasi untuk liburan ke Sydney! :D

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

28 Responses

  1. ghilad says:

    wahhh… jadi mau ke saudara yang kuliah di syidney….

  2. Gara says:

    Pantainya gampang dijangkau karena transportasi di sana sudah memadai ya Mas. Tapi meskipun ramai, burung camar masih mau main ke sana, dan pantainya bersih banget, tidak seperti beberapa pantai di Bali yang ketika sudah ramai justru malah jadi kotor banget, padahal pantai di Bali nggak kalah indahnya. Duh Indonesia memang masih harus banyak belajar soal kebersihan… :huhu.

  3. Indahnya sidney walaupun kota metropolitan pantainya ttp asri dan alami ????????

  4. aku ketinggalan yg Palm Beach niiiih, aaaaak mau juga kesana maaaass :'(

  5. cakep banget view di palm beach. semoga tahun depan bisa berkunjung ke ausy.

  6. Anis Hidayah says:

    Rata – rata pantainya ramai ya mas. Walaupun ramai burung – burung pun masih mau hinggap disana…. Palm Beach keren dan menarik untuk dikunjungi sepertinya soalnya ada mercusuarnya :-) Okelah Bondi Beach wajib dikunjungi biar bisa dikata sudah pernah menginjakkan kaki di Sydney,,,, Terakhir Manly Beach, asyik sepertinya bisa berinteraksi dengan burung – burung camar yang indah :-)

  7. Rata-rata berdekatan sama pemukiman ya Mas? beda dengan kebanyakan pantai di Indonesia yang tersembunyi, butuh perjuangan walau memang sangat sepadan dengan panoramanya. Sepertinya benar, tentang kebersihan-kerapian adalah yang harus dipelajari bagi pengelola pantai di Indonesia. Biarkan saja tersembunyi, tapi harus aman, bersih, dan nyaman :)

  8. Liza Fathia says:

    seru banget kak fahmi… waa, kalo megang WHV bisa kerja juga yaa?

  9. Ajak aku berlibur ke sydney dong kak :-)

  10. eh itu palm beach kok mirip ama pantai yg ada diiklan rokok di tv baru2 ini ya.. lupa rokok apa… tp pantainya rada2 mirip itu.. jgn2 memang di sana syutingnya :)

    cakep2 mas pantainya… itu bondi rame bener yaa.. bedanya ama pantai indonesia yg juga sering rame, kalo di bondi isinya manusia2 berjemur… kalo di indo kyknya penjual2 makanan dan segala macem ;p

  11. putri says:

    gokil banget pantai-pantainya, semoga kelak bisa jalan-jalan kesana juga…

  12. Karya Santri says:

    Oke, mencoba fokus ke pemandangan pantainya. Jangan sampek fokus ke orang-orang yang berjemur :D

  13. itu emang warna pasir pantai disana agak kemerah-merahan ya?! macam pasir gurun..
    apa mata gw yang siwer..
    hehehehe

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: