Mengikuti Festival Teluk Jailolo 2012 di halmahera Barat? Hmm,, Sounds Like A Dream

Nah nah, yang namanya dunia travel writing kedengaran semakin menarik saja apa lagi jika sering – sering ada yang namanya festival seperti Festival Teluk Jailolo ini. Di suruh bayar pun saya mau ( *kalo ada duit ^-^ ) apalagi dikasi gratis Mauuuuuuu!!! *halah barang gratis siapa saja juga mau :D

Okey sampai detik ini saya belum pernah mendengar atau tahu yang namanya Festival Teluk Jailolo, sampai ketika saya tidak sengaja membaca sebuah cuap – cuap di sebuah sosial media. Nah!!, secara otomatis insting seorang festival hunter saya bangkit!! seperti biasanya, dengan cepat dan tanggap saya selalu bertanya – tanya kepada om google untuk masalah informasi di dunia maya.

Kalian semua pasti bertanya – tanya? apa sih Festival Teluk Jailolo itu? jadi begini, berdasarkan yang telah saya baca dari website resmi mereka, pada festival ini akan diadakan serangkaian acara cultural party dan beberapa acara seru lain – nya. Seperti Fun Diving, Spice Trip (info), Cabaret on The Sea (info) yang kabarnya sudah menjadi ikon kabupaten Halmahera Barat dan masih banyak acara seru lain nya.

Festival Teluk Jailolo 2012
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Festival Teluk Jailolo 2012

Festival Teluk Jailolo akan diadakan di kabupaten Halmahera Barat yang merupakan salah satu kabupaten dari provinsi Maluku, dengan Jailolo sebagai ibukotanya. Jadi secara tidak langsung festival Festival Teluk Jailolo ini juga untuk mempromosikan pariwasata kabupaten Halmahera Barat yang ternyata juga memiliki banyak tempat yang ciamik.

Tentunya jika menghadiri Festival Teluk Jailolo, kita tidak hanya melihat festival saja, tetapi juga panorama alam kabupaten Halmahera barat. Beberapa diantaranya adalah pantai cantik seperti pantai Disa , Pantai Tobaol, Teluk Jailolo dan masih banyak lain-nya.

Trus bagaimana caranya biar kita bisa datang ke festival Festival Teluk Jailolo? kan mahal sekali itu biaya ke sana? Hmm jadi gini, kebetulan penyelenggara Festival Teluk Jailolo menyelenggarakan kontes dengan hadiah jalan – jalan gratis ke Halmahera Barat. Okay karena saya juga tertarik, saya juga akan mencoba mengikuti kontest tersebut :) kenapa? akan terjawab melalui 3 pertanyaan di bawah ini.

A. kenapa saya mesti mengikuti acara Festival Teluk Jailolo 2012?

Pertama misi saya membuat blog ini adalah untuk tujuan explore dan share, terutama perjalanan mengenal Indonesia yang Cantik ini, jadi saya tidak akan melewatkan Festival Teluk Jailolo di Halmahera Barat.

Kedua, saya seorang festival hunter, sudah pernah meliput beberapa festival seperti Hello Asean di Nusa Dua, Bali dan Denpasar Festival. Tentunya Sayang kalau melewatkan Festival Teluk Jailolo yang menarik ini.

Ketiga, saya suka pantai! saya seorang avid traveler yang selalu mencari pantai ketika traveling, dan kabupaten Halmahera Barat, memiliki banyak pantai yang terdengar menarik untuk di explore :)

Keempat, Explore, write, and share! , filosofi utama dari blog ini, jadi kalau saya mengikuti Festival ini, dipastikan akan ada banyak tulisan tentang Festival Teluk Jailolo ini.

B. Imajinasikan dan cerita saya jika terpilih mengikuti Festival Teluk Jailolo dan jalan jalan ke Halmahera Barat.

Ada tiga kata yang bisa mendeskripsikan Imajinasi dan cerita saya jika terpilih, Makanan Khas, Alam, dan Mengenal Budaya Lokal. Mencoba Makanan Khas Halmahera Barat tentunya bisa membuat saya lebih mengenal citra rasa lokal dan saya tidak akan melewatkan hal itu, terlebih lagi di Festival Teluk Jailolo ada acara Pesta Kuliner Tradisional. Hmm, terdengar enak sekali!!

Alam, mungkin satu – satunya yang bisa membuat warga negara ini untuk lebih menghargai negaranya sendiri. Jadi sebisa mungkin saya akan mencoba membagikan keindahan alam negara ini, dan keindahan alam Halmahera Barat terlihat sangat menarik untuk dibagikan!!

Mengenal Budaya Lokal adalah cara terbaik untuk membuktikan kalau memang negara ini adalah negara yang penuh sopan santun dan terkenal dengan keramah – tamahan-nya. Dan tampaknya festival ini dapat menunjukkan semua itu.

C. Terakhir dan yang paling penting, Itenary Festival Teluk Jailolo!!

Seminggu rasanya bakal kurang yak,  tapi meskipun begitu berada seminggu(13 Mei – 20 Mei 2012) di halmahera Barat mungkin akan bisa seperti ini:

Hari 1: Pepatah bilang “tak kenal maka tak sayang”, jadi hari pertama akan saya gunakan untuk berbaur dengan penduduk lokal, untuk lebih mengenal  kabupaten Halmahera Barat.

Hari 2:  Mengikuti pembukaan Festival Teluk Jailolo, mengikuti Lomba Sapu Laut yang terdengar unik, dan mengakhirinya dengan menikmati keindahan malam hari di Halmahera Barat.

Hari 3:  Acara yang sangat ditunggu Fun Diving!!, mengeksplore setiap diving spot di Halmahera Barat tentunya :)

Hari 4 : Explore setiap sudut halmahera Barat, terutama Pantai!! karena sedang tidak ada acara di festival, dan ada banyak sekali pantai untuk di explore seperti Pantai Disa, Pantai Gamsungi, Pantai Bataka, Pantai Tobaol, Teluk Jailolo, Pantai Tuada di Desa Tuada, Pantai Idamdehe di Desa Idamdeha, Pantai Marimbati di Lako Ake Lomo. Yah, saya memang sudah kecanduan sama yang namanya pantai :D

Hari 5 : Makanan Khas!! ada banyak acara di festival yang berhubungan dengan makanan seperti Pameran Rempah, Festival Ikan Bakar, dan akan diakhiri dengan acara uniknya Ritual Laut!!

Hari 6 : Napak tilas jejak sejarah melalui acara Spice Trip dan Perjalanan Rempah – Rempah mungkin akan lebih menarik dari pada belajar sejarah di sekolah :), terlebih lagi di akhiri dengan acara makan  pada Pesta Kuliner Tradisional *sigh makanan enak terbayang dipikiran hahaha

Hari 7 : Melihat acara Cabaret On The Sea, dan melihat Parade Rempah – Rempah. Percaya atau tidak, rempah – rempah inilah yang sempat membuat penjajah betah di negara ini selama lebih dari 3 abad sebelum akhirnya berhasil di usir keluar :)

Makanan Khas, Alam, dan Mengenal Budaya Lokal, bahkan sudah terbayang meskipun belum terpilih menghadiri Festival Teluk Jailolo 2012, yang jelas semua hal itu bisa di dapatkan jika menghadiri Festival itu. Tertarik? silahkan cepat – cepat pesen tiket untuk terbang Maluku atau mencoba mengikuti Kuis Festival Teluk Jailolo “Jalan – Jalan Gratis ke Jailolo“, Semoga beruntung ^^.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

4 Responses

  1. Keindahan pantai-pantai di Jailolo memang bikin ngiler…

  1. March 25, 2013

    […] Saya Datang!”. Dua kalimat tersebut menggambarkan keinginan kuat saya untuk menghadiri Festival Teluk Jailolo yang akan diadakan pada bulan mei 2013 nanti. Datang ke festival ini berarti bisa ikut merasakan […]

  2. October 12, 2013

    […] Mengikuti Festival Teluk Jailolo 2012 di halmahera Barat? Hmm,, Sounds Like A Dream […]

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: