Menjejak Andalas Pertama Kali Bareng #XLNetRally

Saya selalu tidak nyaman dengan penerbangan dini hari. Bagaimana tidak, ketika ayam bahkan belum berkokok, dan maling mungkin baru saja menyelesaikan misinya (kalau enggak ketangkep), saya harus sudah rapi bersiap ke bandara. “Oldtown Coffe Shop, Terminal 2D paling lambat pk 04.30” Tulis di surat elektronik yang saya terima kemarin. Itu berarti, saya harus sampai paling enggak 30 menit sebelum itu. Biarpun mata masih berat, tetapi kali ini saya begitu bersemangat. Karena hari itu saya akan menginjakkan kaki di tanah Andalas untuk pertama kali.

Iya, boleh dibilang norak, namun saya memang belum pernah berkunjung ke tanah Sumatera sama sekali. Meskipun mungkin hanya pergi ke Lampung yang sebenarnya hanya berjarak selemparan batu dari Pelabuhan Merak. Kali ini saya beruntung karena diajak oleh XL Axiata, dalam acara tahunan mereka #XLNetRally. Acara ini diadakan untuk melakukan test jaringan XL Axiata, dalam rangka persiapan mudik dan lebaran 2015. EH! Sebentar lagi mudik ya?

“Mas,  ke bandara, terminal 2D ya?” Ucap saya kepada supir taksi yang akan mengantarkan ke Bandara Soekarno–Hatta International Airport. Hari itu cukup cerah, sehingga tidak ada hambatan yang berarti mulai dari naik taksi, take off hingga landing di Padang, Minangkabau International Airport. Nggak sabar buat eksplore Sumatera Barat, terutama mencoba masakan padang di daerah asalnya deh! XD

Tim XLNetRally dari Jakarta siap menggoyang Padang!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Tim XLNetRally dari Jakarta siap menggoyang Padang!

Bandara Padang, Minangkabau International Airport yang tidak terlalu besar ini mengingatkan saya pada Bandara Internasional Lombok Praya. Kecuali para pedangang kaki lima yang banyak berjualan di luar bandara Lombok, kedua bandara hampir mirip. Namun saya tidak bisa terlalu lama menikmati dan mengamati Minangkabau International Airport karena saya harus segera menuju Bukittinggi bersama tim media #XLNetRally lain yang sudah menunggu di luar bandara.

Setiap tahunnya, memang XL Axiata selalu melakukan pengujian jaringan menjelang moment besar seperti mudik lebaran. #XLNetRally kali ini dilakukan serentak di 5 kota besar yaitu Surabaya, Semarang, Banjarmasin, Jabodetabek dan tentunya… Padang. Disebutkan, kalau mereka ingin benar – benar siap ketika musim mudik tiba, sehingga para konsumen tidak mengalami masalah dalam berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan menggunakan perangkat seluler nantinya.

Pun arus mudik yang paling besar biasanya ada di Pulau Jawa, namun sebenarnya beberapa kota besar di Indonesia juga dipenuhi dengan aktifitas mudik yang cukup ramai. Dan, jalur Padang – Bukit Tinggi ini dipilih oleh XL Axiata karena memang Kota Bukittinggi ini adalah salah satu daerah yang menjadi tujuan utama para pemudik di Sumatera. Saya jadi ingat, orang – orang padang kan memang banyak yang merantau. Wajar saja…

Pemandangan seperti yang saya temui di Padang ini bikin pikiran segar!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pemandangan seperti yang saya temui di Padang ini bikin pikiran segar!

Selain itu kota Bukittinggi ini memang kota dengan pertambahan penduduk terbesar di Sumatera ketika musim mudik lebaran tiba. Entah yang liburan, atau yang benar – benar sedang mudik. Karena itu pihak XL Axiata ingin memastikan bahwa jaringannya tetap kuat hingga ke pelosok daerah, terutama pada jalur Padang – Bukit tinggi. Terutama pada momen Ramadhan juga Lebaran, ketika seluruh umat muslim di Indonesia akan banyak mengunakan layanan seluler untuk bersilaturahmi. Mulai dari voice, SMS hingga menggunakan koneksi data yang sekarang ini semakin banyak digunakan.

Dalam #XLNetRally ini kegiatannya tidak hanya melakukan perjalanan sambil melakukan test jaringan saja. Namun, saya juga diajak jalan – jalan melewati salah satu jalur yang menyenangkan untuk Roadtrip dari Padang hingga Bukittingi melewati Air Terjun Lembah Anai yang lokasinya persis berada di tepi jalan. Tidak lupa sepanjang perjalanan saya juga berbagi informasi wisata menarik di Sumatera Barat lewat media sosial saya.

Buat yang belum tahu, Air Terjun Lembah Anai ini adalah salah satu dari pesona alami andalan dan bahkan menjadi maskot pariwisata di Sumatera Barat. Tentu saja saya senang sekali dong bisa menyaksikan langsung. Pun, hanya lewat saja tanpa berhenti. Itu sudah cukup buat saya, karena setelah ini saya pasti kembali melewati jalur ini dengan sepeda motor kesayangan saya :) *doakan*

BTS dengan latar belakang pemandangan cakep di Padang.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

BTS dengan latar belakang pemandangan cakep di Padang.

