Salju Musim Semi, Sakura Dan Liburan Ke Jepang Yang Bikin Nagih!

Film animasi seperti Doraemon, Gundam, Ninja Hatori lah yang membuat saya bermimpi untuk menginjakkan kaki di kampung halaman mereka sejak kecil, Jepang. Hingga akhirnya pada tahun 2013 lalu saya bisa berkunjung ke Jepang.

Hampir dua minggu saya berada disana, bertualang dari selatan hingga ke utara, menikmati salju musim semi hingga sakura bermekaran. Tentunya enggak lupa saya sowan ke Fujiko F Fujio Museum, atau lebih dikenal dengan Museum Doraemon. Iya, sejak kecil hingga sekarang saya adalah penggemar tokoh animasi Jepang si robot kucing karya Fujiko sensei ini.

Saya begitu menikmati luar dalam perjalanan selama dua minggu di Jepang itu. Meskipun saya sudah berkunjung ke beberapa negara lain seperti Singapura, Australia dan New Zealand. Jepang adalah satu-satunya negara yang setiap hari bisa membuat saya “wow!”. Setiap langkah perjalanan di Jepang saya selalu terpana dengan kejutannya.

Mon kapan kita ketemu lagi ya
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Mon kapan kita ketemu lagi ya

Jepang juga selalu bisa bikin kangen. Apalagi kalau ingat beberapa pengalaman yang tidak mungkin bisa saya lakukan di Indonesia. Misalnya beberapa pengalaman ini!

1. Pengalaman Unik Menginap Di Warnet Cuma Ada Di Jepang

Salah satu net cafe yang sempat saya coba, gak jauh dari Shibuya
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Salah satu net cafe yang sempat saya coba, gak jauh dari Shibuya

(Baca Juga : Ini Dia Cara Nge-Warnet Di Jepang!)

Sebenarnya saya juga sering menghabiskan malam di warnet ketika di Indonesia. Tetapi, itu karena memang niat untuk main game online semalaman. Nah, waktu mau liburan ke Jepang pada tahun 2013 saya sempat riset tentang akomodasi murah selama di Jepang. Dari hasil pencarian, saya menemukan kalau bermalam di warnet itu bisa lebih murah daripada menginap di hostel sekalipun.

Gara-gara itu saya memberanikan diri untuk mencoba bermalam di warnet yang ada di Shibuya selama beberapa malam. Yang saya dapati, warnet di Jepang yang juga dikenal sebagai net cafe ini benar-benar berbeda dengan warnet di Indonesia. Tempatnya nyaman, fasilitasnya lengkap!

Kalau traveling ke Jepang, cobain deh menginap di warnet!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kalau traveling ke Jepang, cobain deh menginap di warnet!

Bilik warnetnya memang gak terlalu besar, tetapi cukup untuk tidur terlentang dengan nyaman. Jangan ditanya kecepatan internetnya, pastinya super cepat! Kalau lapar, saya tinggal beli di vending machine yang ada di dekat kasir. Urusan mandi juga nggak ribet, karena di net cafe tadi ada kamar mandi yang bisa dipakai untuk mandi secara gratis. Dengan syarat, harus mau antri ya!

Belakangan saya tahu, bahkan ada orang jepang yang setiap harinya tinggal di warnet karena nggak punya uang untuk sewa apertemen. Karena itu menginap di warnet selama di Jepang ini adalah aktivitas yang ingin saya coba lagi kalau ke Jepang lagi. Dimana lagi bisa mencoba hal seperti ini?

2. Pengalaman Mencoba Shinkansen, Kereta Super Cepat Di Jepang

State of the art, Shinkansen kereta super cepat Jepang!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

State of the art, Shinkansen kereta super cepat Jepang!

(Baca Juga : Bagian Dalam Kereta Super Cepat Shinkansen Itu Seperti Apa sih?)

Kalau ngomongin kereta canggih di dunia, Shinkansen di Jepang adalah salah satunya. Dan kalau lagi liburan ke Jepang, jangan sampai nggak cobain Shinkansen. Soalnya moda transportasi darat yang satu ini sangat bisa diandalkan. Terutama untuk pemegang kartu JR Pass. Soalnya pemegang kartu JR Pass ini bisa naik beberapa kereta Shinkansen secara tak terbatas alias unlimited.

Kebetulan selama di Jepang dulu saya sempat mencoba lima kereta Shinkansen yang ada di sana. Super Komachi ( こまち ), Shinkansen Hayate ( はやて ), Shinkansen Hikari ( ひかり ), Shinkansen Yamabiko ( やまびこ ), Shinkansen Kodama ( こだま) adalah kelima kereta itu.

Interior Shinkansen yang berkelas seperti pesawat terbang
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Interior Shinkansen yang berkelas seperti pesawat terbang

Bahkan salah satu dari mereka bisa ngebut hingga 300 KM/jam. Wajar kalau saya jadi ketagihan naik Shinkansen. Jarak Tokyo – Hokkaido pun bisa ditempuh dalam waktu sekitar 4 jam. Apalagi interiornya sudah mirip seperti interior pesawat loh! Duh, kapan lagi yah bisa naik Shinkansen lagi!

3. Suasana Kota Di Jepang Yang Tidak Biasa

Hakodate, salah satu kota di Jepang favorit saya
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Hakodate, salah satu kota di Jepang favorit saya

(Baca Juga : Jadi, Saya Jatuh Cinta Dengan Malamnya Hakodate)

Selama di Jepang, saya sempat berkeliling ke beberapa kota. Tokyo sudah pasti wajib hukumnya, karena ada Akihabara. Selain itu saya juga pergi ke Kyoto yang bangunan-bangunan bersejarahnya luput dari kehancuran perang dunia kedua. Selama disana saya juga pergi ke kota-kota kecil seperti Toyama, Kakunodate, Kitakami, dan beberapa lainnya.

Menyenangkannya, di setiap kota saya selalu menemukan hal yang unik. Misalnya, di Hakodate ada sebuah gunung yang nggak terlalu tinggi, namun pemandangannya cantik sekali, terutama kalau lagi malam hari. Atau, di Kakunodate saya menemukan festival memperingati mekarnya bunga sakura. Festival itu dirayakan dengan diadakan sebuah “yatai” atau pasar malam. Setiap kota selalu mempunyai daya tarik unik yang berbeda. Karena itu, berapa kali pun pergi ke Jepang sepertinya akan masih kurang. Betul nggak?

4. Salju Musim Semi Pertama Di Tateyama

(Baca Juga: Tateyama Kurobe Alpine Route, Pengunungan Alpen-nya Jepang)

Saya dulu berkunjung ke Jepang pada awal musim semi. Dengan harapan saya bisa menikmati bunga sakura bermekaran. Namun secara tidak sengaja saya menemukan informasi tentang tempat wisata gunung bersalju di Jepang. Beruntungnya, ketika musim semi, melihat salju disini adalah waktu terbaiknya. Gunung itu adalah Tateyama, atau lebih terkenal dengan Tateyama Kurobe Alpine Route.

Waktu itu lumayan susah berburu informasi mengenai tempat ini. Soalnya memang Tateyama ini belum begitu terkenal seperti sekarang. Bahkan, saya sempat kesusahan mencari Stasiun Dentetsu-Toyama yang merupakan titik awal untuk menuju Gunung Tateyama. Beruntung ada orang jepang yang berbaik hati mengantarkan untuk mecari stasiun tadi. Kalau sekarang sih, sepertinya sudah banyak paket tour dan travel ke Tateyama Kurobe Alpine Route.

O iya, bagian terbaik dari Tateyama Kurobe Alpine Route ini adalah di Murodo. Karena disinilah kita bisa melihat gumpalan salju yang tebalnya bisa lebih dari 10 meter! Malah kalau baru dibuka, ketinggian saljunya bisa mencapai 20 meter sih!! Lain kali ke Jepang lagi, pengen deh coba main ski disini! Soalnya kemarin waktu kesini salah kostum banget. Ke gunung bersalju tetapi malah pake sendal jepit! Hehee! Jangan ditiru yak~

5. Bunga Sakura Yang Selalu Membuai Mata

(Baca Juga : Berburu Sakura Di Kitakami)

Siapa sih yang gak pengen lihat Bunga Sakura kalau lagi liburan? Apalagi kalau berkunjung ke Jepang ketika musim semi tiba. Enggak bisa dilewatkan tuh menikmati Sakura! Apalagi di beberapa tempat dan kota yang memang terkenal sebagai lokasi menikmati Bunga Sakura.

Saya kemarin berburu Bunga Sakura di Kitakami. Soalnya saya datang ke Tokyo setelah bunga sakurang sudah rontok, dan festival melihat Bunga Sakura-nya sudah lewat. Untungnya, bunga ini mekarnya enggak sama. Jadinya saya memilih untuk berpindah ke utara, di kota Kitakami tempatnya.

Saat musim semi tiba, paling asik adalah menikmati Bunga Sakura
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Saat musim semi tiba, paling asik adalah menikmati Bunga Sakura

Di Kitakami ini juga saya berkesempatan untuk melihat ribuan Sakura yang mekar pertama kalinya di dalam hidup saya. saya datang pada waktu yang tepat, dan tempat yang hampir sempurna. Saya datang ketika pohon sakura yang lokasinya berada di tepi Sungai Kitakami mulai bermekaran!

Kalau ada kesempatan, mau deh lihat lagi disini, atau melihat di tempat lain! Soalnya, memang ada banyak tempat menikmati Sakura di Jepang. Makanya datang sekali ke Jepang itu enggaklah cukup. Bahkan mungkin, tinggal setahun disini masih kurang deh.

6. Makanan Unik Dan Enak Di Jepang Yang Saya Coba

(Baca Juga : Menjajal Ramen Halal Jepang)

Apa sih makanan khas Jepang yang saya coba selama disana? Tentu yang nggak bisa dilewatkan adalah Ramen dan Okonomiyaki. Saya pengen cobain kedua makanan itu karena sering melihatnya di film anime atau drama jepang. Mereka sukses bikin saya mupeng untuk mencobanya.

Meskipun dulu di Jepang lumayan susah untuk mencari Ramen halal, beruntung saya menemukan warung Ramen halal yang berada di Shinjuku! Nggak rugi berkeliling Shinjuku sampai pusing tujuh keliling. Ramennya enak banget! Bahkan waktu pesan pun sempat harus antri.

Sebenarnya nggak cuma Ramen saja yang bikin saya pengen ke Jepang lagi. Ada yang namanya Onigiri, atau nasi kepal khas Jepang. Onigiri ini di tiap kota produknya selalu berbeda. Jadinya bikin pengen keliling Jepang cuma buat berburu dan cobain Onigiri di tiap kota!

7. Akihabara, Kota Idaman Para Otaku

(Baca Juga : Tips Belanja Kamera Di Akihabara!)

Ngaku suka film animasi Jepang atau yang lebih terkenal dengan Anime? Itu berarti wajib hukumnya untuk berkunjung ke Akihabara ini. Bisa dibilang ini “Mekah” para otaku! Soalnya disini bisa ditemui berbagai macam pernak-pernik yang berhubungan dengan Anime dan Manga. Berjalan-jalan disini saja rasanya sudah seperti berada di dunia lain!

Nggak cuma itu saja, di Akihabara ini juga merupakan salah satu pusat penjualan elektronik di Tokyo. Kemarin waktu kesini, saya juga menyempatkan berburu kamera. Kualitasnya jangan ditanya, asal beli yang “Made In Japan”, sudah pasti dapat barang bagus. Saya mengalaminya sendiri kok. Kamera saya sampai sekarang masih sehat meski sudah saya bawa berkeliling di banyak negara :)

8. Ada Banyak Kuil, Pasar Dan Festival Yang Unik

Fushimi Inari, tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Fushimi Inari, tempat wisata di Kyoto yang wajib dikunjungi

(Baca Juga : Jalan Kaki Sampai Keki Di Fushimi Inari)

Jepang adalah salah satu negara yang kaya Budaya dan banyak bangunan bersejarah. Jadi selain alamnya yang cakep, menikmati wisata budaya di Jepang itu adalah salah satu hal menarik untuk dilakukan selama liburan di Jepang. Bisa berkunjung ke kastil yang sempat berjaya di era Samurai, atau kuil yang unik dan menarik.

Misalnya, saya kemarin berkunjung ke Kastil Nijo yang ada di Kyoto. Kastil yang berumur ratusan tahun ini merupakan sisa kejayaan era Tokugawa. Kondisinya masih sangat terawat meski Kyoto sudah berubah menjadi kota yang sangat maju.

Tempat lainnya yang nggak kalah menarik adalah Fushimi Inari. Disini terdapat ribuan Gerbang Torii (torii gate) berwarna dominan oranye yang ada pada bagian paling belakang kuil. Fushimi Inari sendiri adalah tempat yang wajib dikunjungi kalau sedang berada di Kyoto.

9. Fujiko F Fujio Museum, Kampung Halaman Si Kucing Robot, Doraemon

(Baca Juga: Sehari Bersama Doraemon Di Museum Fujiko F Fujio)

Anak-anak tahun 90-an pasti gak ada yang tidak tahu dengan Doraemon. Waktu itu, film animasi yang menceritakan kehidupan seorang anak bernama Nobita dan kucing robot yang mempunyai berbagai alat ajaib ini memang selalu ditunggu ketika minggu tiba. Saya pun juga selalu nggak ketinggalan menantinya.

Gara-gara film ini juga saya jadi punya mimpi untuk mengunjunginya. Menyenangkannya lagi, ketika saya berhasil meraih mimpi itu, Museum Doraemon atau Fujiko F Fujio Museum ini selesai dibuat. Tentunya saya nggak melewatkan untuk berkunjung ke museum ini. Soalnya semua karya Fujiko sensei yaitu Doraemon dan karya lainnya dipertunjukkan disini! Sebagai penggemarnya, berkunjung kesini adalah wajib hukumnya!

***

Selain beberapa pengalaman diatas, masih ada banyak tempat yang ingin saya datangi di Jepang. Misalnya seperti Pulau Kucing yang ada di lepas pantai Sendai, mendaki Fujiyama atau taman hiburan FUJI-Q. Pengennya sih kesana lagi pas musim dingin atau musim panas. Tetapi nggak ada ruginya juga berkunjung ke Jepang pada musim semi lagi.

Apalagi  jaman sekarang Wisata ke Jepang sudah nggak susah lagi. Mencari visa juga mudah, ditambah lagi Indonesia sudah bisa dapat visa waiver atau stiker bebas visa selama 15 hari. Kalau enggak mau susah, ada juga paket tour HAnavi dari HIS Travel Indonesia. Dengan paket ini, nggak perlu lagi ribet cari tiket pesawat atau penginapan sendiri selama di Jepang. Tinggal masukin tanggal, mau ke kota mana di Jepang, bayar terus tinggal liburan deh!

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

43 Responses

  1. Agus Susanto says:

    pernah waktu liat ditivi, nginep diwarnet itu udah jadi kebiasaan bagi warga jepang yg berbudget terbatas, eeh sekalinya pas liat postingannya om fahmi eeh ternyata emank bener yah.. kalo gue pengen bgt bisa naek sinkansen yg cuepet bgt ituloh ama liat bunga sakura berguguran, iiih kerennya yah om, pengen kyak om fahmi liburan dijepang gituh.. :(

  2. Dzulfikar says:

    Sakura lagi bersemi ya di Jepang sekarang, pasti rame nih sampe akhir Maret.

  3. Naufal says:

    kapan ya bisa ke jepang?kalao aku pasti juga ketagihan liburan kesana..

  4. ekahei says:

    Benar banget… bagi mereka yg pernah jalan2 ke Jepang pengin balik lagi ke sana — bikin nagih. Makanya penasaran pengin main ke Jepang :)

  5. omnduut says:

    Aha itu bener, aku pernah baca, bahkan beberapa orang Jepang memutuskan untuk tinggal di warnet karena biaya apartemen/kos/kontrakan yang mahal di sana ya.

    Mau nyobain nanti menginap di warnet hahaha

  6. Jadwal musim di Jepang sama di Korea sama nggak ya? Katanya kalau fly dari Jepang kan bebas Visa ke Kore, jadi pengen mampir kalo seandainya kesana :D

  7. Hahaha, nginep di warnet kayaknya penting banget buat dicatet! :D

  8. duhhh jepang.. pengen kesana..
    nginep di warnetnya boleh dicoba ahh nanti klo kesana
    hehehehe..

  9. Alvian says:

    Wow! foto Kota Hakodate malam hari keren pisan eui…
    Semoga kelak bisa pergi kesana tapi nggak mau bermalam diwarnet :D

  10. Andik Top says:

    Jadi ngiler. pengen banget ke jepang huhu u,u

  11. Deddy Huang says:

    Aku juga pengen kak ngerasain Sakura di Jepang. Kalau aku sukanya explore Yamanashi prefektur dulu.

  12. waaah mas fahmi bener bener pas beruntung yaaakk. bisa ke gunung liat salju pas musim semi eh tetep bisa dapet sakura juga.
    kalo nginep di warnet gitu, jadi inget temenku yang sampe hampir setahun ngilang gara gara game online wkwk

  13. ZHARND says:

    Kereta shinkasen sama bunga Sakura masuk di pelajaranku dulu waktu SMA xD itutuh yang paling inget banget! Nginep di warnet juga jadi pembicaraan waktu masih SMP wkwkwkw sebagai internet addict (waktu itu), rasanya mau banget deh nomaden di kafe” internet heheh.

    Anyway, omedetou gozaimasu! Artikelnya emang beneran menarik, pantaslah dapat hadiah melipir ke Jepang :) salam untuk Jepang mas!

  14. congratz ya…….. artikelnya bgs ..
    iya Jepang memang ngangenin…pgn balik Jepang lg secepatnya

  15. Selamat maz Fahmi. Ciieee ke Jepang..

  16. selamat kak fahmi…., you deserved it.

    btw, pengen coba menginap di warnet juga nih kalau suatu saat nanti bisa ke Jepang. kelihatannya menarik.

  17. Liza Fathia says:

    Selamat kak fahmii. Aih tulisannya memang juara, bikin aku semakin pingin ke jepang setelah membacanya

  18. Zia Ulhaq says:

    Mas fahmi, nyari makanan halal disana susah nggak?

  19. Alvie says:

    Mantep bener nih tulisannya, yang baca pasti betah banget :)

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: