Pengen Ngerasain Liburan Yang Berbeda Di Bandung? Berarti Kalian Harus Cobain Ini!

Buat sebagian besar orang, liburan di bandung mungkin sudah biasa. Apalagi buat warga Jakarta yang bisa jadi setiap weekend pasti bolak-balik untuk melepas penat. Wajar sih, Bandung ini adalah kota terdekat dengan banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, junga banyak hotel dengan tarif menginap yang masih masuk akal. Mencari harga hotel murah juga gampang, seperti cari informasi harga hotel di wego.co.id.

Namun, biasanya buat yang terlalu sering liburan ke Bandung, biasanya mereka akan bertanya-tanya pada diri sendiri, “Mau ngapain lagi ya?”. Tenang saja, Bandung ini nggak pernah ngebosenin kok! Bandung adalah kota super kreatif, yang meski jutaan kali datang kesana, nggak akan bosan! Minimal, udara sejuk Kota Bandung pasti ngangenin.  Nggak ketinggalan, kulinernya yang selalu bikin pengen makan terus.

Selain itu, Bandung juga mempunyai beberapa hal yang menarik seperti beberapa pengalaman saya ketika liburan ke Bandung (lagi) beberapa waktu yang lalu.

1. Cobain Street Gourmet, Restoran Unik Di Dalam Bus Bergerak

Bagian dalam Bus Street Gourmet kayak gini nih
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Bagian dalam Bus Street Gourmet kayak gini nih

Bandung ini memang kota wisata yang super kreatif, nggak cuma wisata alamnya yang keren, tetapi kulinernya juga unik dan menarik. Yang terbaru sih namanya Street Gourmet yang menawarkan pengalaman kuliner yang berbeda di Bandung.

Street Gourmet Bandung ini memang salah satu kuliner anti mainstream di Bandung yang wajib dicoba siapapun! Terutama untuk para penyuka kuliner dengan pengalaman yang tidak biasa. Karena, di Street Gourmet ini Saya bisa mencoba makanan enak, sekaligus berkeliling kota Bandung.

Salah satu menu dari Street Gourmet Bandung yang saya coba
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Salah satu menu dari Street Gourmet Bandung yang saya coba

Iya, Street Gourmet Bandung ini sebenarnya adalah perpaduan dari city tour plus kuliner! Unik kan? Saya tidak makan di restoran yang ada di dalam gedung ketika mencoba Street Gourmet. Namun ada sebuah bus yang sudah disulap menjadi restoran yang bergerak menjemput saya.

Jadi ceritanya Sambil menikmati makanan yang telah disiapkan Sang Koki, saya juga dibawa keliling Kota Bandung. Sambil menikmati santapan, akan ada seorang tour guide yang akan menjelaskan tempat-tempat wisata yang akan dilewati oleh Street Gourmet Bandung.

Asik sekali bukan? Ini benar-benar pengalaman yang baru buat saya. Karena kuliner yang unik seperti Street Gourmet ini baru ada di beberapa negara seperti Jerman, Italia, Spanyol, India dan Indonesia yaitu di Bandung. Harganya pun nggak terlalu mahal, hanya sekitar IDR 150.000 saja per orang (IDR 173.200 setelah pajak).

2. Main Ke Gedung Sate, Kalau Beruntung, Bisa Masuk Ke Dalamya Juga Loh!

Eh, ada yang belum pernah mendengar nama Gedung Sate yang ada di Kota Bandung? Nggak mungkin deh kayaknya! Karena pasti hampir semuanya sudah dong! Iya, memang bangunan ini bisa dibilang sebagai ikon paling khas yang ada di kota Bandung.

Bahkan saya sudah beberapa kali mampir ke Gedung Sate, meski hanya numpang selfie di depannya. O iya, meskipun salah satu tempat wisata di Bandung, Gedung Sate ini masih dipakai secara aktif untuk kegiatan pemerintahan Kota Bandung loh! Jadi bukan gedung yang enggak dipakai!

(Baca Juga : Bukit Moko, Bandung Punya!)

Bisa dibilang, liburan ke Bandung itu kurang lengkap tanpa berkunjung ke Gedung Sate ini. Gedung yang berada di tengah Kota Bandung ini memang unik. Terutama salah satu bagian dari gedung, yaitu sebuah ornament yang mirip tusuk sate yang berada di puncak bangunan.