Ditengah perjalanan dari Padang – Bukittingi, tim #XLNetRally juga sempat berhenti sebentar untuk mengunjungi sebuah BTS (Base Transceiver Station) milik XL Axiata. Baru kali ini juga saya memasuki bagian dalam BTS, selama menjadi seorang engineer. Menyenangkannya lagi, lokasi BTS ini berada ditempat yang spesial, dengan pemandangan Gunung Singgalang yang terlihat gagah di kejauhan. Travel Blogger mana yang tahan lihat pemandangan cakep? Entah berapa ratus kali shutter saya pencet, buat selfie, dan foto bareng teman – teman blogger yang lain :D

Menjelang tengah hari, tim #XLNetRally akhirnya sampai di Kota Bukittinggi yang juga merupakan tujuan utama acara kali ini. Bus yang saya tumpangi dari bandara parkir tidak jauh dari tujuan kami selanjutnya yaitu Rumah Makan Simpang Raya untuk makan siang. Tentunya rumah makan ini menyediakan menu masakan Padang dong? Dan ternyata, masakan Padang itu jauh lebih enak kalau makan di daerah asalnya. Yang enggak percaya, boleh deh langsung booking tiket, dan terbang ke Padang langsung!!

Jangan telat makan, jangan lupa bahagia di Padang!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Jangan telat makan, jangan lupa bahagia di Padang!

Sekali mendayung dua pengalaman kudapat. Makan siang di Rumah Makan Simpang Raya itu berarti saya juga bisa berfoto di salah satu ikon bangunan di taman Andalas. Apalagi kalau bukan berfoto di Jam Gadang yang merupakan menara jam di pusat kota Bukittinggi. Saya bangga, akhirnya bisa melihat bangunan ini secara langsung setelah sebelumnya hanya mendengarkan ceritanya saja.

Selain sebagai ikon kota Bukittinggi, Jam Gadang ini juga menjadi salah satu obyek wisata disini. Karena didekatnya juga terdapat taman kota yang bisa dimanfaatkan untuk bersantai. Jam Gadang di Bukittingi menjadi unik karena mesin yang menggerakkan mekanik Jam Gadang hanya dibuat 2 unit di dunia ini. Mesin tadi dipasang di Jam Gadang itu sendiri dan satunya ada di Big Ben di London, Inggris. Jadi, ngapain ke Big Ben kalau di Bukittinggi sudah ada? #banggadenganindonesia

Jalan rame - rame itu bisa bikin hepi kayak di XLNetRally ini! Thanks bunch teman - teman atas perjalanannya yang seru!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Jalan rame – rame itu bisa bikin hepi kayak di XLNetRally ini! Thanks bunch teman – teman atas perjalanannya yang seru!

Penghujung #XLNetRally ditutup dengan presentasi hasil test lewat video conference secara live dengan peserta yang melakukan test jaringan di 4 kota lainnya. Dari acara ini saya menjadi tahu, kalau begitu besar penggunaan jaringan seluler selama lebaran. Misalnya pada hari H lebaran tahun 2014 saja terdapat 470 juta menit komunikasi suara lewat seluler, 746 Juta SMS terkirim dan 365 Tera Byte lalulintas data. Dan untuk tahun 2015, pihak XL Axiata menyatakan kalau mereka siap sekali menghadapi Mudik Dan Lebaran.

Selamat mudik tahun ini, semoga tahun depan saya diajak ikutan #XLNetRally lagi~ #eh

*beberapa foto minjem dari kamera Go Pro @lostpacker*

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

28 Responses

  1. Saya juga pake XL loh :D

  2. Lia Yulianti says:

    kulinernya menggugahhh .. rasa nya gimna? enak ga?

  3. Evi says:

    Ah melihat langitnya, langsung merasa akrab. Mas, mestinya sebelum Buktinggi mampir dulu di sate padang yg mashur itu :)

  4. Efenerre says:

    HUHUHU!
    melewatkan keseruan seperti ini!

  5. indahs says:

    Seru banget :) Makanan padang di tanah aselinya pastinya enak banget ya..aduuh, jadi pingin :D :D

  6. Kak … dini hari itu jam brp yaaa ??? Duch galau dech menterjemahkan arti dini hari hahaha.
    btw aku sering telat makan tp selalu bahagia coz ngak suka nyinyir & ngak suka sirik hahahaa #dikeplak

  7. Lusi says:

    Ah yang bener? Sudah keliling dunia tapi belum ke Sumatra? Sumatra kece juga kan? Waktu masih di SUmatra, kalau tanggal merah berebut hotel di Bukittinggi sebulan sebelumnya.

  8. Elangg says:

    BTS-nya gagah. Hahaha!

    Foto gunung Singgalang-nya kurang mas :) Memang hidup nggak lengkap tanpa selfie. Kapan-kapan kek saya diajakin jalan-jalan juga bareng XL, :D

  9. Asyiknya jalan-jalan gretongan. Selamat ya

  10. ipah kholipah says:

    kalo gretongan mau dong saya juga :D

  11. Alris says:

    Makanan simpang raya biasanya enak, ditambah suasana sejuk Bukittinggi makin enak makannya.
    Jadi kangen kampuang halaman.

  12. itu bangun jam segitu, bukan rejekinya dipatok ayam tapi rejeki ayamnya yg dipatok mas Fahmi :)))
    Traveler Pemula banget nih pake selfie

  13. sumatera barat emang identik dengan yang elok2, kak. ya alamnya. ya budayanya. ya perempuannya. *benerin jilbab* :D

  14. Ahmad Yusuf says:

    mas fahmi ini terus ada lanjutannya apa tidak?

    Kebetulan saya lagi pengen banget ke Sumatera Barat sekitaran Agustus (kalo ada budget). Lagi cari cari interary yang pas buat kantong :)

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: