Es Pleret, Si Pelepas Dahaga Dari Kota Blitar

Es Pleret, Si Pelepas Dahaga Dari Kota Blitar (1)

Saya selalu menyempatkan untuk mencoba Es Pleret, minuman khas tanah dimana saya belajar kehidupan, Kota Blitar. Selalu ada keinginan untuk mencicipi es yang hanya bisa ditemukan di Blitar ini ketika pulang kampung. Begitu juga acara pulang kampung singkat akhir desember 2012 kemarin.

Es Pleret Hanya Bisa Ditemukan Di Kota Blitar

Sebagai penduduk Kota Blitar asli kok gak enak juga ya, gak pernah nulis tentang kotanya sendiri. Dari pada nanti dibilang lupa sama kampung halaman sendiri, kali ini saya mencoba nulis sesuatu yang unik dan endemik dari kota Blitar. Jadi, Kota Blitar itu punya apa aja sih?

Sebagai kota kecil, Blitar sudah terkenal dangan makam sang proklamator yang berada tepat di jantung kotanya. Tapi kali ini saya akan menuliskan tentang salah satu kuliner khas kota Blitar, namanya Es Pleret. Percaya atau enggak, selama saya traveling entah dalam negeri ataupun luar negeri, yang namanya Es Pleret ini cuma bisa ditemukan di Blitar kota patria saja.

Es Pleret Minuman Khas Kota Blitar

Es Pleret Minuman Khas Kota Blitar

Sekilas, Es Pleret ini mirip dengan es dawet kebanyakan, bisa diklasifikasikan kalau es ini adalah bagian dari family es dawet, atau dawetinaespleretia *ngawur dikit*. Nah! Yang membuat Es Pleret ini unik adalah salah satu bahan yang ada didalamnya, yaitu berupa bola – bola kecil yang mirip bakso, dan  kemudian ditemani oleh pelengkap lain berupa cendol (dawet), dan kadang juga ditemani potongan serabi.

Bola – bola kecil tadi-lah yang namanya Pleret, terbuat dari tepung, rasanya gurih, dan terisi gula pemanis didalamnya. Menurut saya kuah dari Es Pleret ini tidak terlalu manis seperti Es Dawet kebanyakan. Tetapi ketika Pleret dikunyah, pemanis didalamnya akan membuat kuah Es Pleret menjadi terasa lebih manis. Ditambah lagi rasa gurih Pleret yang membuat rasa es ini semakin unik. Selain itu, sensasi nyess setelah Pleret pecah, dan cairan pemanisnya mulai terasa, memang tidak ada duanya. Begitu unik, enak dan bikin pengen lagi, satu gelas saja pasti kurang banget deh!

Es Pleret, Si Pelepas Dahaga Dari Kota Blitar

Satu gelas pasti kurang!! Nambah lagi!!

Nama Es Pleret sendiri juga tidak muncul begitu saja. Berdasarkan sejarahnya, konon nama ini diambil dari seorang sesepuh Kota Blitar yang bernama Kyai Pleret. Tetapi saya tidak tahu, apakah Kyai Pleret ini  juga yang pertama kali menemukan minuman khas Kota Blitar ini.

Karena yang namanya Es Pleret ini begitu endemik, menemukannya pun gampang – gampang susah. Selama saya hidup di Kota Blitar, saya hanya menemukan es ini banyak dijual di sekitar alun – alun kota, dan makam sang proklamator (makam Bung Karno). Untuk harganya tidak terlalu mahal, ada yang Rp. 2000 dan Rp.2500. Mencoba Es Pleret tidak akan membuat kantong anda jebol. Nah! Tertarik untuk mencoba es ini disaat terik matahari sedang menyengat!? Sangat direkomendasikan jika sedang berada di Kota Blitar.

Alun - alun Kota Blitar, salah satu tempat dimana Es Pleret banyak bijajakan

Alun – alun Kota Blitar, salah satu tempat dimana Es Pleret banyak dijual

Selain mencobanya, mungkin ada yang mau membuat Es Pleret khas blitar ini dia resepnya!

Reseo Es Pleret Khas Blitar

Bahan Membuat Pleret:
Sediakan Tepung beras kira – kira 175 gram
Garam 1/4 sendok teh
Air 175 ml, didihkan
Tepung kanji 1 1/2 sendok makan

Bahan Kuah Pleret:
Santan 250 ml dari 1/2 butir kelapa
Daun pandan 1 lembar
Garam secukupnya
Gula merah 100 gram
Gula pasir 25 gram

Cara membuat Es Pleret:

Campur tepung beras dengan garam, tuangi air mendidih sambil diaduk rata. Uleni sambil taburkan tepung kanji di atasnya sedikit demi sedikit hingga adonan tidak lengket di tangan. Bentuk adonan bulat kelereng, tekan tiap bulatan dengan ibu jari hingga adonan pipih dan cekung di bagian tengahnya. Rebus adonan hingga matang dan mengapung, angkat

Cara Membuat Kuah Pleret :

Masak santan, daun pandan, garam, gula merah dan gula pasir hingga mendidih dan gula larut. Angkat. Sajikan pleret dengan kuahnya, tambahkan es batu bila suka. Dapat di hidangkan untuk 3 porsi

Gampang kan? :D

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

About This Author

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

15 Comments

You can post comments in this post.


  • maaak langsung ngeces liatnyaaaaak :>

    kinkin 2 years ago Reply


    • kalau mampir ke blitar, boleh dicoba :P sueger tenan :D

      byteeater 2 years ago Reply


  • Wuih, liat fotonya aja udah ngiler sob. Kalau ke Blitar pasti es plered ini masuk dalam nominasi nomor satu kuliner yang mesti dicoba.

    PakOsu 2 years ago Reply


    • es pleret masbro bukan es plered hahaha, harus dah kalau sampai ke Blitar. sangat direkomendasikan :)

      byteeater 2 years ago Reply


  • es pleret benar-benar unik, karena hanya ada di Blitar…melihat fotonya langsung tergoda untuk mencicipinya…kapan-kapan saya juga mau travelling ke blitar…..
    salam hangat dari Makassar :)

    BlogS of Hariyanto 2 years ago Reply


  • bener rada mirip dawet …… jadi pingin singgah di kampung halaman gresik mencoba nasi krawu

    Cumi MzToro 2 years ago Reply


    • hehe, iya, tapi beda, sama – sama enak sih tapi :D

      byteeater 2 years ago Reply


  • Gara-gara lihat liputan tivi ttg es pleret waktu saya ke Blitar saya sempatkan ke Alun-alun untuk cari es pleret, tapi kok rasanya gak cetar gitu yak, hambar, kurang manis huft, ato saya salah warung yak hmmm

    Alid Abdul 2 years ago Reply


    • wah enggak tau juga sih, atau mungkin juga kurang begitu suka sama es pleretnya :D beda orang beda selera juga :) atau bisa di coba di warung lainnya yak

      byteeater 2 years ago Reply


  • klo ingat es pleret ingn pulang kampung ,,,palagi pleretnya waooo bikin ketagihan yang dipadukan gula merah yang satannya kental duuuuuuuuuuuuhpokke juooooooooooooossss

    yuniatis yoga 2 years ago Reply


  • […] selalu membuat saya kangen dengan kota ini.  Gudeg sendiri adalah kuliner khas seperti halnya Es Pleret-nya Blitar, Ayam Betutu-nya Bali, namun makanan ini banyak ditemukan di Kota Yogyakarta […]

    Berburu Gudeg Yogyakarta! - Catperku.info 2 years ago Reply


  • […] dari Jakarta – Bandung, tetapi karena saya lagi enggak mudik ke kampung halaman yang ada di Blitar sana, jadilah acara liburan ke Bandung dari Jakarta kemarin malah kerasa kayak orang mudik. […]

    Bukan Edisi Mudik, Overland Jakarta - Bandung - @catperku 2 years ago Reply


  • […] Es Pleret, Si Pelepas Dahaga Dari Kota Blitar […]

    Pasir, Sunset Dan Humanisme Pantai Kuta, Sisi Lain Dari Pantai Kuta 1 year ago Reply


Post A Reply

%d bloggers like this:
Read more:
Kursi gratis Air Asia rute international, yang bikin panik!
Kursi Gratis Air Asia Rute International, Yang Bikin Panik!

Catperku (Travel Blogger Indonesia) – Kalau promo kursi gratis Air Asia untuk penerbangan domestik kemaren udah bikin panik, promo kursi...

Close