Kebetulan, kemarin saya mendapat kesempatan khusus untuk masuk ke dalam bangunannya, dan naik ke lantai paling atas. Ternyata di lantai paling atas itu pemandangannya asik! Saya bisa melihat pemandangan Kota Bandung dan juga Gunung Tangkuban perahu! Keren kan?

3. Melihat Pertunjukan Angklung Di Saung Angklung Udjo

Nggak cuma sebuah kota yang kreatif, Bandung ini juga kota yang peduli dengan kebudayaan. Terutama kebudayaan Jawa Barat. Kalian semua pasti tahu dengan yang namanya Angklung bukan? Itu loh, alat musik tradisional dari Jawa Barat. Nah, di Kota Bandung ini terdapat tempat pertunjukan Angklung yang namanya Saung Angklung Udjo.

Di Saung Angklung Udjo bisa menikmati pertunjukan Angklung yang keren!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Di Saung Angklung Udjo bisa menikmati pertunjukan Angklung yang keren!

Nggak cuma pertunjukan angklung, tapi juga tarian daerah dari Indonesia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Nggak cuma pertunjukan angklung, tapi juga tarian daerah dari Indonesia

Saung Angklung Udjo ini berada di Jalan Padasuka no 118, Bandung Timur, Jawa Barat. Sudah dua kali saya berkunjung ke tempat ini, namun saya nggak pernah bosan untuk menikmati pertunjukan Angklung disini. Saya selalu suka dengan irama harmoni dari Angklung yang dimainkan secara bersama-sama.

Nggak cuma pertunjukan Angklung saja yang ada disini. Saya juga bisa menyaksikan beberapa tarian dari seluruh Indonesia yang dimainkan oleh murid-murid binaan dari Saung Angklung Udjo. Selain itu, bagian yang paling menarik adalah ketika saya bisa mencoba sendiri bermain Angklung, bermain bersama-sama puluhan penonton lain yang ada di Saung Angklung Udjo! Seru sekali kan?

(Baca Juga : Tebing Keraton Atau.. Tebing Karaton Sih!?)

4. Menginap Di Hotel Savoy Homann Bidakara

Bandung dari kamar suite Hotel Savoy Homann Bidakara
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Bandung dari kamar suite Hotel Savoy Homann Bidakara

Saya nggak pernah milih milih ketika menginap di suatu kota. Seperti kalau di Bandung, saya pernah menginap di hotel biasa, juga pernah menginap di kost karena saya harus stay selama beberapa bulan disana. Pun kalu menginap saya biasanya membaca ulasan tamu dan tarif kamar hotel di Bandung terlebih dahulu biar nggak salah pilih hotel.

Tapi sesekali saya juga pengen menginap di hotel yang menawarkan pengalaman berbeda dong? Kebetulan, pilihan itu jatuh pada Hotel Savoy Homann yang merupakan salah satu hotel bersejarah di Bandung. Ada banyak tokoh penting dari seluruh dunia pernah menginap di hotel ini. Kalau dari Indonesia, Presiden pertama Indonesia Sukarno pernah menginap di kamar suite hotel ini.

Kayak gini loh, kamar suite seharga 5 juta permalam pernah diinapi pak Sukarno
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kayak gini loh, kamar suite seharga 5 juta permalam pernah diinapi pak Sukarno

Sayangnya saya kemarin nggak menginap di kamar suite Hotel Savoy Homann. Namun saya mendapatkan kesempatan untuk masuk ke dalam kamar suite Hotel Savoy Homann yang pernah diinapi oleh Presiden pertama Indonesia Sukarno.

Saya belom sanggup kalau menginap di kamar suite yang bertarif 5 juta per malam ini. Pun saya sudah berbahagia bisa merasakan, menginap dua malam di Hotel Savoy Homann bergaya art deco ini. Minimal saya bisa mengagumi hotel bersejarah yang pernah diinapi oleh para orang penting dari seluruh dunia ketika diadakan Konferensi Asia Afrika pertama pada tahun 1955.

5. Bersantai Di Terawalk Station Cafe

Kalau saja saya tahu keberadaan Terawalk Station Cafe ini ketika masih stay di Bandung dulu, saya pasti sering mampir kesini. Cafe yang satu ini memang sangat tematik, sengaja didesain mirip dengan sebuah stasiun kereta. Jadi Terawalk Station ini akan sangat menyenangkan untuk para penyuka kereta api seperti saya.

Lokasinya pun sesuai dengan temanya, persis berada di sebelah rel kereta aktif yang ada di Bandung. Alamat Terawalk Station ini sih berada di Jalan Merdeka No. 2 atau tepat di teras Hotel Grand Royal Panghegar Bandung. Masih berada di tengah Kota Bandung gitu.

Ada beberapa koleksi miniatur kereta dipajang disini, makin menambah suasana seperti sedang berada di stasiun. Uniknya lagi, tiap ada kereta yang lewat, pelayan cafe akan membunyikan bel yang biasa didengar di persimpangan kereta. Jadi serasa beneran lagi makan di stasiun gitu~

Nggak cuma temanya saja yang menarik di Terawalk Station Cafe ini. Makanannya juga lezat, saya sempat mencoba spagheti, steak dan beberapa menu lokal. Mereka juga punya minuman berupa kopi dengan berbagai pilihan. Cafe yang cocok untuk para penyuka ngopi~

Ada kopi Toraja, Aceh, Flores, hingga Papua! Kemarin sih saya hanya sempat cobain kopi Papua deh! Dan beneran, Kopi Papua itu memang enak! Semoga nanti juga bisa main sampai papua deh. Buat cobain kopi langsung di asalnya gitu! Nah, buat yang lagi liburan di Bandung, mungkin kalian bisa coba mampir ke Terawalk Station Cafe ini!

6. Kalau Udah Puas Di Bandung, Melipir Ke Pangandaran, Cobain Santirah River Tubing Deh!

Sekarang, cobain river tubing di mana lagi enaknya ya?
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Sekarang, cobain river tubing di mana lagi enaknya ya?

Oke, mungkin kalian sudah mencoba semua yang saya ulas diatas. Bisa jadi kalian pengen melakukan sesuatu yang lebih menantang. Kalau sudah begitu, saya sarankan untuk sedikit melipir ke arah Pangandaran, sedikit keluar Kota Bandung untuk mencoba yang namanya Santirah River Tubing.

Santirah River Tubing ini berada di Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Pangandaran, Jawa Barat. Untuk menuju kesini dari Kota Pangandaran sendiri berjarak sekitar 15 km atau sekitar 45 menit hingga satu jam perjalanan. Kalau dari Kota Bandung, tingal ditambah perjalanan dari Bandung hingga pangandaran ya!

Santirah River Tubing adalah tempat wisata yang tergolong baru, namun meski begitu river tubing yang ada di Desa Selasari ini adalah tempat wisata yang cukup populer buat orang setempat. Disini saya bisa merasakan serunya river tubing diatas ban dan melewati 4 Gua Alam dan 5 Air Terjun dengan keseruan yang seperti tiada habisnya. Nah, siapa yang mau coba juga?

(Baca Juga : Santirah River Tubing, Untuk Yang Ingin Merasakan Keseruan Bertualang Di Sungai)

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

17 Responses

  1. Alris says:

    Bus Street Gourmet menantang nih buat dicoba. Penasaran aja gimana kulineran sambil menikmati perjalanan dalam kota.

  2. suka banget foto dari atas gedung sate

  3. Wah baru tahu ada street gourmet. Seru kayaknya makan dalam bis. Makannya nggak tumpah-tumpah itu, bro? :D

  4. Anis Hidayah says:

    Wah keren kak,,, makan di dalam bis nya sepertinya patut di coba nieh. dengan harga segitu sukup bersahabat lah makan di dalam bus sambil berkeliling – keliling kota Bandung. Dilamain makannya yaw kak, biar muternya lebih puas, buahahahaha…. Tapi kalau untuk nginep kayaknya nggak deh ama hotelnya, lawong harganya aja selangit (mikir – mikir dulu), hehehe. Tapi kalau Angklung Udjo nya dan Pangandarannya pastilah wajib didatengin. Btw asyik juga yaw pemandangan Kota Bandung dari atas gedung satenya :-)

  5. Di gedung sate, ada yang jual sate ngak ????

  6. di antara semua aku pggnnnn bgt nyobain kuliner dalam bus nya :D… penasaran… bnyk yg cerita makanannya juga enak kok. tapi ga bisa bawa anak yg aku dgr ya mas

  7. irulaziz7 says:

    wah itu yang river tubungnya keren bang..jadi pengen kesana :-)

  8. Sunday Traveler says:

    kereennn kak

  9. Dede Raswa(DEWA) says:

    Keren sy br tau ada street gourmet restaurant didlm bis sambil kekiling kota bdg,walau pun sy domisili dibdg,untung sy baca artikel ini,naiknya dr mn turun dmn???dibatas ga jam nya???rutenya kemana ajah???

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: