Liburan Yang Berbeda Di Sumbawa

Ini adalah tulisan pembuka tentang perjalan ke salah satu sudut Sumbawa. Perjalanan ini seharusnya sudah saya lakukan setahun lalu, namun karena beberapa sebab harus ditunda hingga awal tahun 2015 ini. Kali ini saya berlibur ke Sumbawa karena diajak oleh PT Newmont Nusa Tenggara untuk melihat secara langsung operasi tambang, sekaligus melihat kondisi lingkungan sekitar tambang tidak lupa mengunjungi beberapa destinasi wisata apik yang ada disekitar Batu Hijau.

O iya, sebelum saya banyak memaparkan lebih lanjut tentang dunia pertambangan yang lebih sering terdengar kontroversial dan kadang negatif. Saya menegaskan, kalau posisi saya disini adalah netral. Saya memang sudah sering mendengar gosip ini dan itu tentang pertambangan.

Kebanyakan akan lebih banyak negatifnya. Namun saya akan lebih percaya dengan melihat dengan kedua mata saya, juga merasakan dengan semua panca indera saya sendiri. Dari pada gosip sana sini yang tidak jelas sumber datanya :)

Mereka, para peserta Bootcamp IV teman menyenangkan dari berbagai latar belakang!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mereka, para peserta Bootcamp IV teman menyenangkan dari berbagai latar belakang!

Program kunjungan ke PT Newmont Nusa Tenggara ini kemudian disebut dengan nama Newmont Bootcamp yang sudah berjalan 4 kali. Saya sendiri kemarin mengikuti program tahun ke empat karena terpilih setelah mengikuti perlombaan menulis tentang tambang yang di adakan di kompasiana. Yay, akhirnya saya bisa mengunjungi area pertambangan yang ketat itu tanpa menjadi karyawan pertambangan.

Newmont Bootcamp ini sengaja mengajak peserta dari berbagai bidang lho. Enggak harus tahu tentang pertambangan. Mulai dair videographer, travel blogger merangkap programmer seperti saya, hingga mahasiswa dan guru sekalipun. Saya merasa beruntung sekali dong karena bisa mengikuti program menarik dengan orang – orang yang menyenangkan.


Video selama program Newmont Bootcamp Berlangsung.

Di program Newmont Bootcamp ini saya mengunjungi Tambang Batu hijau yang berada di barat daya Pulau Sumbawa ini tepatnya berlokasi di kecematan Jereweh dan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Lokasi yang agak nyempil dan memerlukan waktu jika diakses dengan perjalananan darat.

Kebetulan saya yang berangkat dari bandung harus terbang terlebih dahulu menuju Lombok, kemudian bertemu dengan teman – teman peserta Bootcamp yang lain, lalu diangkut dengan Bus dan Fastboat hingga sampai di Pelabuhan Benete setelah sekitar 4 jam perjalanan. O iya, Pelabuhan Benete ini adalah pintu masuk menuju Batu Hijau dari laut.

Jadi, dunia pertambangan itu seperti apa sih?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Jadi, dunia pertambangan itu seperti apa sih?

Sebelum menginjakkan kaki di Batu Hijau, saya tidak pernah tahu kalau prosedur keamanan di pertambangan itu bergitu ketat. Saya hanya pernah mendengar desas – desus seperti : “Mengendarai mobil di area pertambangan itu harus mengikuti batas kecepatan maksimal.

Ada yang 30 KM/jam dan 50 KM/jam”, atau “Selama di area pertambangan sabuk pengaman wajib terpakai. Bahkan ketika menjadi penumpang bus sekalipun”. Yang lebih aneh lagi, “Ketika lampu merah, semua kendaraan wajib berhenti, bahkan ketika jelas – jelas tidak ada mobil yang akan melintas dari kiri dan kanan”.

Coba di Jakarta? Kuning berarti tambah kecepatan, Merah berarti berani menantang maut, Hijau tambah kecepatan!! Jangan coba – coba melanggar disini, karena peraturan benar – benar ditegakkan! Ada petugas yang sengaja bersembunyi untuk mengawasi orang – orang yang tidak patuh. Seperti seseorang peserta bootcamp, sebut saja namanya “cumi lebay”, sempat ketahuan lupa memakai sabuk pengaman oleh petugas pengawas ketertiban. Untung cuma didata, tidak dihukum :))

Kartu visitor ini sangat penting ketika di area pertambangan. Jangan sampai hilang kalau enggak mau di deportasi keluar tambang atau kelaparan :D
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kartu visitor ini sangat penting ketika di area pertambangan. Jangan sampai hilang kalau enggak mau di deportasi keluar tambang atau kelaparan :D

Memang, keselamatan adalah nomor satu disini. Bahkan sebelum memasuki area tambang, saya dan teman – teman Bootcampers yang lain juga diminta untuk melihat video singkat tentang keamanan selama berada di area tambang. Setelah itu masing – masing dari kami diberi sebuah kartu yang harus dijaga dengan baik selama menjadi peserta Bootcamp.

Analoginya, kartu ini adalah passport yang akan diperiksa ketika keluar masuk area pertambangan. Selain itu, yang paling penting kartu dengan teknologi RFID ini digunakan sebagai pass untuk makan selama di Batu Hijau. Menghilangkan kartu, berarti kelaparan selama Bootcamp!

Totalnya ada lima hari efektif untuk banyak mengenal fakta lapangan di Pertambangan. Mulai dari Mining Experience, Process Experience, Environment Experience, Social Experience. Kalau boleh saya jelaskan secara singkat, Dalam Mining Experience ini saya dan Bootcampers yang lain diajak untuk melihat bagaimana proses sebelum dimulai pertambangan, pengambilan mineral tambang, hingga mencoba simulator Haul Truck yang supermahal itu.

Sudah kelihatan seperti engineer asli belum?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Sudah kelihatan seperti engineer asli belum?

Target foto bareng sama si Haul Truk a.k.a monster truk tercapai!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Target foto bareng sama si Haul Truk a.k.a monster truk tercapai!

Hari berikutnya dilanjutkan ke Process Experience yang merupakan pengolahan dari mineral tambang yang masih kasar hingga menjadi konsentrat yang siap dijual. Di proses yang ini saya jadi tahu, proses penambangan yang rumit itu sebenarnya terlihat sederhana. Apalagi setelah saya tahu tidak ada proses kimiawi untuk memisahkan mineral berharga dari mineral tambang yang belum di proses.

Sementara pada Environment Experience saya sempat dibuat tercengang dengan bagaimana tanah yang begitu tandus bisa disulap keembali menjadi hutan yang penuh dengan tumbuhan. Mereka mengakui kalau pertambangan pasti akan berdampak terhadap lingkungan, karena itu PT Newmont NNT berkomitmen untuk berusaha mengembalikan kondisi alam yang terganggu kembali mirip seperti kondisi awalnya.

Gara - gara mendapat kesempatan ikut Newmont Bootcamp ini saya bisa berbagi inspirasi dan ilmu dengan pelajar SMK 1 Maluk. Sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi saya :)
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gara – gara mendapat kesempatan ikut Newmont Bootcamp ini saya bisa berbagi inspirasi dan ilmu dengan pelajar SMK 1 Maluk. Sebuah pengalaman yang sangat berharga bagi saya yang jarang mengajar secara langsung sebelumnya :) (foto dari Subhan Azharullah, @subhanhanyahans)

Yang terakhir pada tema Social Experience saya dan Bootcampers yang lain dibagi menjadi dua grup, dan diajak untuk tinggal di rumah penduduk. Tujuannya sih biar bisa ngobrol, bercengkrama dan saling bertukar pikiran dengan penduduk setempat mengenai keberadaan Batu Hijau. Selain itu saya juga diajak ke berbagai tempat yang merupakan hasil dari program CSR PT Newmont Nusa Tenggara seperti melihat keberadaan bank sampah, comdev center, hingga beberapa destinasi wisata yang tidak luput dari bagian program CSR.

Ada begitu banyak pengalaman baru yang saya dapat dari program Newmont Bootcamp. Buat orang awam seperti saya, tidak akan mungkin mengenal kehidupan tambang dan sekitarnya tanpa mengikuti program ini. Selain itu, gara – gara Newmont Bootcamp saya juga bisa bertemu dengan teman – teman baru yang tanpa ragu berbagi segudang pengalaman mereka yang menyenangkan!

Ikutan Newmont Bootcamp itu seru! Bisa belajar banyak ilmu baru dan bisa ketemu teman - teman baru yang menyenangkan!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ikutan Newmont Bootcamp itu seru! Bisa belajar banyak ilmu baru dan bisa ketemu teman – teman baru yang menyenangkan! (foto dari mas Lalu Budi Karyadi )

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

13 Responses

  1. Ditunggu catatan berikutnya, Mas Fahmi! :)

  2. Gara says:

    Terlepas dari kejadian NNT yang memang gosip negatifnya di NTB banyak banget dan kadang membuat pemerintah agak repot (yang imbasnya membuat pegawai kecil seperti saya harus lelemburan bermalam-malam gara-gara arbitrase yang untungnya tidak jadi #curhat), saya setuju kalau kita harus memandang dari sisi yang netral.
    Jadi, saya menunggu bagaimana laporan pandangan mata Mas Fahmi tentang NNT :hihi. Saya sudah banyak membaca tulisan Mas Fahmi dan menurut saya sudut pandang Mas itu objektif.

    • Rijal Fahmi says:

      Yup, apapun semoga kedua belah pihak berjalan kearah yang mengunntungkan. baik untuk rakyat sekitar tambang, pemerintah ataupun mereka sendiri. enggak ada yang merasa dirugikan :))

  3. unggulcenter says:

    Wah bagus nih.. aku malah lupa lima hal tsb Mining Experience, Process Experience, Environment Experience, Social Experience.. dari itinerary ya?
    Trims sudah mengingatkan ^^

  4. buzzerbeezz says:

    Liburannya seru ya.. Untung ke sana dalam rangka liburan, bukan kerja :D

    • Rijal Fahmi says:

      Ahahah, kalau kerja kayaknya aku nggak bisa bertahan lama, meski konon katanya gaji kerja disini bisa buat pulang ke bandung tiap minggu~ -,-

  5. Halim says:

    Liburan yang seru… Eh tapi kalo umum mo ikutan ngetrip macam begitu musti proses lewat siapa, bro? Barangkali ada info harga paket liburannya. Thanks :-)

    • Rijal Fahmi says:

      Ini dulu ada kompetisi nulis di kompasiana, sekarang kayaknya pt newmont ngadain kuis yang hadiahnya diajakin ke batu hijau :)

  6. peraturan di tempat2 seperti ini memng super ketat ya… papaku srg cerita, ga ada ampun bagi staff yg melanggar aturan apapun di tempat2 seperti pertambangan ato ladang minyak…kalo ladang minyak biasanya aturan paling bakunya itu dilarang nelpon mnggunakan HP dan merokok udh jelas.. kebetulan ada 1 temen papa yg sepertinya lupa dn g sengaja menjawab telp di tempat yg dilarang, lgs hukumannya pecat. ga nego2 lg deh soal bgitu -__-.. tp mnurutku wajar sih… kerja di tempat yg resiko tinggi, tp gaji juga tinggi, udh seharusnya peraturan bgitu dipatuhin lah.. :)

    • Rijal Fahmi says:

      Iyak, di batu hijau ini seperti enggak di negara sendiri~ abis peraturannya ketat banget :| Coba yang seperti ini juga dijalankan di jakarta :| Pasti asik tuh, jakarta tertib~

  7. Emakmbolang says:

    Perjalanan yang beda. jalan sambil belajar.

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: