Selain Naik Gunung Kinabalu, Beberapa Destinasi Di Kota Kinabalu Ini Bisa Dikunjungi Ketika Liburan Kesana!

Jesselton, atau sekarang jauh lebih populer dengan nama Kota Kinabalu ini memang terkenal dengan atraksi wisata utamanya, yaitu Gunung Kinabalu. Bahkan, sampai sekarang saya sendiri pun masih ingin menggapai salah satu puncak tertinggi di Borneo ini. Namun apa dikata, saya berkunjung ke Kota Kinabalu setelah kota ini diguncang gempa yang cukup kencang, sehingga berakibat ditutupnya jalur pendakian ke Gunung Kinabalu.

Pun, saya harus tetap bisa bersenang – senang di Kota Kinabalu, meski tanpa mendaki Gunung Kinabalu. Tiket penerbangan saya menggunakan Royal Brunei Airlines sudah berada ditangan, tidak mungkin lagi saya undur diri dari perjalanan ini. Dan, berbekal riset kecil – kecilan sebelum terbang ke Kota Kinabalu, saya menemukan kalau tanpa naik Gunung Kinabalu pun, kota di daratan Borneo ini tetap menyenangkan kok!

Beberapa tempat yang sudah saya datangi ini, bisa membuat pengalaman traveling di Jesselton atau “KK” menjadi lebih menyenangkan! Kalau gak percaya, silahkan dicoba sendiri nanti :)

1. Blusukan Di Pasar Besar Kota Kinabalu, Dan Berburu Kuliner Disana

Blusukan pasar yang bersih itu ternyata menyenangkan.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Blusukan pasar yang bersih itu ternyata menyenangkan.

Traveling ke luar negeri bukan berarti harus melulu melihat kemajuan negara lain dong? Sesekali blusukan ke pasar tradisional mereka, melihat seperti apa pasar tradisional di negara lain pasti juga seru. Ditambah lagi, disini saya bisa juga berburu kuliner setempat. *ini sih kesukaaan saya, makan sampai kenyang xixixi~*

Kota Kinabalu punya sebuah pasar besar yang terletak di tepi laut, tidak jauh dari waterfront-nya. Pasar Besar Kota Kinabalu ini bersih dan rapi, sehingga nyaman untuk blusukan melewati tiap sudutnya. Sepertinya pasar yang satu ini juga sudah biasa menerima turis yang suka blusukan seperti saya. Beberapa kali saya melihat bule yang cukup antusias berkeliling pasar, dan sesekali membeli beberapa barang disini.

2. Melihat Pusat Bandar Kota Kinabalu Dari Ketinggian Signal Hill Observatory

Melihat Pusat Bandar Kota Kinabalu Dari Ketinggian Signal Hill Observatory.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Melihat Pusat Bandar Kota Kinabalu Dari Ketinggian Signal Hill Observatory.

Menikmati suatu tempat dari ketinggian, tentu selalu menyenangkan karena dari tempat yang tinggi, saya selalu bisa melihat hampir seluruh tempat tersebut dengan kedua mata. Kota Kinabalu sendiri mempunyai tempat yang berbana Signal Hill Observatory, dari sini saya bisa melihat hampir sebagian besar Pusat Bandar Kota Kinabalu yang penuh dengan gedung bertingkat itu.

Signal Hill Observatory juga merupakan titik tertinggi di pusat kota, yang merupakan salah satu tempat terbaik untuk mendapatkan pemandangan Kota Kinabalu. Lokasinya hanya beberapa menit saja berkendara dari Padang Merdeka. Disini terdapat sebuah dek, dan beberapa teropong pengintai untuk melihat lebih jelas Kota Kinabalu dan bahkan beberapa pulau kecil yang ada di Taman Tunku Abdul Rahman. Ada juga sebua kafe disini, untuk bersantai bagi yang mungkin kecapekan berkeliling kota.

3. Jalan – Jalan Santai Di Sepanjang Waterfront Kota Kinabalu

Jalan kaki di sepanjang waterfront Kota Kinabalu itu menyenangkan!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Jalan kaki di sepanjang waterfront Kota Kinabalu itu menyenangkan!

Berada di tepi pantai, Kota Kinabalu memiliki area waterfront yang menyenangkan dengan trotoar luas dan nyaman. Menjelang sore hari, berjalan kaki di sepanjang waterfront begitu menyenangkan, sambil sesekali berhenti dan menikmati lautan yang penuh kapal berlalu – lalang. Disini juga banyak terdapat cafe dan resto yang menjual seafood, untuk siapapun yang mungkin sedang kelaparan.

4. Bersantai Sambil Nongkrong Seru Di Pantai Tanjung Aru

Pantai Tanjung Aru ini not too bad lah buat bersantai.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Pantai Tanjung Aru ini not too bad lah buat bersantai.

Buat saya, berkunjung ke pantai tidak berarti harus selalu berenang dan berbasah – basah. Sesekali datang ke pantai hanya untuk nongkrong, sambil melirik cewek berbikini boleh juga dong? Yah, meskipun di Pantai Tanjung Aru yang ada di Kota Kinabalu sedang tidak ada cewek berbikini, tetap asik sih pantainya buat nongkrong.

Agak kaget juga, ketika melihat Pantai Tanjung Aru ini memiliki pasir yang putih bersih. Padahal pantai ini berbatasan langsung dengan Laut China Selatan loh! Tetapi itu makin membuat suasana bersantai di pantai ini makin menyenangkan. Menikmati hari sambil duduk santai di pasir pantai yang halus, dan putih bersih, siapa yang bakal menolak?

5. Dari Kokol Hill, Kalian Bisa Melihat Hampir Seluruh Area Kota Kinabalu Dari Ketinggian!

Kota Kinabalu terlihat cakep dari ketinggian Kokol Hill.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Kota Kinabalu terlihat cakep dari ketinggian Kokol Hill.

Kalau ada yang merasa Signal Hill Observatory itu masih kurang tinggi, di Kota Kinabalu masih ada nih yang lebih tinggi lagi. Orang setempat mengenalnya dengan nama, Kokol Hill. Tempat ini adalah bukit tertinggi di Kota Kinabalu, dengan ketinggian sekitar 825 meter diatas permukaan laut. Dari sini terlihat jelas pemandangan Kota Kinabalu, lengkap dengan pulau kecil yang berada di lepas pantainya. Tidak banyak yang tahu tempat ini, kecuali keliling Kota Kinabalu bersama guide lokal seperti saya.

6. Mengunjungi Kota Kinabalu City Mosque

Foto dengan latar belakang Kota Kinabalu City Mosque dulu deh!
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Foto dengan latar belakang Kota Kinabalu City Mosque dulu deh!

Buat saya, mampir ke landmark di suatu kota ketika traveling adalah suatu keharusan. Kinabalu sendiri mempunyai sebuah masjid kota yang cukup terkenal. Ketika saya bertanya kepada guide saya, dia mengatakan tidak ada nama khusus untuk masjid ini. Orang setempat hanya suka memanggil namanya dengan “City Mosque“. Masjid dengan arsitektur yang cantik ini dibangun pada area seluas 2.47 hektar di dekat Teluk Likas.

Masjid ini adalah teladan dari arsitektur kontemporer Islam. Terletak dekat laut, masjid putih dengan corak biru yang megah ini memiliki arsitektur yang mirip dengan Masjid Nabawi di Madinah. Dan lokasinya yang berada di tengah kolam besar, sehingga terlihat seperti mengapung diatas air.

Masjid terapung ini memiliki ruang ibadah yang besar dan tiga madrasah. Masjid ini mampu menampung sekitar 9.000 – 12.000 orang pada satu waktu. Masjid Kota Kinabalu terbuka untuk kunjungan umum setiap hari kecuali hari Jumat 08:00-05:00. Tidak ada biaya atau tiket masuk dikenakan pada pengunjung.

7. Bersantai Di Pulau Sapi Yang Enggak Ada Sapinya

Bersantai di Pulau Sapi, sambil lirik kanan kiri.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Bersantai di Pulau Sapi, sambil lirik kanan kiri.

Pulau Sapi adalah yang paling populer dari 4 pulau lain yang ada disekitarnya. Selain itu, memang sebagian besar paket tur di Kota Kinabalu lebih merekomendasikan pulau ini untuk para turis yang datang kesini. Untuk memasuki Pulau Sapi, turis diwajibkan untuk membayar tiket masuk terlebih dahulu. RM 10 untuk turis asing yang berumur lebih dari 18 tahun seperti saya, dan untuk warga negara Malaysia sendiri hanya disuruh membayar RM 3.

Di Pulau Sapi, para pengunjung bebas melakukan aktifitas seperti bersantai di pulau, berenang, snorkeling, bahkan menyelam. Pulau Sapi ukurannya memang tidak terlalu besar, tapi untuk sebuah half day trip, pulau ini bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan di Kota Kinabalu.

8. Ngadem Dan Cari Wifi Gratisan Di Mall Centre Point Sabah

Centre Point Sabah mungkin bukan pusat perbelanjaan terbaru atau yang paling indah di Kota Kinabalu, tapi mall ini tidak diragukan lagi sebagai salah satu mall paling ramai di kota ini. Bahkan mungkin, ini adalah salah satu mall tempat nongkrong ABG setempat.

Centre Point Sabah ini adalah mall 5 lantai yang berada di pusat kota sabah. Tempat hiburan terdapat di lantai 5 dan 8 dengan beberapa game arcade, bioskop, kolam renang aula dan boling. Saya sendiri senang berada di mall ini karena ada wifi gratis di lantai 4. *teteup dah*

Untuk yang memang berniat belanja, di Kota Kinabalu Centre Point kalian bisa membeli segala macam pakaian, sepatu dan pakaian lainnya. Centre Point Sabah buka dari jam 10:00 pagi sampai jam 21:00 malam. Namun beberapa toko di lantai 4 (tetap terbuka sampai jam 22:00.

9. Belanja Kerajinan Tangan di Kota Kinabalu Handicraft Market

Belanja Kerajinan Tangan di Kota Kinabalu Handicraft Market.
  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Pinterest

Belanja Kerajinan Tangan di Kota Kinabalu Handicraft Market (karena kelupaan foto dalemnya, jadi pinjem foto dari sini).

Terletak di sepanjang Jalan Tun Fuad Stephens, terdapat pasar yang menjual kerajinan tangan. Kota Kinabalu Handicraft Market ini adalah tempat berbelanja yang disukai oleh penduduk lokal maupun turis seperti saya. Disini turis bisa berbelanja banyak souvenir unik. Yah, meskipun pada akhirnya saya hanya sekedar melihat – lihat saja. Namun yang pasti, disinilah salah satu tempat berbelanja oleh – oleh di Kota Kinabalu.

Berani Bermimpi, Berani Traveling, Berani Bertualang!
Ikuti travel blog catperku di social media : Instagram @catperku, Twitter @catperku & like Facebook catperku. Travel blog catperku juga menerima dukungan dengan donasi, dan atau ajakan kerjasama.

Yang Banyak Dicari

Komentar Pembaca Adalah Bahan Bakar Semangat Saya Untuk Terus Menulis!

comments

Fahmi (catperku.com)

Travel Blogger Indonesia, Travel Enthusiast, Backpacker, Geek Travel Blogger penulis catperku.com, Banyak ya? Satu lagi! Sekarang sedang belajar menulis. Punya mimpi keliling dunia dan pensiun menjadi seorang penulis. So sekarang lagi cari dana buat keliling dunia nih! Berminat membantu mewujudkan mimpi saya? Cepetan hubungi di [email protected] Cepetan Ga pake lama ya!

You may also like...

40 Responses

  1. Noe says:

    Pingin kesana kak, ke gunung kinabalu nya sih pinginnya, meskipun gk muncak, minimal poto n jd begron. :D

  2. Alee says:

    Selalu seru jalan-jalannya MAS.

  3. Alris says:

    Ternyata banyak juga destinasi wisata disana ya. Saya suka tuh Kokol Hill itu, asik liat kotanya dari ketinggian.

  4. Yudi Randa says:

    eh bang, kok bisa masuk areal masjid dengan celana puntung? klo di aceh masuk areal masjid pake celana gituan sih udah dikejar ama petugas terus dikasih sarung :))

  5. Foto gunungnya dari jauhpun gak ada ya bang, atau memang tidak ada view untuk mengambil dari kejauhan

  6. Walter Pinem says:

    dari dulu pengen naik gunung di kinabalu, tapi bolelah yang lain dicoba dulu haha

  7. Saya punya keluarga yang sudah lama tinggal di Kinabalu bahkan sudah menjadi warga Malaysia.

    saya selalu diajak berkunjung ke Kinabalu, dan siap ngantar ke gunung kinabalu. katanya di Kinabalu ada rumah terbalik, tempat ini paling sering orang kunjungi.

  8. Nggak mampir ke FIlipino market ya Mas?

  9. Agita Violy says:

    haaaa, di pulau sapi banyak yg berbikiniii. hahaha

  10. Catatannobi says:

    waaa… mesjidnya bagus :D.. bookmark siapa tau bsk bisa kesini:D

  11. sutiknyo says:

    ada yang jual kulit ayam gak kak?

  12. Kalo pasar nya bersih dan ngak becek, pasti sangat nyaman buat belanja.
    Btw mall nya kok kayak ngak ada tanda kehidupan yaaa kak ????

  13. Buatku, selalu ada yang dapat dikunjungi dari sebuah kota. Karena sebuah kota pasti memiliki area publik dan bangunan bersejarah, jadi aku sih nggak bakal mati gaya kalau eksplor satu kota, yang anti mainstream sekali pun.

    Suka dengan kota-kota tepi pantai atau yang dilalui sungai besar dan memiliki waterfront seperti Kota Kinabalu. Paduan air, pepohonan, dan area publik itu… menyenangkan :D

  14. Kalo balik lagi ajak-ajak ya bang!

  15. pantai sapi kok cewek semua ya isinya ya :p

    uuuups

  16. bersapedahan says:

    waaa … saya ada rencana untuk jalan2 ke kinabalu …
    banyak tempat yang menarik ….
    thanks for sharing ,,,

  17. waktunya untuk bermain pasir dan melirik ke kanan dan kiri dengan bebas :D

  18. Irham says:

    Aduh pengen ke gunung kinabalu belom kesampaian hehe itu pasarnya rapih banget ga kaya di indonesia hehe

  19. Sefin says:

    wih! asyik banget kayaknya, ya. baru sekali ke malaysia itu juga cuma ke genting sama kuala lumpur..masukkin kinabalu ke bucketlist, ah~

    Sila baca posting terbaru blog #senjamoktika -> Menujuh Kalimantan http://wp.me/p39Fhn-pH #Terios7Wonders

  20. angkutan umumnya apa di sana ya mas?

Pembaca yang baik selalu meninggalkan komentar bermanfaat :)

Pin It on Pinterest

%d bloggers like this: