Liburan Ke Pangandaran, Ini Yang Bisa Kalian Lakukan!

Ini sebenarnya adalah pengalaman pertama saya liburan ke Pangandaran. Meski pernah tinggal di Bandung selama 3 bulan, dan tinggal di Jakarta hampir dua tahun, tetapi liburan ke Pangandaran ini hanya selalu berada di angan-angan saja. Alias, akhirnya hanya menjadi sebuah rencana.

Makanya, ketika ada undangan dari West Java Tourism Board, ya langsung saya iyain aja. Rencana memperpanjang dirasi traveling di Aceh pun juga saya batalkan karena lumayan penasaran dengan Pangandaran. Ternyata ada banyak kegiatan menyenangkan selama libiran di Pangandaran. Beberapa diantaranya sih akan saya bagikan di bawah ini.

Jadi, jangan males baca sampai selesai ya! :D

1. Nonton Seni Kentongan

Nggak nyesel bisa menikmati pertunjukan kentongan yang keren dari bapak-bapak ini
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Nggak nyesel bisa menikmati pertunjukan kentongan yang keren dari bapak-bapak ini

Karena rumah saya ada di desa, saya memang sudah familiar dengan yang namanya kentongan. Namun yang saya tahu fungsi kentongan itu ya untuk tanda bahaya, atau penanda waktu ibadah untuk umat muslim. Nah, baru waktu liburan ke Pangandaran kemarin saya melihat kentongan ini difungsikan untuk bermain musik. Di Pangandaran ternyata ini dikenal dengan nama Seni Kentongan.

Disini, Kentongan yang dibuat dari bambu tidak dibunyikan sendiri seperti fungsi pada umumnya. Namun Kentongan pada Seni Kentongan akan dipadukan dengan beberapa alat musik lain yaitu gamelan dan kendang. Perpaduan beberapa alat musik inilah yang membuat Seni Kentongan ini makin terdengar indah saat dibunyikan. Saya begitu menikmati permainan alat musik ini seperti halnya saya menikmati pertunjukan angklung di Saung Angklung Mang Udjo di Bandung.

2. Menikmati Pertunjukan Kuda Lumping Atau Ebeg

Pertunjukan Kuda Lumping di Pangandaran ini gak memakai kuda beneran, tetapi dari kuda yang terbuat dari Bambu
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pertunjukan Kuda Lumping di Pangandaran ini gak memakai kuda beneran, tetapi dari kuda yang terbuat dari Bambu

Banyak yang menghabiskan liburan ke Pangandaran untuk menikmati keindahan alamnya, pantainya yang keren, atau kulinernya. Namun di Pangandaran ini pertunjukan seni dan budayanya juga lumayan keren euy! Terakhir liburan ke Pangandaran, saya sempat menikmati pertunjukan Kuda Lumping. Saya senang sekali, akhirnya setelah sekian lama bisa menikmati pertunjukan Kuda Lumping di Pangandaran yang mendebarkan ini.

3. Bersepeda Keliling Pangandaran

Asiknya sepedaan di Pangandaran, abaikan orang yang disebelah saya ya, udah femes dia
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Asiknya sepedaan di Pangandaran, abaikan orang yang disebelah saya ya, udah femes dia

Sebenarnya saya lebih suka explore tempat liburan seperti Pangandaran ini dengan berjalan kaki. Namun karena ada yang menyewakan sepeda, ya apa boleh buat, menikmati suasana pedesaan yang asri di Pangandaran dengan bersepeda juga seru kok. Apalagi suasana di Pangandaran ini nggak seramai di kota besar, udaranya pun juga segar. Sambil bersepeda keliling Pangandaran, nggak lupa buat melihat kehidupan nelayan di Pangandaran dari dekat deh.

4. Mencicipi Kuliner Seafood Segar Pangandaran

Liburan ke Pangandaran, gak boleh kelewatan cobain seafoodnya!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Liburan ke Pangandaran, gak boleh kelewatan cobain seafoodnya!

Mencicipi kuliner seafood adalah satu yang nggak bisa dilewatkan kalau lagi liburan ke daerah pesisir pantai. Gak ketinggalan ketika liburan ke Pangandaran. Udah pasti, karena lokasinya ngak terlalu jauh dari pantai, seafood yang ada disana segar pake banget. Terutama masakan kepitingnya tuh, jangan sampai gak mencoba mencicipi yak! :D

5. Mencoba Sensasi Makan Diatas Perahu

Perahu tempat makan siang ketika masih merapat di dermaga
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Perahu tempat makan siang ketika masih merapat di dermaga

Perahu ini disewa dari Shane Josa Resort, Batu Karas
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Perahu ini disewa dari Shane Josa Resort, Batu Karas

Menu makan siang di atas perahunya menggoda sekali
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Menu makan siang di atas perahunya menggoda sekali

Di Pangandaran saya sempat mampir juga ke Shane Josa Resort, Batu Karas. Tapi bukan buat nginep disana sih, cuma mampir sebentar buat makan siang. Awalnya saya kira cuma makan siang biasa gitu. Eh, ternyata kok model makan siangnya rada unik. Iya, makan siangnya diatas perahu yang beneran bergerak, menyusuri sungai Cijulang hingga muara sungai.

Yak, jadi Shane Josa Resort ini memang punya fasilitas makan diatas perahu yang udah disulap jadi perahu. Saya udah pernah sih makan di atas perahu, pas kegiatan outing kantor saya yang pertama dulu. Tapi suasana makan siang di perahu milik Shane Josa Resort ni benar-benar berbeda dan pengalaman unik buat saya. Sayangya, kalau sering-sering bisa bikin bokek juga. Sewa perahunya aja IDR 750.000 per dua jam. Kalau nggak diajakin, mungkin bakal mikir dua kali makan disini :P

6. Main Ke Kawasan Hutan Mangrove

Gak cuma main di area mangrove Pangandaran, tetapi juga ikut menanam
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Gak cuma main di area mangrove Pangandaran, tetapi juga ikut menanam

Mungkin sekarang pohon mangrove yang saya tanam udah gede ya
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mungkin sekarang pohon mangrove yang saya tanam udah gede ya

Nggak heran, pesisir biasanya emang punya hutan mangrove. Seperti waktu saya masih tinggal di Bali dulu, Hutan Mangrove ini selalu menjadi favorit untuk menghabiskan waktu liburan sambil liatin orang pacaran. Iya, soalnya waktu di Bali dulu saya masih jomblo sik! Hiks! Liburan ke Pangandaran kemarin, saya juga sempat untuk berkunjung ke tempat wisata mangrovenya.

Tampaknya, hutan mangrove Cijulang Pangandaran ini juga tempat favorit buat pacaran muda-mudi setempat. Tapi sayang kemaren nggak sempet pacaran, soalnya pasangan lagi ngak ikutan, dan lagi berada ratusan kilometer jauhnya di timur.

Disini, kemarin saya sempat ikut aktifitas sosial dengan menanam tanaman mangrove yang sudah dikasih dengan nametag atas nama saya. Eh, nanti kalau ada yang main kesini tolong liatinya, pohon mangrove yang sudah saya tanam udah gede belom :D

7. Mengunjungi Pantai Batu Karas

Nggak surfing, tapi cobain jus Honje. jusnya (kiri), buah yang aslinya (kanan).
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Nggak surfing, tapi cobain jus Honje. jusnya (kiri), buah yang aslinya (kanan).

Liburan ke pesisir udah pasti harus ke pantai dong. Meski pada akhirnya nggak nyebur air sama sekali. Pantai yang saya kunjungi selama di Pangandaran adalah Pantai Batukaras. Saya belum pernah kesini sama sekali, dan cukup penasaran karena pantai ini lumayan terkenal dikalangan penyuka surfing.

Tetapi jangan tanya, saya kesini surfing atau enggak ya! Meski pernah tinggal di Kuta, Bali selama 2 tahun, saya tetep nggak bisa yang namanya surfing. Kemarin sih, ke Pantai Batu Karas malah buat nyobain Jus Honje di salah satu cafe yang ada disana. Absurd nggak sih? Hahaaaa, entah deh!

8. Bertualang Di Keseruan Santirah River Tubing

Ekspresi senang ketika melewati salah satu jeram di Santirah River Tubing
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Ekspresi senang ketika melewati salah satu jeram di Santirah River Tubing

Nah, kalau kegiatan paling seru yang saya lakukan selama liburan di Pangandaran sih, river tubing di Santirah. Ini juga pertamakalinya saya cobain aktivitas ini. Sensasi meluncur di sungai berarus hanya dengan ban dalam itu loh yang menyenangkan. Meski nggak semenantang rafting, tapi buat aktifitas yang memacu adrenalin, river tubing ini udah cukup lumayan buat seru-seruan. Jangan lupa bawa action cam seperti Go Pro misalnya, biar aktifitas river tubing di Santirah bisa diabadikan.

***

Nah, sebenarnya ada lebih banyak kegiatan yang menarik selama liburan di Pangandaran. Karena disini nggak bisa terlalu lama, jadi hanya bisa menikmati sebagian saja. Nanti, kalau sudah pulang dari Working Holiday di Australia, mungkin saya bakal eksplore Pangandaran sekali lagi deh! Yuk!

 

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

24 Responses

  1. dani says:

    Kalo gak baca postingan seperti ini bisa jadi pas ke Pangandaran ngira gak ada yang bisa dinikmati di sana Mas. Banyak ya yang bisa dieksplore.

  2. Hastira says:

    ternyata masih banyak yang belum aku lihat di pangandaran

  3. Lianda Marta says:

    Aku terakhir kali ke Pangandaran udah lama banget.. Tahun 2008 :D Kayaknya dulu Pangandaran gak seseru sekarang deh. Waktu itu aku cuma keliling naik sepeda, makan seafood, ke Batu Karas sama Green Canyon aja. Baca tulisan ini jadi pengen jalan-jalan ke Pangandaran lagi nih mas :D

    Btw, ku pikir mas Fahmi udah balik dari WHV lhoo..

  4. Terakhir kali ke sana tahun 2000! Sudah lama berlalu :D Pasti banyak yang manglingi. Ah, pengen makan di perahu dan bersepeda di sana.

  5. Akhdan Baihaqi says:

    wah saya pengen kesana, tapi belum kesampekan ini,.. :-) kapan ya bisa kesana..

  6. Kapan ajak aku sama raka kesanaaaaa?! :p

  7. Hmmmm, belum pernah juga ke Pangandaran hihihi :D

    Sepertinya mengasyikkan kegiatan-kegiatan di atas, apalagi yang berbau budaya dan alam :D

  8. Oncom man says:

    wiiiiih kok pangandaran keren juga ya, dulu pernah kesana cuma mainnya berenang- renang doang di pasir putih ga nemu yg gitu gituan haha.

  9. satria says:

    Terakhir ke pangandaran … 3 tahun lalu. Padahal deket dari Tasikmalaya, haha.

  10. cloud says:

    keren banget mas liburan ke pengandaranya, mulai dari kuliner budayanya sampe dengan tempat pariwisatanya

  11. afrizalrcom (@Ichank_23) says:

    di pantai pangandaran, itu pernah nyobain susur sungai green canyon, keren banget

  12. sahabatnesia says:

    wiihhh, dulu masih kecil sering banget nonton kuda lumping. Sekarang udah jarang banget :(

  13. Candra Setiawan says:

    wisata favorit orang tasik pangandaran mah :D

  14. hafidm93 says:

    Kalo mau nyebrang ke pasir putih Pangandara, mendingan naik perahu dari pada lewat cagar alam. Mahal

  15. nvziw says:

    Sebenarnya sih masih banyak tempat wisata jawa barat silahkan berkunjung ke blog sederhana saya juga yah info hotel dan destinasi tempat wisata.

  16. nvziw says:

    Kang, itu foto jusnya kok tangannya kiri semua? Hihihihi

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: